Radikal Bebas Adalah Penyebab Berbagai Penyakit Degeneratif

17.58

Radikal Bebas Adalah Hal Yang Banyak Menyebabkan Berbagai Penyakit Degeneratif

Radikal bebas adalah hal yang dewasa ini mengancam kesehatan manusia. Ia juga disinyalir menjadi penyebab berbagai macam penyakit degeneratif terutama penyakit kanker, stroke, jantung, dan lain sebagainya. Penyakit kanker akibat radikal bebas sangat menakutkan bagi banyak orang.

Tubuh manusia juga menghasilkan radikal bebas sebagai hasil metabolisme tubuh. Ditambah lagi dengan berbagai macam polusi lingkungan yang menambah kuantitas radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Masyarakat perkotaan adalah pihak yang paling rentan terkena bahaya radikal bebas.

Radikal Bebas Sangat Berbahaya Bagi Tubuh
Radikal Bebas Sangat Berbahaya Bagi Tubuh

Radikal bebas adalah suatu atom atau molekul yang mempunyai elektron yang tidak berpasangan. Elektron yang tidak berpasangan tersebut menyebabkan gerakan radikal bebas yang tidak terkendali dan saling bertabrakan sehingga timbul radikal bebas baru.

Radikal bebas dapat merusak jaringan tubuh dan struktur DNA manusia. Jika hal seperti ini dibiarkan, maka akan menyebabkan penyakit kanker. Kemudian, untuk memusnahkannya diperlukan antioksidan.

Asal Radikal Bebas dan Cara Mengatasinya

Darimana Asal Radikal Bebas? Radikal bebas bisa berasal dari beberapa hal berikut:
  • Oksigen yang kita hirup. Oksigen dibutuhkan tubuh untuk membakar sumber energi (karbohidrat, protein, lemak) menjadi energi. Namun, 1-3% oksigen yang manusia hirup berubah menjadi racun yang disebut Reactive Oxygen Species (ROS), yaitu salah satu pencetus timbulnya radikal bebas.
  • Merokok. Asap rokok mengandung berpuluh-puluh radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan.
  • Polusi udara. Polusi yang terserap pada saat kita bernafas banyak mengandung radikal bebas.
  • Makanan yang banyak mengandung lemak.
  • Radiasi sinar ultraviolet terutama saat matahari sedang terik-teriknya.
  • Obat-obatan tertentu, misalnya pestisida, anestesi, dan cairan industri.
Bagaimana mengatasi radikal bebas?
Karena radikal bebas adalah prooksidan maka cara meredamnya adalah dengan antioksidan. Antioksidan dalam bentuk zat gizi antara lain vitamin C, E, dan Karoten. Sedangkan antioksidan non gizi berupa polyfenol, isoflavon, dan lain-lain.

Baca Juga : Manfaat Buah Pepaya, Baik Untuk Penderita Diabetes

Buah-buahan dan sayur-sayuran sangat banyak mengandung zat gizi yang bersifat antioksidan. Dan antioksidan non gizi misalnya terdapat pada teh hijau, produk dari kedelai, coklat, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Manfaat Buah Tomat, Kandungan Lycopene Dapat Mencegah Kanker

Dengan sering mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, ditambah dengan melakukan aktifitas olahraga maka akan menjadi hal yang ampuh untuk mengatasi ancaman radikal bebas. Peran gaya hidup sehat terbukti memberikan kemajuan yang berarti bagi peningkatan kualitas kesehatan manusia.

Gambar : doktersehat.com
Previous
Next Post »
0 Komentar

Artikel Populer Lainnya