Motivasi - Profil Dua Penulis Terkaya Dunia

18.30
Profesi penulis sejatinya dapat dijadikan andalan sebagai sumber utama penghasilan. Meskipun di Indonesia, para penulis tampaknya masih harus berjuang ektra keras agar karya-karya mereka dapat menembus dunia penerbitan dan laris manis bak pecel lele serta disukai masyarakat. Minat membaca buku orang-orang Indonesia boleh dibilang sangat memprihatinkan (jika diukur dengan jumlah penduduk di seluruh povinsi), sehingga hal ini juga turut membentuk kualitas sumber daya manusia di negeri ini. Hanya sebagian kecil / sekelompok manusia yang menyadari pentingnya membaca sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dirinya.

Lain di Indonesia, lain lagi di luar negeri. Terutama di negara-negara Eropa dan Amerika, membaca menjadi aktifitas rutin sehari-hari dan menjadi kebutuhan hidup. Mereka menjadikan membaca buku sebagai kebutuhan pokok sama seperti makanan dan pakaian. Hal inilah yang menyebabkan profesi penulis di negara-negara tersebut sangat menjanjikan. Dunia perfilman juga berkembang pesat dengan mengangkat cerita film yang bersumber dari novel-novel terkenal.

Kalau kita amati dan membaca buku karya penulis terkenal dunia, kita dapati bahwa sebagaian besar cerita merupakan hasil kreatifitas dan imajinasi dari penulis. Artinya penulis-penulis di tanah air bisa menjadikan tema cerita itu sebagai tema utama dalam menulis novel atau buku non fiksi lainnya. Siapa tahu nanti akan berdatangan tawaran dari penerbit-penerbit luar negeri untuk mengalihbahasakan karya penulis Nusantara.

Berikut ini adalah profil singkat dunia penulis terkenal dunia yang telah sukses dan karya-karya mereka laris manis bak pecel lele:

= = 1. J. K. Rowling = =
J.K. Rowling adalah penulis dibalik kesuksesan penyihir Harry Potter yang mendunia dan dunia sihir tempat Harry berasal. Setelah Harry Potter, Rowling kembali memuaskan dahaga para muggle yang rindu akan dunia sihir dengan film dan buku mengenai Newt Scamander, Fantastic Beast and Where to Find Them (2016).

Rowling juga menjawab / memenuhi permintaan fans dan penggemar berat Harry Potter dan melanjutkan seri Harry Potter di buku ke-8 yang diambil dari naskah teatrikal Harry Potter and The Cursed Child. Buku ini mengikuti perjalanan anak kedua Harry, Albus Severus Potter. Selain menuliskan kisah dari dunia penyihir, Rowling juga menulis beberapa buku lain yang bertemakan fiksi kriminal.

Baik Harry Potter maupun Fantastic Beast and Where to Find Them telah diangkat ke layar lebar dan mencatat kesuksesan mengikuti novelnya. Dari karya–karyanya, penulis terkenal dunia J.K Rowling berhasil mengumpulkan kekayaan hingga  95 Juta Dolar AS Setara Rp. 1,2 Triliun.

= = 2. James Patterson = =
Sebelum dikenal sebagai salah satu penulis kawakan dunia, James Patterson sempat membangun karir dengan bekerja di perusahaan iklan terkenal, J. Walter Thompson. Nama pria kelahiran Newburgh, New york ini dikenal di sebagai pembuat slogan untuk berbagai perusahaan raksasa seperti Kodak, Toys 'R' Us, Burger King, dan sebagainya. Ketika memutuskan untuk pensiun dari dunia periklanan pada 1996, Patterson mendedikasikan waktunya dengan beralih profesi menjadi seorang penulis, dengan genre cerita detektif dan misteri.

Motivasi - Profil Dua Penulis Terkaya Dunia
James Patterson, Gambarflavorwire.com

Menjadi penulis asal Amerika yang berpenghasilan tertinggi diantara koleganya, James Patterson yang lahir pada hari Sabtu, 22 Maret 1947 ini juga dikenal sebagai seorang filantropis (orang yang sangat dermawan). Buku yang ia tulis bertemakan cerita detektif, thriller, fiksi ilmiah, romansa dan novel yang ditujukan untuk anak remaja.

James Patterson juga telah berhasil menjual novelnya sebanyak 300 juta eksemplar dan menjadi penulis pertama yang meraih penjualan 1 juta e-book. Tahun 2017 adalah tahun keempat James berhasil masuk dalam jajaran penulis berpenghasilan tertinggi yang dibuat Forbes. James berhasil mengumpulkan 87 Juta Dolar AS Setara Rp. 1,1 Triliun untuk karya karyanya. Beberapa karya hasil kerja keras James Patterson antara lain Murder Games, 1st to Die, Along Came A Spiderman, Cross, 16th Seduction dan When The Wind Blows.

Demikianlah profil dua penulis terkaya dunia yang semoga bisa menjadi motivasi bagi para penulis Nusantara untuk terus berkarya dan berbagi ilmu terhadap sesama. Berbagai tema bisa saja diangkat dan dijadikan novel serta berpotensi untuk menjadi bestseller. Tetapi ada berbagai faktor di balik kesuksesan penulis–penulis tenama tersebut yang dapat kita teladani, antara lain kerja keras, riset mendalam dan kecerdasan serta kerjasama yang baik dengan pihak penerbit serta promosi yang tepat untuk menjadikan novel–novel tersebut laris manis bak pecel lele dan sukses di pasaran.

Jangan pernah berhenti menulis dan genre atau tema apapun yang Anda pilih, pastikan itu adalah goresan tinta emas Anda di dunia penulisan. Tak ada kata terlambat untuk sukses. Kembangkan bakat linguistik manusia yang merupakan "default factory setting" yang sudah ada semenjak kita terlahir sebagai manusia yang imut dan lucu dulu, yang merupakan anugerah luar biasa dari Tuhan Yang Maha Pencipta. Semoga penulis Indonesia dan Blogger Nusantara dapat terus eksis berkarya demi kejayaan bangsa.

Sumber:
  • http://smartnulis.blogspot.co.id/2018/01/tema-tema-dalam-novel-dunia-yang.html
  • https://www.merdeka.com/james-patterson/profil/
  • http://flavorwire.com/580111/is-james-pattersons-new-imprint-the-second-coming-of-pulp-fiction [untuk gambar]
Previous
Next Post »

6 komentar

  1. Benar-benar mengagumkan. Tapi menjadi penulis memang tidak mudah terlebih lagi susah sekali untuk menembus dunia penerbitan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus tekun dan pantang menyerah ya Sobat.

      Hapus
  2. setuju dengan komen atasq.. benar2 mengagumkan hasil karyanya.
    dibutuhkan imajinasi tingkat dewa untuk menghasilkan super maha karya.
    tak heran jika di nobatkan menjadi penulis terkaya. karena memang karyanya patut di apreasi dunia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita akan seperti kedua penulis sukses tersebut, minimal jadi blogger sukses dong.

      Hapus
  3. mantap dan patut menjadi contoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bang Rustadi sudah berkunjung.

      Hapus

Komentar Pengunjung Blog