Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun 2017-2018

06.58
Sebagai syarat dalam meraih kelulusan, peserta didik tingkat SMK diwajibkan mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yang pada umumnya dilaksanakan satu atau dua bulan sebelum Ujian Nasional (UN) diselenggarakan serentak di seluruh penjuru tanah air. Uji Kompetensi Keahlian berkaitan langsung dengan kesiapan peserta didik dalam memasuki dunia kerja. Tak jarang momen UKK ini terasa lebih menegangkan dibandingkan dengan Ujian Nasional itu sendiri.

Sekolah mendatangkan tim penilai dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) sebagai standar yang berlaku baik untuk SMK negeri maupun swasta. Dengan demikian, output yang dihasilkan selama siswa menempuh pendidikan di sekolah selama tiga tahun adalah setaraf dari segi mutu sumberdaya manusia yang siap untuk bekerja.


Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun 2017-2018

SMK Gunung Jati Jakarta Utara telah sukses menyelenggarakan Uji Kompetensi Keahlian, yang dilaksanakan pada tanggal 22-24 Februari 2018 kemarin. Peserta didik dari dua program keahlian yakni Akutansi dan Administrasi Perkantoran sama-sama menjalani UKK ini selama tiga hari berturut-turut. Selama tiga hari mereka diwajibkan memakai baju seragam layaknya para karyawan kantor di sebuah perusahaan.


Ada beberapa komponen yang dinilai dalam UKK 2018 ini. Antara lain kedisiplinan, kerapihan, sopan-santun, etika berbicara, penanganan arsip, penanganan surat-surat bisnis, penanganan telepon, presentasi, keterampilan mengetik, kemampuan mengelola data dan informasi di tempat kerja, dan beberapa komponen penilaian lainnya. Semoga para peserta didik tingkat SMK ini akan menjadi generasi penerus bangsa yang handal dan bermanfaat bagi sesama kelak.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya