Jaringan Internet Bank BRI Unit Warakas Mengalami Gangguan

23.00 2 Comments
Menunggu antrian sejak pagi, puluhan orang nasabah Bank BRI Unit Warakas, Tanjung Priok - Jakarta Utara merasa kecewa  karena transaksi perbankan yang biasanya lancar dilakukan tiba-tiba sudah dua hari ini mengalami gangguan. Jaringan internet Bank BRI ini dikabarkan selalu tidak stabil kondisinya, sebentar online namun beberapa saat kemudian selalu offline. Hal ini bukan yang pertama kali terjadi. Layanan mesin anjungan tunai mandiri ( ATM) dan internet banking PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk juga sempat mengalami gangguan, yakni pada hari Minggu 22 Januari 2018 malam.

Keadaan ini tentu sangat mengganggu para nasabah yang rata-rata menyempatkan diri "mencuri waktu" di sela-sela jam kerja. Dan transaksi keuangan termasuk salah satu transaksi penting bagi seorang nasabah bank. Ini tentu akan berimbas pada aktifitas kerja dan bisnis yang dijalani nasabah. Apalagi hari ini merupakan awal bulan Maret, dimana transaksi penggajian karyawan di sebagian perusahaan dan instansi sedang sibuk-sibuknya dilakukan.


Mesin Pencetak Nomor Antrian Juga Sempat Terganggu

Peristiwa terganggunya jaringan internet perbankan yang menggunakan satelit ini tentu membuat kita bertanya-tanya akan stabilitas koneksi peralatan tersebut. Untuk urusan perbankan yang sangat krusial saja masih sering terjadi gangguan. Maka jangan heran jika di negeri ini kita belum bisa menikmati koneksi internet yang stabil dan mumpuni untuk dapat bekerja dengan baik dalam mengelola data dan informasi. Masyarakat Indonesia berharap pemerintah memperhatikan kualitas jaringan komunikasi yang digunakan publik baik untuk transaksi bisnis, ataupun kegiatan pengolahan data dan informasi agar dapat meningkat dari sisi kemudahan sekaligus kecepatan aksesnya.

Pelangi Senja Tak Berlangsung Lama

15.48 Add Comment
Suatu hari menjelang senja, saya baru saja tiba di rumah setelah menempuh perjalanan selama 45 menit dari tempat kerja. Langit kota Jakarta tampak mendung tipis berwarna putih keruh seperti kolam yang tanahnya mulai mengendap.

Berdasarkan data dari BMKG menyebutkan bahwa musim hujan masih berpotensi mengguyur Jakarta Utara sampai bulan April 2018. Beberapa pekan bahkan diprediksi akan terjadi hujan lebat yang berpotensi menimbulkan bencana banjir.

Di tengah kewaspadaan akan hujan deras yang bisa turun secara tiba-tiba, menjelang senja perhatian saya tertuju pada sekumpulan cahaya yang menyala melengkung membentuk setengah lingkaran. Cahaya berwarna merah, kuning, hijau dan biru itu tampak menyejukkan mata. Subhanallah, sebuah keindahan yang baru pertama kali terlihat di tahun 2018 ini. Pelangi membelai kota Jakarta.

Pelangi Senja Tak Berlangsung Lama

Mitos zaman dahulu mengatakan bahwa terjadinya pelangi disebabkan oleh aktifitas para "bidadari" langit yang sedang mengadakan ritual membersihkan tubuh bersama-sama. Pikiran "lelaki" saya langsung membayangkan jika aktifitas bidadari-bidadari  cantik itu bisa terlihat oleh mata fisik manusia. Ahay...betapa indahnya!.


Namun pelangi senja tak berlangsung lama. Ia hanya muncul selama dua menit, lalu ia larut bersama keruhnya awan. Saya bertanya dalam hati, adakah manusia lain yang menyaksikan "keindahan sesaat" ini? Pertanda apakah yang telah dikabarkan alam? Saya hanya dapat mengagumi kejadian ini, dan meyakini bahwa masih ada keindahan-keindahan lainnya dalam hidup jika kita mau peduli dan memperhatikan hal-hal sekecil apapun dalam kehidupan ini.

Lagi Doyan Ngemil Buah Duku Nih!

08.43 4 Comments
Musim hujan menawarkan berbagai pesona kepada masyarakat Nusantara. Ada yang asyik berburu makanan hangat seperti bakso, ada yang buru-buru beli jas hujan baru, ada yang asyik menikmati rintik air hujan sambil "ngegosip" dan minum kopi bae, dan berbagai keasyikan lain yang kebahagiaannya hanya bisa dirasakan saat musim hujan.

Sebagai penawar penat saat sering kehujanan saat berangkat dan pulang kerja, beberapa hari ini saya sedang doyan sekali makan si manis dan imut, yakni buah duku. Buah duku saat ini menjadi salah satu buah yang banyak dijajakan pedagang setelah buah rambutan. Buah duku lebih disukai karena jarang ditemui rasa buah duku yang asem kecut seperti buah rambutan.


Buah duku memiliki kandungan gizi yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh manusia tetap bugar dan fit sepanjang hari. Dari mulai kandungan antioksidan yang tinggi, vitamin c, serat, kalsium, dan seabrek kandungan gizi lainnya.

Buah Duku Kaya Akan Serat

Karena memilki kandungan serat yang tinggi, buah duku sering dijadikan orang untuk mengatasi gangguan pencernaan. Orang tua kita menyampaikan bahwa makan buah duku sangat aman bagi perut. Artinya kita jarang mengalami gangguan seputar perut gara-gara kebanyakan makan buah duku.


Saya ingat dahulu waktu simbah kakung dan simbah putri saya masih hidup, mereka memiliki pohon duku yang gede-gede sejumlah 3 pohon besar dan 2 lagi adalah pohon duku yang berukuran sedang. Momen yang paling menyenangkan adalah saat tiba angin sedikit kencang, yang menjadi pertanda akan datang hujan.

Pohon duku simbah yang buahnya sudah bergerombol seperti "emak-emak" yang lagi asyik ngerumpi ini akan menjatuhkan buahnya dalam jumlah yang buanyak banget saat ketiup angin. Pokoke bisa mencapai tiga sampai lima kilo, dan ini terjadi saat satu atau dua minggu sebelum buah duku dipanen.


Kesempatan ini tidak saya sia-siakan, saya sudah sigap dan standby menanti buah duku yang jatuh dengan sebuah tampah yang biasa digunakan untuk "meneplek" beras simbah. Akibat beban berat akibat tertindih oleh teman-temannya sendiri, akhirnya buah duku itu "mbrojol" ke bawah menuju tampah yang sudah saya siapkan.

Lalu bagaimana kalau cuaca sedang cerah alias nggak ada angin? Nah...saya lakukan ide untuk melempar gerombolan buah duku itu dengan sebuah batu sebesar genggaman tangan (waktu itu saya masih imut dan ingusan...hehehe). Inilah yang membuat saya waktu itu begitu menikmati dan puas menyantap buah duku dari pohon simbah. Simbah paling hanya tersenyum dan mengatakan: "Aja dibandemi bae dukuhe bocah...jan, putune sapa sih kowe hah?" Saya hanya bisa menjawab sambil ketawa cekikikan dan ngeloyor pergi.

Mudahnya Memperpanjang Masa Berlaku SIM Kendaraan

07.29 Add Comment
Bagi Anda yang tinggal di Provinsi DKI Jakarta, sebagian dari Anda tentu pernah merasakan bagaimana lelahnya mengurus pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di kantor samsat pusat di Jalan Daan Mogot Jakarta Barat, baik untuk SIM A, B, maupun C. Selain tempatnya lumayan jauh (karena saya tinggal di Jakarta Utara), kita juga harus bersabar dan tetap tenang berdiri dibarisan antrian.

Saat sedang ramai-ramainya, setiap loket administrasi, pemotretan, dan lain-lain akan berjejer ratusan orang yang rela menunggu agar dapat memiliki SIM kendaraan bermotor. Apalagi jika Anda kebetulan seorang supir kendaraan berat yang harus melewati Uji Simulator, ini membutuhkan keterampilan yang handal agar Anda tidak capek bolak-balik baik untuk membuat SIM baru maupun untuk memperpanjang masa berlaku SIM.

Lokasi Perpanjangan SIM di Jl. Gorontalo, Jakarta Utara

Kecuali untuk SIM kendaraan berat, memperpanjang masa berlaku SIM A atau SIM C terbilang cukup mudah dan cepat. Anda cukup datang ke kantor samsat terdekat dengan membawa berkas seperti fotocopy KTP dan SIM yang akan diperpanjang masa berlakunya tersebut. Kisaran biaya yang akan dikeluarkan antara Rp. 120.000 - Rp. 140.000. Dan segera perpanjang sebelum masa berlakunya habis. Karena jika Anda telat sehari saja, maka Anda harus mengurus perpanjangan SIM tersebut seperti membuat baru.

Ada sebagian orang yang malas untuk membuat SIM. Padahal dalam keseharian dia menggunakan kendaraan, baik roda dua atau roda empat. Sehingga yang terjadi adalah bahwa orang tersebut akan sering mengalami rasa was-was, takut kena tilang, terutama saat sedang dilakukan razia gabungan lalu lintas. Alhasil, ia lebih memilih main "kucing-kucingan" kalau melihat Bapak/Ibu Polisi dengan mengambil "jalan tikus" yang terbilang berlipat-lipat jauhnya.

Kebetulan teman saya ada yang seperti itu. Usia sudah semakin tua tetapi masih juga belum membuat SIM. Teman saya tersebut sering sekali bercerita kalau dirinya sudah puluhan kali kena tilang. Saya sering menasihati teman saya agar menyempatkan waktu sehari untuk membuat SIM, daripada harus was-was dan tidak pernah merasa tenang saat berkendara.

Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun 2017-2018

06.58 Add Comment
Sebagai syarat dalam meraih kelulusan, peserta didik tingkat SMK diwajibkan mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yang pada umumnya dilaksanakan satu atau dua bulan sebelum Ujian Nasional (UN) diselenggarakan serentak di seluruh penjuru tanah air. Uji Kompetensi Keahlian berkaitan langsung dengan kesiapan peserta didik dalam memasuki dunia kerja. Tak jarang momen UKK ini terasa lebih menegangkan dibandingkan dengan Ujian Nasional itu sendiri.

Sekolah mendatangkan tim penilai dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) sebagai standar yang berlaku baik untuk SMK negeri maupun swasta. Dengan demikian, output yang dihasilkan selama siswa menempuh pendidikan di sekolah selama tiga tahun adalah setaraf dari segi mutu sumberdaya manusia yang siap untuk bekerja.


Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun 2017-2018

SMK Gunung Jati Jakarta Utara telah sukses menyelenggarakan Uji Kompetensi Keahlian, yang dilaksanakan pada tanggal 22-24 Februari 2018 kemarin. Peserta didik dari dua program keahlian yakni Akutansi dan Administrasi Perkantoran sama-sama menjalani UKK ini selama tiga hari berturut-turut. Selama tiga hari mereka diwajibkan memakai baju seragam layaknya para karyawan kantor di sebuah perusahaan.


Ada beberapa komponen yang dinilai dalam UKK 2018 ini. Antara lain kedisiplinan, kerapihan, sopan-santun, etika berbicara, penanganan arsip, penanganan surat-surat bisnis, penanganan telepon, presentasi, keterampilan mengetik, kemampuan mengelola data dan informasi di tempat kerja, dan beberapa komponen penilaian lainnya. Semoga para peserta didik tingkat SMK ini akan menjadi generasi penerus bangsa yang handal dan bermanfaat bagi sesama kelak.

Apa Kabar Juragan Cipir?

02.14 12 Comments
Apa kabar Juragan Cipir? Pertanyaan ini adalah salah satu bentuk "kerinduan" para blogger Nusantara, termasuk juga saya yang tentu sudah lama menanti-nanti artikel terbaru yang diupload sendiri oleh sang admin mba Indri Lidiawati. Hal ini mengingat sudah lama sang pemilik Juragan Cipir tersebut tak menyapa para "penggemar setia" nya, dimana mereka menganggap mba Indri sebagai sosok yang telah sukses memotivasi, menginspirasi blogger-blogger lainnya.

Berkat tulisan-tulisan yang mba Indri posting di http://juragancipir.com/ yang selalu berisi materi motivasi untuk para blogger ini, banyak blogger Nusantara yang sebelumnya tak bersemangat untuk ngeblog menjadi begitu tekun update artikel setelah membaca informasi yang ada di blog Juragan Cipir. Juragan Cipir menjadi website berbasis blog yang memiliki magnet, daya tarik yang begitu luar biasa. Saya merasakan bahwa mba Indri telah sukses menanamkan, membentuk "image branding" yang sangat powerful pada blog yang dikelolanya.

Apa Kabar Juragan Cipir?
Apa Kabar Juragan Cipir?

Salah satu hal yang membuat rekan-rekan blogger "kagum" pada pemilik blog Juragan Cipir adalah karena ia adalah seorang perempuan, sekaligus seorang Ibu rumah tangga yang saban harinya harus pintar-pintar memanfaatkan waktu yang terbatas untuk menulis artikel. Jarang sekali ditemukan, perempuan yang betah berlama-lama dan bersemangat dengan aktifitas blogging seperti mba Indri ini. Siapapun yang terhubung dengan akun media sosial mba Indri pasti merasakan betul seperti apa kegigihan yang admin Juragan Cipir tunjukkan. Banyak hikmah dan pelajaran berharga yang bisa kita terapkan untuk meningkatkan kualitas blog dengan membaca artikel-artikel karya mba Indri.

Baca Juga : SRIKANDI ADSENSE INDONESIA - TIPS SUKSES NGEBLOG

Rekan-rekan blogger tentu masih bertanya-tanya, sebenarnya apa yang membuat Juragan Cipir belum aktif seperti sedia kala. Adakah "kerinduan" fans Juragan Cipir akan segera terobati? Minimal ada semacam "press release" yang menyatakan penyebab non-aktifnya mba Indri dalam memposting artikel di blog Juragan Cipir untuk sementara waktu. Atau mungkinkah mba Indri sudah benar-benar meninggalkan dunia blogging yang sudah membuat tebar namanya? Hanya Allah swt. dan mba Indri sendiri yang tahu. Kita berharap, Srikandi Adsense ini akan kembali mengguncang dunia per-blogging-an Nusantara dalam tempo yang secepat-cepatnya.

Puisi - Ini Zaman Apa Namanya?

21.25 2 Comments
Puisi - Ini Zaman Apa Namanya?
Gambar: www.islampos.com

Ini Zaman Apa Namanya?

Ini zaman apa namanya?
Berita satu mengabarkan,
seorang Ibu yang tak lagi mampu,
menjadi tempat bersandar bagi buah hatinya...

Ini zaman apa namanya?
Berita dua mengisahkan,
seorang murid tlah merampas asa dan cinta sang Guru,
merangkak bersama Subuh,
merayap bersama Senja...

Ini zaman apa namanya?
Kabar Pagi penuh sesak dan semakin membara,
sekelebat lukisan wajah-wajah yang frustasi,
seolah tidak akan pernah ada,
rumah untuk mereka kembali...

Ini zaman apa namanya?
Bumipun merintih kesakitan,
menahan radang yang tak kunjung dingin,
hingga tubuhnya pun gemetar,
tak kuasa menahan beban,
sampai angin membelai hijaunya,
larut bersama celoteh si jangkrik diujung senja....

Ini zaman apa namanya? 

Daftar Pustaka - Dody Purwanto's Blog

19.52 Add Comment
Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang begitu pesat dan secara serentak melibatkan berbagai bidang kehidupan. Kajian tentang suatu teori dan konsep tentang manusia dan pernak-pernik hidupnya selalu diperbarui setiap saat, menyesuaikan diri dengan tren dan peristiwa yang terjadi di seluruh belahan bumi.

Usaha untuk mencari teori, pedoman, konsep yang tepat dan berguna terus dilakukan. Kita tentu patut bersyukur dan berterima kasih kepada berbagai pihak yang telah menuliskan berbagai konsep, ide, teori yang brilian tersebut ke dalam bentuk buku, tabloid, majalah, surat kabar, atau melalui blog dan website.

Berikut ini merupakan daftar pustaka yang menjadi referensi, rujukan saya dalam menulis artikel-artikel dalam blog yang beralamat di www.dodypurwanto.com. Mengingat semakin seringnya saya menjadikan buku-buku, majalah, dan lain-lain sebagai sumber tulisan, maka sudah sepatutnya saya kemas dalam satu artikel tentang daftar pustaka ini.

Daftar Pustaka - Dody Purwanto's Blog
Daftar Pustaka - Dody Purwanto's Blog

Daftar Pustaka ini akan diupdate setiap waktu sesuai dengan bertambahnya bahan bacaan yang saya miliki, dengan demikian harap dimaklumi apabila dalam penyusunannya tidak urut secara abjad atau persis seperti kaidah penulisan daftar pustaka yang benar. Buku-buku tersebut antara lain:
  1. Agus Mulyanto. 2009. Sistem Informasi Konsep & Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
  2. M. Ali Ghanim Ath-Thawil. 2010. Mencetak Pribadi Magnetis. Solo : Era Adicitra Intermedia.
  3. Evan Yovian. 2017. Japan Beyond Tokyo. Jakarta : Bhuana Ilmu Populer.
  4. Thee Kian Wie. 2005. Pelaku Berkisah Ekonomi Indonesia 1950-an sampai 1990-an. Jakarta : Penerbit Buku Kompas - Freedom Institute.
  5. Jonru. 2009. Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat. Jakarta : PenulisLepas.com Publishing House.
  6. Dr. Ir. Irwan Effendi, M.Sc., dan kawan-kawan. 2010. Membangun Masa Depan Anak Negeri Melalui Pendidikan Life Skill. Pekanbaru : Sutra Benta Perkasa.
  7. Abdul Azid Muttaqin. 2010. Monyet Dan Kacang Kegemarannya (Kisah-kisah Motivasi Inspirasional). Jogjakarta : Penerbit BukuBiru.
  8. Abdul Azid Muttaqin. 2010. Monyet Dan Kacang Kegemarannya. Jogjakarta : BukuBiru.
  9. Farid Poniman dkk. 2017. Kubik Leadership - Solusi Esensial Meraih Sukses dan Hidup Mulia. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di www.dodypurwanto.com.

Dari Satu Paragraf Menjadi Puluhan Artikel

02.30 Add Comment
Sering mengalami kondisi dimana Sobat tiba-tiba bingung untuk menulis artikel? atau pikiran serasa mandeg tiba-tiba, atau tak tahu hari ini harus menulis artikel tentang apa? Yah, hal seperti ini pasti sering dialami oleh penulis blog maupun penulis buku. Meskipun ia sebenarnya sudah cukup mahir dalam menulis.

Mandegnya ide dan gagasan yang akan dituangkan dalam tulisan adalah hal yang manusiawi. Karena memang otak seringkali mengalami kelelahan dan kejenuhan sesaat saking banyaknya data dan informasi yang harus disimpan dan diproses. Meskipun otak manusia memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar, namun agar otak bisa bekerja maksimal sangat dipengaruhi oleh kesehatan tubuh dan mental / jiwa manusia.

Dalam dunia penulisan, kondisi dimana penulis sedang "blank" dan merasa tak ada satupun ide untuk dijadikan bahan tulisan dikenal dengan istilah "writer's block". Writer's Block sebenarnya merupakan salah satu hambatan dalam menulis yang harus segera diatasi. Kalau tidak, itu akan menjadi parah sehingga Sobat sama sekali malas untuk menulis. Karena malas yang semakin kronis, akhirnya banyak yang memilih untuk berhenti menulis dan membiarkan blog kesayangannya mengalami mati suri.

Gambar: klikmania.net

Disekitar kita sejatinya bertebaran jutaan tema, jutaan ide untuk menulis artikel. Coba perhatikan dengan seksama dan dalam tempo yang selama-lamanya benda-benda, makhluk-makhluk, kejadian-kejadian yang ada disekeliling Anda duduk, berdiri, atau berjalan. Apa saja yang ada disana? Makhluk apa yang sedang merayap atau terbang? Apa yang dilakukan anggota keluarga atau tetangga saat Anda sedang melintas di depan rumah mereka?


Semua yang Anda lihat bisa dijadikan bahan membuat artikel. Kita bisa bercerita tentang semut yang berbaris menuju kue manis di meja makan, kita bisa menulis tentang tetangga kanan kiri yang sedang asyik membicarakan gosip terhangat hari ini, atau saat Anda sedang "bersemedi" di kamar mandi Anda bisa mulai memikirkan kenapa orang lebih suka memakai gayung yang bentuknya bulat.

Awalnya mungkin Anda hanya bisa menulis beberapa kalimat saja yang membentuk satu paragraf. Yah...satu paragraf adalah aset berharga yang harus Sobat manfaatkan dengan baik. Karena dari satu paragraf itu nanti bisa berkembang biak menjadi belasan bahkan puluhan artikel unik yang bercita rasa "legit" mengikuti keunikan pada diri Anda masing-masing.

Sebagai contoh hari ini Anda hanya mau atau bisa menulis satu paragraf tentang semangkok bakso yang baru saja Anda santap bersama teman-teman sekantor. Anda baru bisa menuliskan semangkok bakso yang rasanya maknyuss, lezat tiada tara. Ini adalah hal bagus yang kudu Anda kembangkan menjadi artikel lain yang temanya masih berkaitan dengan semangkok bakso.


Tugas yang dapat Anda lakukan hari berikutnya adalah melanjutkan tulisan bertema semangkok bakso dan biarkan dia beranak menjadi banyak sekali artikel. Namun tips saya adalah lakukan hal tersebut dengan rileks dan nyaman. Anda mungkin bisa terbantu dengan alunan musik dangut atau musik klasik yang memperkuat konsentrasi selama menulis.

Sekedar gambaran, Sobat bisa membuat artikel tentang : kandungan gizi pada semangkok bakso (satu), tips membedakan bakso yang mengandung borak dengan bakso yang sehat (dua), daya tarik warung bakso di suatu tempat (tiga), camilan pelengkap bakso yang disarankan (empat), tips memulai bisnis warung bakso (lima), keunggulan bakso franchise meskipun dijajakan keliling (enam), cara benar membuat adonan bakso (tujuh), resep bakso yang gurih dan legit (delapan), resep kuah bakso yang bikin ketagihan (sembilan), dan berbagai judul artikel lainnya.

Agar ide membuat artikel blog menjadi kebiasaan yang selalu muncul setiap saat, maka Sobat bisa mendapatkan ide tulisan dengan membaca buku di malam hari saat sebagian makhluk di bumi sedang tertidur pulas. Cukup satu jam kemudian biarkan pikiran Anda melayang-layang setelah membaca buku. Saat seperti ini biasanya saya sering mendapatkan ide untuk judul-judul artikel yang berlimpah ruah. Ambil sebuah pulpen dan kertas, lalu tulislah ide-ide tentang judul artikel tersebut pada kertas atau buku harian yang mudah untuk dibuka kembali.

Yup...betul, Sobat tuliskan dulu judulnya, masalah kapan artikel yang sudah berjudul itu akan ditulis itu nomer dua. Nanti suatu saat apabila sobat tekun terus dalam menulis, Sobat akan merasakan bahwa munculnya sebuah judul artikel adalah suatu "kebahagiaan kecil" yang menginspirasi seorang blogger. Semoga bermanfaat.

Minggu Pagi Di Pasar Sukapura - Jakarta Utara

18.18 4 Comments
Minggu pagi udara kembali cerah setelah hujan gerimis mengguyur wilayah Jakarta Utara dan sekitarnya. Kesibukan pada Minggu pagi terlihat jelas di sebuah pasar yang berlokasi di Jalan Tipar Cakung, Jakarta Utara. Pedagang yang sejak subuh sudah menggelar barang dagangannya tampak sibuk melayani pelanggan yang sebagian besar adalah kaum hawa.

Pasar Sukapura merupakan salah satu pusat belanja sayuran dan sembako yang dibuka hanya sampai  siang hari. Setelah itu pedagang sayuran akan melanjutkan bisnis yang mereka lakoni di tempat lainnya. Ada yang berjualan di pasar kecil sekitar Sukapura, ada yang berdagang makanan, dan ada juga yang membuka toko persis di depan rumah.

Pasar Sukapura - Jakarta Utara

Jalan Tipar Cakung seringkali tersendat disebabkan saking berderetnya angkutan kota 03 jurusan Terminal Tanjung Priok - Terminal Pulogadung yang mengharap mobil angkot milik mereka dapat segera terisi penuh. Kondisi lalu lintas menjadi ramai dan padat.


Mobil kendaraan dinas TNI atau POLRI yang sesekali melintas menjadi solusi sementara yang bisa mengurai kemacetan. Kesempatan inilah yang membuat para pengendara motor sedikit merasa lega dengan jalanan yang kembali lancar untuk dilewati. Kesibukan pagi di akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk berbelanja sembako sebagai stok bahan makanan beberapa hari kedepan.

Menikmati Segarnya Pagi dan Hangatnya Senja

07.09 Add Comment
Segarnya udara pagi merupakan salah satu anugerah luar biasa yang Tuhan berikan untuk umat manusia. Nikmatnya udara pagi menambah semangat dan gairah yang dahsyat bagi orang-orang yang mensyukurinya. Begitu juga dengan saat-saat menjelang senja, dimana kita bisa melihat keceriaan dan kehangatan yang terpancar dari senyum, tawa bocah-bocah mungil yang bercanda ria duduk diatas mobil bak terbuka di pinggir jalan di depan rumah kita.

Sesungguhnya, segarnya udara pagi dan hangatnya senja hari menjadi simbol yang menunjukkan seberapa dalamkah rasa syukur kita atas nafas yang masih bisa kita rasakan, atas detak jantung yang senantiasa "berdzikir" tanpa kita perintah. Dua rutinitas momen indah tersebut sangat jarang bisa dirasakan kenikmatannya oleh sebagian besar manusia.

Manusia terlalu sibuk dan salah kaprah cara pandangnya, sehingga mereka mengabaikan dua macam "sumber" kebahagiaan tersebut dan berusaha mencari, menggantinya dengan "kebahagiaan semu" yang lainnya yang pada ujung-ujungnya hanya menambah rentetan kesengsaraan hidup manusia saja. Sedikit sekali orang yang "mampu" menangkap isyarat alam seperti ini. Jarang sekali manusia yang belajar dari "harmonisasi" alam ciptaan Tuhan.

Ilustrasi: ksatriafantasy.blogspot.com

Dalam benak sanubari manusia modern saat ini tengah dipenuhi oleh "ambisi negatif" yang mengantarkan diri pada perilaku-perilaku yang cenderung merusak tatanan kehidupan. Ia sudah tidak peduli lagi dengan usaha untuk meningkatkan kualitas hidup. Yang ada dalam pikiran hanyalah bagaimana cara mendapatkan sesuatu, memiliki sesuatu dan mengabaikan istilah / pedoman tentang mana yang "halal" dan mana yang "haram".


Ketika manusia sudah tidak dapat menikmati segarnya udara pagi dan merasakan kehangatan senja hari, sejatinya ia telah melayang jauh dari tujuan hidupnya. Manusia telah lepas dari "rel kehidupan" yang pada awalnya ada dan tercipta untuk kesejateraan dan kedamaian hidupnya. Dalam bahasa filsafat mengatakan bahwa saat ini banyak manusia yang telah kehilangan arah dan kendali.

Orang yang telah kehilangan arah dan kendali maka sudah tak pernah memikirkan lagi, apakah tindakan yang dilakoni saban hari itu akan membawa kepada kebaikan atau akan mengantarkannya pada "kehancuran" yang menyingkirkan hak-hak hidup manusia lainnya. Sehingga semakin lama semakin kompleks dan berat permasalahan yang harus diselesaikan. Manusia telah mempersulit dirinya sendiri.

Inilah momen yang berharga untuk kita semua kembali ke arah yang benar, dan mengendalikan "perubahan" hidup kita sesuai dengan apa yang telah diisyaratkan alam, demi terwujudnya kehidupan yang harmonis, satu sama lain saling membantu, bersatu padu membangun peradaban yang gemilang. Dengan mensyukuri segarnya udara pagi dan hangatnya senja hari, mudah-mudahan Tuhan senantiasa menjadikan hidup kita menjadi lebih indah dan bermakna. Semoga bermanfaat.

Memahami 4 Macam Kecerdasan Manusia

12.27 4 Comments
Manusia adalah makluk sempurna yang diciptakan Tuhan dengan berbagai potensi unik dan kemampuan untuk mengolah ciptaan-ciptaan Tuhan lainnya sebagai usaha untuk mempertahankan harmonisasi kehidupan. Sebagai makhluk yang mulia, ia dibekali dengan segenap kecerdasan yang berguna bagi kelangsungan kebahagiaan hidupnya.

Secara psikologi, kecerdasan manusia ada yang menjabarkannya menjadi 9 macam kecerdasan. Seperti kecerdasan visual, kinestetik, interpersonal, dan lain sebagainya. Kecerdasan tersebut tentu membatasi kemampuan-kemampuan manusia lainnya, yang masih tersembunyi dan masih harus digali.

Namun secara umum dan mudah untuk dipahami orang awam, saya lebih senang membagi kecerdasan manusia menjadi 4 macam. Keempat macam kecerdasan manusia tersebut adalah:

1. Kecerdasan Intelektual
Kecerdasan intelektual merupakan segenap kemampuan manusia dalam menerima / membaca, mengolah, dan mendayagunakan data dan informasi yang tersedia di lingkungan tempat manusia beraktifitas. Didalamnya sudah terdapat aktifitas membandingkan, mengkategorikan, menganalisa, menyimpulkan, merumuskan, setiap data dan informasi yang ada.

Gambar: ummi-online.com

2. Kecerdasan Emosi
Kecerdasan emosi berkaitan dengan kemampuan manusia dalam mengendalikan perasaannya sebagai reaksi atas sebuah kejadian atau pengalaman yang terjadi pada dirinya. Ketika ia berusaha untuk menahan marah, maka ia sedang meningkatkan kecerdasan emosinya. Contoh lainnya adalah usaha manusia untuk tidak terburu-buru memenuhi sebuah keinginan yang menggebu-gebu juga merupakan hasil kerja kecerdasan emosi.


3. Kecerdasan Sosial
Kecerdasan sosial berkaitan dengan kemampuan manusia dalam mengkomunikasikan ide dan gagasannya ke pada orang banyak, kemampuan bekerja sama dalam sebuah tim, kepedulian kepada mereka yang membutuhkan, kemampuan mengendalikan / mengatur orang banyak, yang berhubungan dengan kelompok, komunitas, organisasi, atau perkumpulan lainnya baik yang formal maupun informal.

4. Kecerdasan Spiritual
Kecerdasan spiritual berhubungan dengan kemampuan manusia untuk patuh / mengamalkan nilai-nilai luhur sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing. Sebagai contoh, dalam agama Islam dikenal istilah iman dan taqwa. Bobot keimanan dan ketaqwaan seseorang dipengaruhi oleh kecerdasan spritualnya.

Kecerdasan spiritual sering disarankan dan dijadikan sebagai pengendali, penopang, pengungkit, kecerdasan-kecerdasan manusia lainnya. Awalnya mungkin ia merasa bodoh, tapi dengan kecerdasan spiritual yang meningkat ia bisa memiliki semangat belajar yang tinggi. Atau awalnya ia pemalu, dengan kualitas kecerdasan spiritual yang baik akhirnya ia mantap untuk berbagi ide dan kebaikan untuk orang lain.


Konsep, teori, ilmu yang menggambarkan diri manusia tentu semakin lama semakin berkembang dan bervariasi. Ada yang sesuai, ada yang bisa dijadikan pedoman untuk memahami diri manusia, ada yang berguna dalam usaha peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), dan berbagai manfaat yang bisa diperoleh lainnya.

Anda boleh setuju dan boleh juga tidak dengan apa yang sudah saya sampaikan tentang memahami 4 macam kecerdasan manusia tersebut. Semuanya serba terbuka dan tidak mutlak, karena kemutlakan hanya milik Allah swt. semata. Terus merasa bodoh dan terus merasa lapar. Semoga sukses dan gembira mengiringi hari-hari kita. Aamiin.

Kesehatan - Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Terong

20.50 4 Comments
Menikmati santap siang saat turun hujan dengan sajian kuliner yang disukai, membuat suasana hari menjadi semakin romantis dan penuh semangat. Citarasa kuliner yang lezat senantiasa memanjakan lidah para penikmatnya. Ada berbagai makanan favorit yang sering dicari oleh penggemarnya, seperti petai bakar, semur jengkol, sambal terasi, pecel lele, dan berbagai menu makanan lainnya.

Indonesia memiliki berbagai macam produk nabati yang bejibun, melimpah di setiap daerah. Ada daerah-daerah yang menjadi sentra penghasil jagung, ada yang menjadi sentra penghasil padi, buah-buahan, dan masih banyak kekayaan alam Nusantara lainnya. Sebagai bangsa yang besar kita wajib mensyukuri karunia Ilahi yang luar biasa melimpah ini. Jika terus dibudidayakan dengan serius dan benar, niscaya Indonesia tidak akan kekurangan pangan, atau yang terdengar tidak nyaman adalah saat Indonesia harus impor bahan pangan tertentu ke luar negeri.

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Terong
Terong Bakar, Gambar: tokomesin.com

Salah satu buah yang sering dijadikan lauk pauk orang Indonesia adalah buah terung, lebih sering disebut sebagai buah terong (hemm...nampaknya lidah orang Indonesia sangat sulit untuk mengucapkan terung). Nah...terong ini sebenarnya terdiri dari beragam jenis, baik bentuk, warna dan ukuran juga bervariasi. Namun kebanyakan orang mengkonsumsi terong yang berwarna ungu. Terong yang pada awalnya berasal dari India, menyebar luas ke berbagai negara termasuk Indonesia. Terong sangat mudah ditemukan dan harganya sangat terjangkau. Hal tersebut dikarenakan tanaman terong mudah tumbuh dan cepat berbuah, bahkan petani pun tidak sulit untuk mengurusnya.
Kandungan Gizi Pada Terong
Terong memiliki beberapa kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk dapat memperlancar metabolisme dengan baik. Pada 100 gram terong memiliki sebanyak 25 kilo kalori, kemudian terdapat kandungan gizi sebagai berikut:
  • Protein 
  • Karbohidrat 
  • Lemak 
  • Potasium 
  • Vitamin C 
  • Vitamin B6 
  • Zat Besi 
  • Magnesium
  • Asam Klorogenat
  • Dan kandungan gizi lainnya.

Manfaat Buah Terong Untuk Kesehatan
Terong memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, diantaranya:
  • Sumber antioksidan yang tinggi
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
  • Menekan risiko penyakit jantung
  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Mencegah anemia
  • Mencegah penuaan dini
  • Mengontrol kadar gula dalam darah
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Menjaga kulit dan rambut tetap sehat

Terong Sebaiknya Tidak Dikonsomsi Oleh Penderita Penyakit Tertentu
Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia, ada juga lho orang yang mengalami alergi dengan sayuran dari buah terong ini. Gejala alergi yang dikeluhkan misalnya sakit kepala, gatal pada kulit atau rongga mulut, atau pun sakit perut. Keluhan itu pada umumnya akan segera timbul setelah mengonsumsi terong dalam durasi waktu kurang dari dua jam.

Orang yang berisiko mengalami alergi terutama yang memiliki riwayat hipersensitivitas. Selain itu, konsumsi terong tidak disarankan untuk orang yang memiliki kadar zat besi rendah, karena kandungannya dapat mengikat zat besi dan menghilangkannya dari sel. Konsumsi terong juga disarankan untuk dibatasi pada penderita gangguan ginjal, karena dapat memicu pembentukan batu ginjal.

Terong Bakar - Nikmat dan Menyehatkan
Mengolah terong untuk dijadikan makanan favorit bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti dengan ditumis tanpa bumbu, dijadikan sayur balado, dijadikan sayur lodeh, dan bisa juga dengan cara dibakar. Masakan terong bakar dikenal sebagai bahan pelengkap gizi nabati untuk acara makan malam ataupun makan siang bagi orang Indonesia. Setelah dibakar sampai sebagaian kulitnya menghitam, kita dapat menambahkan bumbu seperti balado dan lainnya agar cita rasa terong bakar semakin gurih dan maknyus. Selamat mencoba.
Sumber:
  • http://manfaatsehat.id/manfaat-terong-ungu/
  • http://www.alodokter.com/ini-khasiat-terong-dan-cara-pengolahannya

Sedikit Demi Sedikit - Makin Lama Makin Legit

20.39 10 Comments
Pernahkah Anda merasa jenuh dan berpikir bahwa hidup ini biasa-biasa saja? Atau Anda merasa menyerah dengan hasil yang tidak sesuai harapan, sampai berpikir bahwa semua ini sia-sia? Pertanyaan dan kondisi seperti ini tentu pernah dialami seseorang, entah itu dia sedang berada di rumah, di tempat kerja, di sekolah, di kampus, dan berbagai tempat / aktifitas lainnya. Menurut saya ini adalah kejadian yang normal dan wajar.

Perasaan jenuh, bete atau apapun namanya, sejatinya merupakan "sinyal" yang berasal dari diri manusia itu sendiri yang memberikan pesan bahwa Anda membutuhkan sesuatu yang lebih baik, lebih menyenangkan, lebih membahagiakan, situasi yang berbeda dari biasanya, lebih terasa gregetnya, dan kalau boleh meminjam bahasa kuliner adalah sesuatu yang lebih "legit" rasanya.
Untuk mengikis habis rasa jenuh yang berlebihan, maka motivasi menjadi "herbal" penyembuh yang bisa diandalkan. Biasanya perasaan jenuh timbul karena manusia tidak menikmati proses yang sedang dijalani. Misalnya, Anda suatu hari sedang bepergian dari kota M menuju kota N menggunakan kereta api. Bagi orang yang sanggup menikmati suasana dalam gerbong kereta api, perjalanan darat yang sebenarnya lebih singkat akan terasa sangat menyenangkan.

Sedikit Demi Sedikit - Makin Lama Makin Legit
Sedikit Demi Sedikit - Makin Lama Makin Legit

Namun, bagi Anda yang terbiasa melakukan perjalanan menggunakan kendaraan roda empat, artinya Anda tidak bisa merasakan nikmatnya menaiki mobil saat berada di tanjakan atau tikungan (jika naik kereta api), maka meskipun menggunakan kereta api yang notabene lebih cepat sampai itu akan sangat menyiksa diri Anda.

Disinilah, kita perlu memahami sebuah wejangan dari para leluluhur yang pernah menyampaikan pesan berikut: "Orang sukses adalah orang mau untuk melangkah, meski dengan langkah yang sedikit demi sedikit, dan pada akhirnya ia akan sampai pada tujuan". Artinya hal-hal sekecil apapun jika terus dilakukan maka akan membuahkan hasil yang menggembirakan. Abaikan rasa jenuh yang sering menggoda. Dan suatu saat akan tiba waktunya bagi Anda untuk "memanen" hasil jerih payah Anda.
Ya betul...itu karena Anda sudah action, dibarengi dengan mengendalikan rasa jenuh Anda, dan action lagi. Meskipun dalam sehari Anda hanya mampu membuat satu buah tulisan / artikel pada blog kesayangan, atau dalam sehari Anda hanya mampu menjual satu "biji" barang pada toko Anda, ketika itu dilakukan terus-menerus, toh suatu saat tulisan Anda semakin banyak, barang dagangan yang ada akan terjual habis. Jadi, apapun bidang yang ditekuni, teruslah melangkah agar impian dapat tercapai.

Saat rasa jenuh datang, saya sering teringat dengan wejangan diatas, kemudian saya lakukan sesuatu agar rasa jenuh itu hilang dengan sendiri. Dan semakin sering kita "berdamai" dengan rasa jenuh tersebut, semakin berkualitas cara kita menikmati proses. Wis...pokoke jangan pernah berhenti dalam berusaha, jangan pernah berhenti dalam melangkah. Sedikit demi sedikit, makin lama makin legit. Semoga bermanfaat.

Daur Ulang Blog Lama Yang Tlah Mati Suri

02.06 2 Comments
Adakah blog Sobat sekalian yang umur domainnya tua dan sudah lama tak keurus? Sudahkah dilihat kembali traffic / statistik blog tersebut? Blog yang lama nggak keurus bisa disebabkan oleh berbagai hal. Bisa jadi sang admin merasa malas, kesibukan pekerjaan, atau bisa jadi Sobat sekalian merasa bahwa blog tersebut tidak menarik dan sedikit sekali pengunjungnya. Blog seperti inilah yang saya istilahkan dengan "blog mati suri".

Kalau kita amati dengan penuh seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, ditemukan fakta bahwa blog lama yang telah mati suri tersebut sebenarnya sudah memiliki artikel dalam jumlah yang cukup banyak. Dan dimasa lalu boleh jadi trafficnya memang sangat kecil bahkan pernah tanpa kunjungan sama sekali.

Roti Bakar Pisang Keju

Kemudian waktu berjalan dan saya pun dibuat setengah terkejut, ternyata blog lama yang mati suri itu kini bisa mendatangkan pengunjung tetap dan dilihat angka alexanya stabil meskipun belum sepenuhnya menggembirakan. Padahal traffic tersebut murni datang dari si cantik mesin pencari Google dan kawan-kawan.


Momen seperti ini tidak saya sia-siakan begitu saja. Saya putuskan untuk mendaur ulang blog tersebut dengan cara mengganti template, merubah kata / menambahkan kata pada judul, menambah tulisan dengan beberapa paragraf tambahan, optimasi SEO secara sederhana (maklum saya bukan ahli di bidang ini...hehehe), dan menyuntiknya dengan artikel yang diprediksi mengundang penasaran orang saat kita share di media sosial.

Alhamdulillah, blog tersebut yang dahulu mengalami "obesitas mutlak" kini mulai langsing dan singset angka alexanya. Saya pun girang bukan main, karena saya teringat pesan Nenek saya yang pernah mengatakan "sedikit demi sedikit lama-lama makin melejit". Wejangan dari Nenek itulah yang membuat saya tetap optimis, bahwa suatu saat kita akan menuai hasil kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas kita.


Saya punya komitmen untuk terus meng-update artikel setiap hari sebanyak yang saya mampu lakukan. Dan blog-blog lama yang telah mati suri tersebut akan saya daur ulang, kemudian saya percantik dengan taburan artikel. Ibarat roti bakar pisang cokelat, maka ia akan semakin sedap untuk disantap dengan taburan keju yang gurih-gurih coy. Sepiring roti bakar, sangat ampuh tuk membakar gairah. Semoga bermanfaat.

Sinergi Cantik Antara Blog Dengan Situs Berita

21.07 4 Comments
Blog memberikan kesempatan kepada banyak orang untuk menuangkan segenap ide yang ada pada setiap individu yang kreatif dan bekerja keras. Blogger adalah generasi bangsa yang memiliki jiwa kreatif, kerja keras, dan impian yang besar. Blogger patut diberi penghargaan karena telah membangun konten informasi di internet dengan sudut pandang yang unik dan menarik. Inilah yang menjadikan karya-karya blogger mampu membuat mesin pencari jatuh hati kepadanya.

Mencari penghasilan dari internet, terutama dengan cara membangun blog kini menjadi tren generasi zaman now yang terus tumbuh dan berkembang. Potensi blogger untuk menikmati kue penghasilan dari internet terbilang masih sangat besar. Apalagi jika kita lihat dengan seksama jumlah pertumbuhan pengguna internet yang ada di Indonesia. Setiap tahun selalu mengalami peningkatan. Ini berarti kebutuhan akan informasi di internet tentu juga akan bertambah, nah...disinilah peluang emas blogger terjawab untuk mewujudkan mimpi-mimpinya.

Sinergi Cantik Antara Blog Dengan Situs Berita
Sinergi Cantik Antara Blog Dengan Situs Berita

Pengguna Internet Indonesia Pada Tahun 2017 Mencapai 143,26 Juta Jiwa
Pada tahun 2017, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 143,26 juta jiwa. Angka tersebut meningkat dibandingkan pada tahun sebelumnya, yakni tahun 2016 yang tercatat mencapai 132,7 juta jiwa. Data tersebut merupakan hasil survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa jumlah pengguna internet pada tahun 2017 tersebut mencakup 54,68 persen dari total populasi Indonesia yang mencapai 262 juta orang. Hemm...sangat besar bukan jumlah pengguna internet tersebut bagi seorang blogger?
Dalam survei tersebut menguraikan pula profil pengguna internet di Indonesia berdasarkan kelas ekonomi. Sebagian besar pengguna internet di Indonesia adalah level ekonomi C, yakni strata ekonomi sosial menengah bagian bawah. 74,62 persen pengguna internet di Indonesia adalah dari level ekonomi C.

Disinilah yang wajib digarisbawahi oleh rekan-rekan blogger sekalian, bahwa masyarakat dari golongan menengah ke bawah (berdasarkan survey tersebut) adalah orang-orang yang membutuhkan suntikan semangat, motivasi, tutorial, pemahaman akan banyak hal. Maka dari itu blogger dapat berbagi informasi yang dapat memberikan manfaat-manfaat tersebut kepada masyarakat yang benar-benar "haus" akan informasi.

Bersinergi Dengan Situs-Situs Berita
Situs berita seperti detik.com dan tribunnews.com merupakan dua contoh situs yang ramai dikunjungi oleh pengguna internet Indonesia yang membutuhkan informasi tentang berbagai hal / bidang kehidupan. Seperti dilansir dari halaman www.blogooblok.com mengabarkan informasi bahwa dalam sehari, Detik menerima kunjungan rata-rata 1,395,354 dan jumlah halaman yang dikunjungi sebanyak 3,488,385 halaman. Tidak heran penghasilan dari Google Adsensenya mencapai $10,116.32 atau kurang lebih Rp. 136 juta per hari. Bayangkan jika dikali 30 hari, penghasilan Detik sangat fantastis.

Selain itu, situs berita seperti Tribunnews.com yang tak lain adalah anak didik Kompas, dengan jaringan media onlinenya yang tersebar dihampir seluruh provinsi di Indonesia berhasil menempati urutan ke 18 situs paling populer di Indonesia. Jumlah visitor per harinya mencapai 625,002 dengan total halaman yang diakses sebanyak 1,000,004. Penghasilan induk Tribunnews juga tinggi mencapai $2,900.01 atau Rp. 39,2 juta. Penghasilan ini belum termasuk dengan penghasilan jaringannya di daerah-daerah.

Bayangkan apabila blogger bisa meraih sepersepuluh dari pendapatan situs-situs berita tersebut, Wow...menggiurkan sekali bukan? Hehehe. Menurut saya itu bisa dan sangat bisa untuk diwujudkan. Kalau Sobat sekalian mengatakan itu semua membutuhkan kerja keras, kerja cerdas, atau kerja ikhlas, ya! saya setuju sekali. Semua butuh proses, dan Tuhan pun "mencintai" proses.
Salah satu resep yang bisa diterapkan blogger adalah dengan bersinergi cantik nan apik dengan situs berita. Jadikan situs berita sebagai ladang untuk melakukan "copy the master", yakni menjadikan situs berita sebagai rujukan, lansiran dalam menulis artikel. Tetapi yang terpenting adalah inti informasilah yang bisa / boleh kita tiru, dan kemudian tulisan deskripsinya kita rangkai dengan kata-kata dan kalimat sendiri. Disinilah keunikan masing-masing blogger akan terlihat.

Saya yakin, situs-situs berita itu juga akan diuntungkan karena dengan seringnya artikel Sobat menjadikan situs mereka sebagai rujukan (dengan mencantumkan link), maka Sobat telah memperkuat "Image Branding" kepada situs berita tersebut. Sehingga ketika masyarakat ingin mencari informasi di internet, situs berita yang akan tampil di benak mereka adalah yang sering dilansir oleh para blogger. Inilah yang dinamakan Sinergi Cantik Antara Blog Dengan Situs Berita. Jadi, Sobat blogger sekalian, tak perlu putus asa, tetap terus semangat mengupdate artikel. Semoga sukses dan gembira menyertai hari-hari Anda.

Sumber:
  • http://www.blogooblok.com/2015/10/ini-penghasilan-15-media-online.html
  • http://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/19/161115126/tahun-2017-pengguna-internet-di-indonesia-mencapai-14326-juta-orang
  • http://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/19/170000226/pengguna-internet-di-indonesia-didominasi-masyarakat-menengah-ke-bawah

Euforia Kemenangan Persija - Karena Kamu Tlah Memenangkan Hatiku

18.39 Add Comment
Masyarakat Kota Jakarta kini masih bergembira dan ramai membicarakan berita kemenangan Persija yang telah berhasil meraih gelar juara pada ajang kompetisi sebak bola tanah air Piala Presiden 2018, setelah mengalahkan Bali United dengan skor telak 3-0 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pada hari Sabtu 17 Februari 2018 malam.

Gol kemenangan Persija dicetak oleh Marko Simic (20', 45+2') dan Novri Setiawan (62'). Prestasi Persija pada Gelar Piala Presiden ini merupakan kerja kolosal dari seluruh pemain dan officials yang telah berjuang sekuat tenaga. Dan tak kalah penting lagi adalah peran Jakmania sebagai pemain ke-12 yang tak berhenti memberikan semangat untuk tim kesayangan mereka.

Euforia Kemenangan Persija untuk yang kesekian kalinya ini terdengar dimana-mana, dari mulai gedung-gedung perkantoran, sudut-sudut kafe, pojok-pojok warung tegal, sampai terdengar pula di dalam ruangan kelas. Pokoke semua warga Jakarta benar-benar sangat gembira dan bersyukur atas kemenangan Persija kali ini. Sambil menikmati sepiring gorengan dan secangkir kopi, halaman kantor RW pun menjadi meriah dipenuhi rona muka penggila sepak bola yang berseri-seri.

Euforia Kemenangan Persija - Karena Kamu Tlah Memenangkan Hatiku
Gambar: wow.tribunnews.com

Begitu juga yang terjadi di sebuah ruang kelas pada salah satu sekolah swasta di Jakarta Utara. Siang itu seorang guru sedang mengabsen anak muridnya. Ini sudah menjadi kewajiban seorang pendidik untuk mengontrol kehadiran peserta didik yang nantinya akan dilaporkan kepada orang tua / wali dan dijadikan sebagai salah satu komponen penilaian.

Satu per satu Pak Marno memanggil nama anak muridnya, saat membaca nama siswa di urutan nomor lima, ia bersuara sedikit lebih kencang:"Anita Persija Wulandari!", sambil melihat ke arah Anita yang protes kenapa namanya diganti, "Kok nama saya diganti dari Anita Wulandari menjadi Anita Persija Wulandari sih Pak? Bapak harus bikin nasi kuning lho!".

Pak Marno lantas menjawab, "Kamu tahu kenapa bapak mengganti nama kamu nak? Yah...karena kamu tlah memenangkan hatiku...", dan seketika itu seluruh ruangan kelas dipenuhi dengan gelak tawa siswa-siswi lainnya. Keadaan menjadi lebih segar, menyenangkan dan penuh kekeluargaan, maka Pak Marno segera "menggiring" siswa-siswinya ke materi pelajaran dan tugas kelompok yang akan mereka kerjakan. Pak Marno yang merupakan seorang guru di sekolah swasta itu pun tampak gembira atas kemenangan tim kesayangannya di Piala Presiden 2018.

Tips Sukses - Semangat Belajar Adalah Benih Keajaiban

09.24 8 Comments
Atmosfer kehidupan manusia telah sampai pada titik dimana pertumbuhan dan perkembangan zaman berlangsung dengan cepat dan menembus setiap jengkal tanah di seluruh benua. Kini, tak ada lagi sekat penghalang bagi seseorang atau sebuah negara sekalipun, untuk melebarkan sayap-sayap kesuksesan dimana pun dan kapanpun.

Dalam hidup yang sudah semakin canggih sekarang ini, potensi manusia untuk sukses dan bahagia terbilang lebih mudah, yang artinya keadaan saat ini telah memberikan kesempatan yang selebar-lebarnya bagi suatu generasi untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita besarnya. Tak ada yang tak mungkin di dunia ini, sepanjang tidak bertentangan dengan hukum alam, hal-hal luar biasa bisa "diciptakan", bisa terjadi pada siapapun.

Gambar: catatan-maba.com

Jika kita ingin agar bangsa ini menjadi bangsa yang maju, bermartabat, berkeadilan, dan sejahtera penduduknya, maka hal itu merupakan visi yang sangat mulia dan wajib kita dukung demi masa depan bangsa yang lebih gemilang. Rasanya, mubazir jika saat ini kita lebih membuang-buang waktu hanya untuk menyalahkan orang lain, menyalahkan keadaan, dan yang lebih kronis lagi adalah sampai menyalahkan takdir.


Saudaraku, sahabatku sekalian, saat ini sudah bukan zamannya lagi untuk "mengkambing-hitamkan" apapun atas keterpurukan, kegagalan yang menimpa seseorang atau sebuah generasi. Kini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk belajar memaafkan diri sendiri dan orang lain, belajar serta mengambil hikmah dari masa lalu, dan yang lebih penting lagi adalah belajar bagaimana cara untuk memperindah keadaan dengan memberikan yang terbaik dalam kehidupan.

Semangat untuk terus belajar sepanjang waktu adalah kunci dalam menggapai masa depan yang lebih baik. Dengan belajar kita dapat mengganti kebiasaan lama yang cenderung destruktif, menjadi kebiasaan baru yang lebih konstruktif. Belajar bisa dilakukan dimana saja, lewat berbagai media, bisa dilakukan saat kita tengah bergelut dengan usaha memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bangsa yang warga negaranya malas untuk terus belajar akan menanggung resiko kegagalan yang jauh lebih besar, ketimbang bangsa yang memiliki semangat bertubi-tubi dalam mencari, mengolah, dan mendayagunakan ilmu atau informasi dengan lebih baik yang notabene merupakan salah satu tahap dalam proses belajar.

Saya khawatir, dengan tren generasi zaman now yang semangat belajarnya mengendur dan mengkerut tajam akhir-akhir ini. Bisa diprediksi suatu saat nanti generasi yang seperti ini akan terdepak dari peradaban dunia yang serba cepat, yang melahirkan kekuatan politik baru yang lebih dahsyat, yang juga akan menghadirkan sistem ekonomi baru yang lebih fenomenal, dinamis, dan kompetitif.

Generasi yang hebat adalah generasi yang mau untuk terus belajar dan belajar. Tidak ada kata tamat dalam belajar. Karena aktifitas belajar bukan hanya di sekolah, madrasah, atau pondok pesantren. Belajar merupakan aktifitas yang wajib dilakukan sepanjang hayat dan belajar adalah kegiatan positif yang terintegrasi dengan kegiatan kita sehari-hari lainnya.


Imam Syafi'i pernah mengingatkan kita dengan sebuah pesan: "Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan". Begitu juga dengan filosofi bisnis dari Jack Ma sang pendiri Alibaba, yang mengatakan bahwa ia lebih senang bekerja dengan orang "bodoh" yang memiliki semangat belajar tinggi, ketimbang orang "pintar" yang tak memiliki gairah untuk belajar. Menurutnya, semangat belajar yang bertubi-tubi adalah aset bisnis yang dapat membawa hal-hal luar biasa bagi perusahaan.

Saudaraku, sahabatku sekalian, belajar adalah benih keajaiban, bibit hal-hal luar biasa yang akan terjadi pada diri kita, dan bangsa yang kita cintai. Mari bangkitkan gairah, semangat yang menggelegar dalam belajar, sampai Tuhan memanggil kita untuk kembali. Jangan biarkan setiap tetesan waktu yang begitu berharga, setiap detik yang begitu berharga, berlalu begitu saja. Kini saatnya waktu yang ada tersebut kita gunakan untuk berdoa, belajar, dan berusaha. Mudah-mudahan kita akan menjadi generasi yang sukses, bahagia, mampu mewujudkan kehidupan yang berlandaskan keadilan, dan senantiasa sejahtera, Aamiin.

Blog Niche - Sesuatu Banget Gitu Lho

17.25 4 Comments
Piye kabare? Semoga mas bro dan mba bro selalu sehat, energik, dan gembira. Nah...pada kesempatan yang luar biasa ini, saya akan membeberkan secuil cerita tentang "blog niche" yang akhir-akhir ini banyak menarik perhatian dan minat saya dalam merawat dan membesarkan dengan penuh kasih sayang blog yang saya miliki. Notabene ceritanya saya sudah berlaku tidak adil pada beberapa blog, yang sejatinya merupakan blog-blog yang menjadi saksi hidup karir saya (ceile...mantap!) selama menekuni aktifitas ngeblog sepanjang waktu. Yakni, ketidakpedulian saya pada blog-blog tersebut dalam kurun waktu yang cukup lama. Seperti mati lampu atau mati suri saja.

Tahun 2017 menjadi momen yang bersejarah, terutama menjelang akhir tahun 2017 lalu saya telah bangkit dari penyesalan yang mendalam. Penyesalan terbesar saya adalah karena blog-blog lama yang sebenarnya termasuk kategori blog niche, itu saya abaikan dan saya telantarkan begitu saja. Ibarat orang tua, saya termasuk orang tua yang tega "membuang" anak kandungnya. Ini menjadi "sad night" yang harus diakhiri dengan bahagia.

Gambar: onlineincometeacher.com

Singkat kata dan singkat cerita, saya terlalu fokus pada "blog gado-gado" yang memang traffic-nya lebih gurih dan legit, tapi ternyata eh ternyata tidak bisa mendatangkan fulus (Ohh...em...ji...I really need money, money, and money) yang gede seperti gaji direktur perusahaan bonafid (Gkgkgk...khayalan tingkat tinggi!). Tapi menurut hemat saya, blog gado-gado bisa kita jadikan ladang amal dan kita biasanya menemukan semacam "passion" atau gairah yang bertubi-tubi dari blog gado-gado. Biasanya para master blog jarang menyematkan iklan pada blog gado-gado mereka dan lebih menjadikan blog gado-gado tersebut sebagai "personal branding".

Akan tetapi, kalau boleh dan diijinkan untuk bicara jujur apa adanya, mas bro dan mba bro pasti sepakat bahwa "blog niche" berdasarkan riset para pakar blogging telah terbukti mendatangkan fulus yang stabil dan tak pernah goyah terhadap situasi dan cuaca buruk. Hemm...blog niche boleh dibilang sesuatu banget gitu lho! karena ia memiliki gizi yang tinggi untuk tetap memikat mesin pencari agar kesengsem sama dirinya.

Blog Nice menurut saya merupakan blog yang berisi artikel-artikel yang temanya sama atau berkaitan satu sama lain. Dan yang lebih khusus bin spesifik lagi akan dijuluki sebagai blog micro niche. Berdasarkan pengalaman, blog niche lebih menghasilkan klik yang stabil beserta uang yang always setia mendampinginya.

Jika blog mas bro dan mba bro memiliki tema yang sama misalnya kesehatan, kemudian judul blog dan nama domainnya tentang kesehatan juga, Wow! Selamat! Anda sudah memiliki harta karun yang berharga, mas bro dan mba bro kudu wajib merawat blog tersebut dengan penuh belain cinta dan kasih sayang. Harus tetep setia, bukan selingkuh tiada akhir lho!.

Blog niche meskipun baru berisi 10 atau 20 artikel, sudah mampu menghasilkan traffic blog yang stabil. Dan saya benar-benar menyesal karena baru menyadari potensi dahsyat ini sekarang. Tapi, ibarat pepatah lama yang berbunyi "Tak ada kata terlambat untuk sehat dan gembira!", maka dengan ini saya menyatakan untuk "move on". Insha Allah saya akan rawat blog niche saya dengan baik dan benar, sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku dalam dunia per-blogingan. That's all dan semoga bermanfaat untuk mas bro dan mba bro sekalian.

Teknologi - Kerja Semakin Mudah Dengan WhatsApp Untuk PC

20.01 16 Comments
Kehadiran perangkat teknologi informasi semakin mempermudah seseorang dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Perangkat berbasis Android saat ini sudah mendukung berbagai aplikasi pengolah data perkantoran yang lazim digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau proyek bisnis tertentu.

Dengan aplikasi social media seperti WhatsApp, saat ini kita dengan mudah mengirimkan dan men-download file dalam format Microsoft Word, Microsoft Excell, Microsoft PowerPoint, PDF, dan format file lainnya yang sangat dibutuhkan untuk memperlancar proses pengolahan dan pengiriman data bisnis sehari-hari.

WhatsApp kini bisa diinstall pada personal computer (PC) untuk mempermudah pekerjaan kita. Dengan demikian Anda tak perlu bolak-balik merogoh saku baju atau celana untuk mengambil gadget Anda, terutama bagi Anda yang pekerjaan sehari-harinya mengandalkan aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi dan bertukar data.

Untuk para blogger, Anda juga dapat tetap terhubung dengan WhatsApp ketika sedang asyik menulis artikel tanpa harus terganggu dengan pesan-pesan yang masuk. Dengan menginstall aplikasi WhatsApp di komputer kesayangan, kita dengan mudah melihat pesan dan nggak capek masukin terus ngeluarin handphone ke saku baju.

Karena pengalaman membuktikan bahwa hal seperti ini seringkali mengganggu konsentrasi disaat kita sedang membuat sebuah artikel yang membutuhkan konsentrasi dan kesegaran pikiran. Hemat saya, ini akan membuat Anda untuk selalu fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan.

Untuk meng-instali aplikasi WhatsApp di PC, caranya cukup mudah:
1. Unduh file installer aplikasi WhatsApp di https://www.whatsapp.com/, kemudian pilih menu UNDUH. Nanti akan muncul tombol unduh untuk PC sesuai dengan berapa bit sistem operasi pada komputer Anda.

Menu Unduh WhatsApp Untuk PC
Menu Unduh WhatsApp Untuk PC

2. Lakukan proses instalasi WhatsApp sesuai petunjuk. Setelah selesai, Anda akan diminta untuk menscan barcode yang ada di komputer untuk dimasukkan/difoto melalui menu "WhatsApp Web" yang terletak diatas menu "Setelan" pada handphone.

Permintaan Scan Code Melalui Handphone
Permintaan Scan Code Melalui Handphone

3. Jreng...Jreng! Selamat!, kini Aplikasi WhatsApp untuk PC siap digunakan (syarat PC terhubung ke internet) dan ini artinya Anda tidak akan terganggu lagi hanya karena notifikasi pesan-pesan yang masuk pada aplikasi WhatsApp Anda yang membuat Anda kepo alias penasaran. Dan yang lebih penting, kini Anda nggak akan bolak-balik lagi masukin / ngeluarin handphone dari kantong baju seragam Anda.

Aplikasi WhatsApp Untuk PC Siap Digunakan

Aplikasi WhatsApp Untuk PC Siap Digunakan

Demikianlah artikel berjudul Teknologi - Kerja Semakin Mudah Dengan WhatsApp Untuk PC ini saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk Sobat pembaca semua terutama yang belum mencoba aplikasi WhatsApp di komputer. Salam Sukses dan Gembira!

Tips Sukses - Mulai dan Lakukan Sekarang!

17.47 10 Comments
Ada pepatah bijak yang mengatakan: "Anda tidak harus menjadi orang hebat untuk memulai, tetapi Anda harus memulai untuk menjadi orang hebat". Nasihat dahsyat ini saya baca dari sebuah buku tentang kiat penulisan.

Nasihat yang memberikan motivasi luar biasa tersebut selaras dengan judul artikel "Tips Sukses - Mulai dan Lakukan Sekarang!". Bahwa apapun yang ingin kita raih, apapun yang menjadi impian Anda, akan terkabul pada suatu hari dengan syarat utama Anda harus memulai dan melakukan sesuatu. Sesuatu itu bisa hal-hal yang kecil, yang mungkin terdengar sepele, tetapi sejatinya itu merupakan langkah kecil yang bisa mengantarkan Anda semua ke depan pintu gerbang kemerdekaan (gerbang kesuksesan maksud saya).

Yah, kita harus mulai dan melakukannya sekarang. Kita ambil contoh misalnya, Anda adalah pengguna internet aktif yang ingin sekali menjadi seorang blogger yang sukses dan bahagia. Kemudian ingin agar blog atau website Anda mengalami banjir traffic, dan yang tak kalah dahsyat lagi adalah blog Anda bisa menghasilkan rupiah.

Ilustrasi / Gambar: entrepreneur.com

Anda tentu setuju bahwa untuk mewujudkan mimpi yang luar biasa tersebut, maka wajib untuk memulai, yakni mulai menulis artikel sebanyak-banyaknya dan tak boleh ditunda-tunda lagi. Pasalnya, jika aktifitas menulis artikel Anda tunda, maka yang terjadi adalah Anda sudah kalah start dengan blogger lainnya. Mereka sedang asyik update postingan bermanfaat untuk pembaca, sementara Anda hanya membuang-buang waktu yang sangat berharga.
Bukanlah suatu masalah jika tulisan Anda belum mampu menggoda search engine untuk menampilkan artikel blog di halaman pertama. Karena yakinlah bahwa pencari informasi datang dari berbagai macam minat dan latar belakang. Bisa jadi, artikel Anda yang ke-2, ke-100, atau bahkan yang ke-1000 lah yang akan ramai dikunjungi. Toh nantinya Anda bisa meng-edit alias mendaur ulang artikel-artikel agar lebih menarik dan bermanfaat lagi.

Pengalaman saya dan blogger lainnya membuktikan bahwa dengan sering menulis dan mengupdate artikel, Anda akan menemukan keunikan diri Anda sendiri yang menyebabkan artikel kita berbeda dengan penulis yang lain. Isi dan kandungannya mungkin boleh sama, tetapi saya yakin akan terbentuk cita rasa yang berbeda dari karya-karya Anda nantinya. Sehingga nanti Anda akan ketemu dengan "passion" Anda yang tentu membawa Anda satu langkah lebih cepat dalam meraih impian. Jadi, jangan tunda kesuksesan Anda, mulai dan lakukan sekarang!.

Kids Zaman Now - Gemar Habiskan Kuota

22.31 9 Comments
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara signifikan telah merubah kebiasaan manusia. Dari yang semula tidak bergantung kepada peralatan teknologi seperti handphone, tablet, personal computer (PC), dan jenis gadget lainnya, menjadi sosok generasi yang lengket dengan gadget. Setiap saat gadget tersebut selalu menempel dekat dengan bagian tubuh manusia.

Generasi zaman now tidak menyadari bahwa peralatan elektronik berbasis Android tersebut mengeluarkan radiasi / pancaran gelombang elektromagnetik yang menurut para peneliti di bidang riset dan pengembangan teknologi, ini sangat berbahaya dan mempengaruhi kesehatan tubuh manusia. Organ tubuh yang paling rentan terkena resiko kerusakan adalah organ kepala, terutama pada bagian otak.

Sayangnya, anak-anak juga telah menjadi bagian dari fakta yang menunjukkan semakin bertambah banyaknya pengguna gadget di seluruh dunia. Kids zaman now kini dengan bebas bisa bersenang-senang dengan perangkat Android milik mereka. Orang tua seringkali pasrah, dan demi terwujudnya keinginan agar anak-anak tidak rewel dan menangis, anak dibiarkan mengoperasikan gadget tanpa bimbingan serta pengawasan yang mendidik dari orang tua. Termasuk jika mereka kebetulan "kesasar" membuka website yang mengandung konten untuk dewasa, tentu sangat mengkhawatirkan bagi perkembangan kepribadian anak-anak.

Kids Zaman Now - Gemar Habiskan Kuota

Perilaku kids zaman now juga tidak menyadari bahwa mereka seringkali membuat orang tua mereka pusing lantaran pemakaian kuota internet yang diluar batas. Yah, aplikasi seperti Youtube dan game online tentu mengharuskan akses internet yang memadai. Beruntung bagi orang tua yang kebetulan rumah tempat tinggalnya tersedia jaringan internet murah, yang menawarkan kuota unlimited. Hal ini akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan akibat perilaku kids zaman now yang gemar menghabiskan kuota.

Hal ini saya alami juga saat libur lebaran kemarin. Bocah-bocah lucu itu asyik menggunakan gadget mereka, dan memaksa saya untuk menghidupkan hotspot agar handphone dan tablet mereka bisa terkoneksi dengan internet. Oh, my God! Mereka dengan senang hati menghabiskan kuota internet Simpati saya!

Artikel Populer Lainnya