Daur Ulang Blog Lama Yang Tlah Mati Suri

02.06
Adakah blog Sobat sekalian yang umur domainnya tua dan sudah lama tak keurus? Sudahkah dilihat kembali traffic / statistik blog tersebut? Blog yang lama nggak keurus bisa disebabkan oleh berbagai hal. Bisa jadi sang admin merasa malas, kesibukan pekerjaan, atau bisa jadi Sobat sekalian merasa bahwa blog tersebut tidak menarik dan sedikit sekali pengunjungnya. Blog seperti inilah yang saya istilahkan dengan "blog mati suri".

Kalau kita amati dengan penuh seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, ditemukan fakta bahwa blog lama yang telah mati suri tersebut sebenarnya sudah memiliki artikel dalam jumlah yang cukup banyak. Dan dimasa lalu boleh jadi trafficnya memang sangat kecil bahkan pernah tanpa kunjungan sama sekali.

Roti Bakar Pisang Keju

Kemudian waktu berjalan dan saya pun dibuat setengah terkejut, ternyata blog lama yang mati suri itu kini bisa mendatangkan pengunjung tetap dan dilihat angka alexanya stabil meskipun belum sepenuhnya menggembirakan. Padahal traffic tersebut murni datang dari si cantik mesin pencari Google dan kawan-kawan.


Momen seperti ini tidak saya sia-siakan begitu saja. Saya putuskan untuk mendaur ulang blog tersebut dengan cara mengganti template, merubah kata / menambahkan kata pada judul, menambah tulisan dengan beberapa paragraf tambahan, optimasi SEO secara sederhana (maklum saya bukan ahli di bidang ini...hehehe), dan menyuntiknya dengan artikel yang diprediksi mengundang penasaran orang saat kita share di media sosial.

Alhamdulillah, blog tersebut yang dahulu mengalami "obesitas mutlak" kini mulai langsing dan singset angka alexanya. Saya pun girang bukan main, karena saya teringat pesan Nenek saya yang pernah mengatakan "sedikit demi sedikit lama-lama makin melejit". Wejangan dari Nenek itulah yang membuat saya tetap optimis, bahwa suatu saat kita akan menuai hasil kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas kita.


Saya punya komitmen untuk terus meng-update artikel setiap hari sebanyak yang saya mampu lakukan. Dan blog-blog lama yang telah mati suri tersebut akan saya daur ulang, kemudian saya percantik dengan taburan artikel. Ibarat roti bakar pisang cokelat, maka ia akan semakin sedap untuk disantap dengan taburan keju yang gurih-gurih coy. Sepiring roti bakar, sangat ampuh tuk membakar gairah. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. banyak blogku yang begitu
    mati suri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Bang hidupkan lagi, semampu kita. Sedikit demi sedikit makin legit.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya