6 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut

21.01
Dalam pergaulan sehari-hari percakapan menjadi aktivitas rutin yang dilakukan manusia. Ada yang berbincang-bincang tentang masalah pekerjaan, tentang pengalaman pribadi, tentang politik, dan berbagai topik menarik lainnya. Agar obrolan kita tidak terganggu dengan lawan bicara, hal yang harus diperhatikan adalah memastikan bahwa mulut kita tidak menebarkan aroma tidak sedap yang dapat menganggu pergaulan. Seringkali orang merasa risih, ketika orang lain yang sedang diajak berbicara mengeluarkan bau mulut yang berlebihan.

Bau mulut dalam istilah kedokteran gigi dikenal dengan nama halitosis, yakni bau yang ditimbulkan akibat proses bakteri yang terjadi di mulut. Menurut para ahli kesehatan gigi atau mulut, komponen utama bakteri penyebab bau mulut adalah hidrogen sulfida. Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat menyebabkan bau mulut:
  • Penyakit yang menimpa pada jaringan pendukung gigi manusia
  • Gigi banyak yang berlubang
  • Kekurangan air liur
  • Timbunan bakteri pada jaringan atas lidah
  • Sisa-sisa makanan yang menyangkut pada celah-celah gigi atau menempel pada kantung gusi
  • Konsumsi obat-obatan yang menimbulkan reaksi berlebih pada organ mulut manusia

6 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut
6 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut

Agar dapat mengatasi bau mulut yang tidak sedap dan sangat mengganngu pergaulan kita sehari-hari, maka kita musti melakukan 6 cara ampuh menghilangkan bau mulut berikut ini:

Berkumur Menggunakan Kayu Manis
Kayu manis memang terkenal memiliki aroma harum dan ternyata rempah yang satu ini mengandung zat aktif yang juga bisa mengatasi masalah bau mulut. Kayu manis mengandung senyawa cinnamic aldehyde atau sejenis minyak essensial alami yang mampu membunuh bakteri dalam mulut sekaligus dapat memberikan kesegaran nafas dari bau mulut yang tidak sedap.

Cara pemakaiannya adalah:
  • Rebuslah sebanyak satu sendok makan bubuk kayu manis dalam 500 ml air atau jika tidak tersedia bubuk kayu manis, kamu bisa langsung merebus beberapa batang kayu manis dalam air secukupnya.
  • Setelah mendidih dan berubah warna menjadi coklat pekat, saring larutan kayu manis tersebut.
  • Gunakan larutan kayu manis untuk berkumur setelah menggosok gigi, satu hingga dua kali dalam sehari secara perlahan selama kurang lebih 3-5 menit.
  • Gunakan air hangat untuk membersihkan sisa-sisa cairan kayu manis di dalam mulut. Air hangat akan memperlancar peredaran darah pada gusi yang merupakan penopang penting bagi gigi manusia.

Sikat Gigi Secara Teratur dan Benar
Sikat gigi secara teratur dan benar akan mengurangi bau mulut. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan sikatlah bagian atas lidah yang biasanya banyak timbunan lapisan bakteri yang sering menimbulkan bau tidak sedap. Atau kita dapat juga menggunakan semacam tongue scraper untuk membersihkan bakteri tersebut.

Berkumur Menggunakan Mouth Wash
Berkumur dengan cairan pembersih mulut dapat memberikan perlindungan ekstra pada gigi dalam mengurangi plak bakteri. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa pastikan cairan pembersih mulut ini hanya mengandung sedikit alkohol. Alkohol yang berlebihan dapat menganggu perkembangan gigi.

Gemar Mengkonsumsi Buah dan Sayuran
Buah dan sayuran merupakan anti-oksidan alami yang dapat juga merangsang air liur yang dapat mengurangi bau mulut. Selain itu buah dan sayuran akan memberikan asupan nutrisi yang cukup bagi gigi dan gusi agar selalu sehat dan segar. Buah-buahan sangat bagus untuk organ pencernaan manusia seperti lambung, dimana seringkali terdapat timbunan gas berlebihan yang keluar sampai mulut.

Konsumsi Vitamin C dan B
Gusi yang kurang sehat dan gigi yang banyak berlubang seringkali menjadi penyebab utama bau mulut. Dengan rutin mengkonsumsi Vitamin tersebut maka kesehatan gigi dan gusi akan meningkat, sehingga organ mulut Anda akan terjaga kesegarannya.

Konsultasikan Kesehatan Gigi Secara Teratur
Dengan melakukan pemeriksaan gigi dan berkonsultasi dengan dokter langganan Anda, akan membantu mengatasi bau mulut terutama bagi mereka yang mengalami bau mulut yang parah. Dokter biasanya akan melakukan pembersihan plak atau karang gigi agar bau mulut akibat penyakit gigi dan gusi bisa diatasi. Begitu pula apabila Anda terindikasi memiliki masalah gangguan pencernaan, dokter akan mengambil langkah selanjutnya untuk membantu masalah Anda tersebut lebih tepat dan efisien.

Demikianlah 6 cara ampuh menghilangkan bau mulut. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masalah berkaitan dengan aroma tidak sedap yang muncul di tengah-tengah pembicaraan penting dengan teman, relasi bisnis, atau pelanggan.
Previous
Next Post »

2 komentar

Komentar Pengunjung Blog