Manfaat Positif Bersendawa Setelah Makan

00.05
Manfaat Positif Bersendawa Setelah Makan

Manfaat positif bersendawa setelah makan ternyata memang bisa kita dapatkan. Bersendawa merupakan salah satu fungsi normal dari tubuh untuk mengeluarkan gas yang berlebihan dari dalam perut. Dalam bahasa medis sendawa dikenal dengan istilah aerophagia. Menurut para ahli kesehatan, bersendawa setelah makan penting karena akan membantu mempercepat proses pencernaan makanan dan dapat mengurangi resiko perut kembung. Organ pencernaan tidak lagi terbebani oleh gas-gas yang menghambat pencernaan.

Setiap kita mengkonsumsi makanan tertentu, bukan hanya makanan saja yang akan masuk ke dalam perut. Akan tetapi udara seperti gas oksigen dan nitrogen juga ikut masuk ke dalam perut, apalagi jika makanan yang kita santap tersebut adalah jenis makanan yang menimbulkan produksi gas dari makanan itu sendiri seperti buah durian, sayur kacang-kacangan, sayur kobis atau brokoli, minuman bersoda, ubi-ubian, dan lain-lain. Gas yang berlebihan ini jika tidak segera dikeluarkan akan mengakibatkan perasaan tidak nyaman pada perut kita. Perut terasa seperti mendapatkan tekanan yang besar dan kadang bisa menimbulkan sesak napas bagi seseorang yang kurang sehat organ pernapasan atau paru-parunya.

Sendawa dikatakan normal apabila terjadi setelah kita makan atau minum terutama makanan dan minuman yang bersuhu hangat, dan tidak terjadi saat perut sedang kosong. Jika sendawa terjadi pada saat perut kita kosong, itu berarti ada masalah khusus yang sedang terjadi di dalam perut. Diantaranya adalah produksi asam lambung yang menandakan kita tengah menderita penyakit maag atau bisa juga kerusakan salah satu organ pencernaan seperti usus. Kita harus segera memeriksakan diri ke dokter agar sendawa yang terjadi pada saat perut kosong ini tidak berbuntut panjang alias memicu kerusakan organ pencernaan lainnya.

Seperti pada waktu kita sedang buang angin, keinginan untuk bersendawa hendaknya jangan dihalang-halangi. Kita bisa mengurasi volume suara saat bersendawa atau bertepuk tangan untuk mengalihkan perhatian orang lain yang kebetulan ikut makan bersama dalam satu meja. Ini boleh dilakukan sama persis ketika ada orang yang buang angin sambil batuk-batuk. Bagaimana, Anda mau mencobanya?
Previous
Next Post »
0 Komentar

Artikel Populer Lainnya