Sinergi Cantik Antara Blog Dengan Situs Berita

21.07
Blog memberikan kesempatan kepada banyak orang untuk menuangkan segenap ide yang ada pada setiap individu yang kreatif dan bekerja keras. Blogger adalah generasi bangsa yang memiliki jiwa kreatif, kerja keras, dan impian yang besar. Blogger patut diberi penghargaan karena telah membangun konten informasi di internet dengan sudut pandang yang unik dan menarik. Inilah yang menjadikan karya-karya blogger mampu membuat mesin pencari jatuh hati kepadanya.

Mencari penghasilan dari internet, terutama dengan cara membangun blog kini menjadi tren generasi zaman now yang terus tumbuh dan berkembang. Potensi blogger untuk menikmati kue penghasilan dari internet terbilang masih sangat besar. Apalagi jika kita lihat dengan seksama jumlah pertumbuhan pengguna internet yang ada di Indonesia. Setiap tahun selalu mengalami peningkatan. Ini berarti kebutuhan akan informasi di internet tentu juga akan bertambah, nah...disinilah peluang emas blogger terjawab untuk mewujudkan mimpi-mimpinya.

Sinergi Cantik Antara Blog Dengan Situs Berita
Sinergi Cantik Antara Blog Dengan Situs Berita

Pengguna Internet Indonesia Pada Tahun 2017 Mencapai 143,26 Juta Jiwa
Pada tahun 2017, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 143,26 juta jiwa. Angka tersebut meningkat dibandingkan pada tahun sebelumnya, yakni tahun 2016 yang tercatat mencapai 132,7 juta jiwa. Data tersebut merupakan hasil survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa jumlah pengguna internet pada tahun 2017 tersebut mencakup 54,68 persen dari total populasi Indonesia yang mencapai 262 juta orang. Hemm...sangat besar bukan jumlah pengguna internet tersebut bagi seorang blogger?
Dalam survei tersebut menguraikan pula profil pengguna internet di Indonesia berdasarkan kelas ekonomi. Sebagian besar pengguna internet di Indonesia adalah level ekonomi C, yakni strata ekonomi sosial menengah bagian bawah. 74,62 persen pengguna internet di Indonesia adalah dari level ekonomi C.

Disinilah yang wajib digarisbawahi oleh rekan-rekan blogger sekalian, bahwa masyarakat dari golongan menengah ke bawah (berdasarkan survey tersebut) adalah orang-orang yang membutuhkan suntikan semangat, motivasi, tutorial, pemahaman akan banyak hal. Maka dari itu blogger dapat berbagi informasi yang dapat memberikan manfaat-manfaat tersebut kepada masyarakat yang benar-benar "haus" akan informasi.

Bersinergi Dengan Situs-Situs Berita
Situs berita seperti detik.com dan tribunnews.com merupakan dua contoh situs yang ramai dikunjungi oleh pengguna internet Indonesia yang membutuhkan informasi tentang berbagai hal / bidang kehidupan. Seperti dilansir dari halaman www.blogooblok.com mengabarkan informasi bahwa dalam sehari, Detik menerima kunjungan rata-rata 1,395,354 dan jumlah halaman yang dikunjungi sebanyak 3,488,385 halaman. Tidak heran penghasilan dari Google Adsensenya mencapai $10,116.32 atau kurang lebih Rp. 136 juta per hari. Bayangkan jika dikali 30 hari, penghasilan Detik sangat fantastis.

Selain itu, situs berita seperti Tribunnews.com yang tak lain adalah anak didik Kompas, dengan jaringan media onlinenya yang tersebar dihampir seluruh provinsi di Indonesia berhasil menempati urutan ke 18 situs paling populer di Indonesia. Jumlah visitor per harinya mencapai 625,002 dengan total halaman yang diakses sebanyak 1,000,004. Penghasilan induk Tribunnews juga tinggi mencapai $2,900.01 atau Rp. 39,2 juta. Penghasilan ini belum termasuk dengan penghasilan jaringannya di daerah-daerah.

Bayangkan apabila blogger bisa meraih sepersepuluh dari pendapatan situs-situs berita tersebut, Wow...menggiurkan sekali bukan? Hehehe. Menurut saya itu bisa dan sangat bisa untuk diwujudkan. Kalau Sobat sekalian mengatakan itu semua membutuhkan kerja keras, kerja cerdas, atau kerja ikhlas, ya! saya setuju sekali. Semua butuh proses, dan Tuhan pun "mencintai" proses.
Salah satu resep yang bisa diterapkan blogger adalah dengan bersinergi cantik nan apik dengan situs berita. Jadikan situs berita sebagai ladang untuk melakukan "copy the master", yakni menjadikan situs berita sebagai rujukan, lansiran dalam menulis artikel. Tetapi yang terpenting adalah inti informasilah yang bisa / boleh kita tiru, dan kemudian tulisan deskripsinya kita rangkai dengan kata-kata dan kalimat sendiri. Disinilah keunikan masing-masing blogger akan terlihat.

Saya yakin, situs-situs berita itu juga akan diuntungkan karena dengan seringnya artikel Sobat menjadikan situs mereka sebagai rujukan (dengan mencantumkan link), maka Sobat telah memperkuat "Image Branding" kepada situs berita tersebut. Sehingga ketika masyarakat ingin mencari informasi di internet, situs berita yang akan tampil di benak mereka adalah yang sering dilansir oleh para blogger. Inilah yang dinamakan Sinergi Cantik Antara Blog Dengan Situs Berita. Jadi, Sobat blogger sekalian, tak perlu putus asa, tetap terus semangat mengupdate artikel. Semoga sukses dan gembira menyertai hari-hari Anda.

Sumber:
  • http://www.blogooblok.com/2015/10/ini-penghasilan-15-media-online.html
  • http://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/19/161115126/tahun-2017-pengguna-internet-di-indonesia-mencapai-14326-juta-orang
  • http://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/19/170000226/pengguna-internet-di-indonesia-didominasi-masyarakat-menengah-ke-bawah
Previous
Next Post »

4 komentar

  1. Blog berita
    Penghasilannya luar biasa

    Blogku hanya sedikit pengunjungnya
    Jadi harus sabar dan usaha ekstra

    BalasHapus
  2. situs berita besar juga penghasilan dari GA,
    triknya bisa diterapkan, sinergi cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe...minimal bisa dapet 5% dari pendapatan mereka sudah lebih dari lumayan. Pokoke peluangnya gede banget kalau dilihat dari pengguna internet yang ada.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya