Mudahnya Memperpanjang Masa Berlaku SIM Kendaraan

07.29
Bagi Anda yang tinggal di Provinsi DKI Jakarta, sebagian dari Anda tentu pernah merasakan bagaimana lelahnya mengurus pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di kantor samsat pusat di Jalan Daan Mogot Jakarta Barat, baik untuk SIM A, B, maupun C. Selain tempatnya lumayan jauh (karena saya tinggal di Jakarta Utara), kita juga harus bersabar dan tetap tenang berdiri dibarisan antrian.

Saat sedang ramai-ramainya, setiap loket administrasi, pemotretan, dan lain-lain akan berjejer ratusan orang yang rela menunggu agar dapat memiliki SIM kendaraan bermotor. Apalagi jika Anda kebetulan seorang supir kendaraan berat yang harus melewati Uji Simulator, ini membutuhkan keterampilan yang handal agar Anda tidak capek bolak-balik baik untuk membuat SIM baru maupun untuk memperpanjang masa berlaku SIM.

Lokasi Perpanjangan SIM di Jl. Gorontalo, Jakarta Utara

Kecuali untuk SIM kendaraan berat, memperpanjang masa berlaku SIM A atau SIM C terbilang cukup mudah dan cepat. Anda cukup datang ke kantor samsat terdekat dengan membawa berkas seperti fotocopy KTP dan SIM yang akan diperpanjang masa berlakunya tersebut. Kisaran biaya yang akan dikeluarkan antara Rp. 120.000 - Rp. 140.000. Dan segera perpanjang sebelum masa berlakunya habis. Karena jika Anda telat sehari saja, maka Anda harus mengurus perpanjangan SIM tersebut seperti membuat baru.

Ada sebagian orang yang malas untuk membuat SIM. Padahal dalam keseharian dia menggunakan kendaraan, baik roda dua atau roda empat. Sehingga yang terjadi adalah bahwa orang tersebut akan sering mengalami rasa was-was, takut kena tilang, terutama saat sedang dilakukan razia gabungan lalu lintas. Alhasil, ia lebih memilih main "kucing-kucingan" kalau melihat Bapak/Ibu Polisi dengan mengambil "jalan tikus" yang terbilang berlipat-lipat jauhnya.

Kebetulan teman saya ada yang seperti itu. Usia sudah semakin tua tetapi masih juga belum membuat SIM. Teman saya tersebut sering sekali bercerita kalau dirinya sudah puluhan kali kena tilang. Saya sering menasihati teman saya agar menyempatkan waktu sehari untuk membuat SIM, daripada harus was-was dan tidak pernah merasa tenang saat berkendara.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya