Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan, Baik Untuk Penderita Diabetes

21.34

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan menjadi hal yang bisa dijadikan panduan. Yang mudah-mudahan bermanfaat banyak dalam mendukung upaya mempertahankan budaya hidup sehat. Dimana para pakar kesehatan di seluruh dunia sepakat mengatakan bahwa buah dan sayuran adalah makanan yang sangat menyehatkan.

Buah pepaya merupakan tanaman yang mempunyai fungsi yang sangat banyak. Hal ini karena hampir seluruh bagian dari buah ini mulai dari akar hingga daunnya sangat berguna bagi manusia maupun bukan manusia.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Meski memiliki rasa yang manis, tetapi kandungan gula dalam potongan pepaya cukup rendah, begitu pula dengan indeks glikemiknya. Ini membuat buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko Selatan tersebut layak menjadi salah satu buah untuk diabetes yang disarankan para ahli.

Berbagai nutrisi dalam pepaya mampu membuat kulit tetap sehat dan terlihat muda. Misalnya enzim papain yang membantu melembutkan dan merevitalisasi kulit. Serta vitamin A dan C yang membantu mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam.

Dan kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah pepaya juga berguna membantu tubuh memproduksi kolagen yang dapat mengurangi keriput. Ini tentu sangat baik terutama bagi kaum wanita yang ingin tampil cantik alami dan awet muda setiap hari.

Selain itu, beragam vitamin serta fitonutrien yang terkandung di dalamnya dapat mencegah resiko jantung pada penderita diabetes. Bahkan mereka yang sehat juga dapat menjauhkan resiko diabetes dengan mengonsumsi buah yang bernama latin Carica papaya tersebut.

Buah pepaya selain dapat dipergunakan sebagai makanan dan minuman juga dapat dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional seperti kosmetik. Buah pepaya termasuk salah satu jenis buah yang mudah didapatkan di Indonesia. Bahkan untuk budi dayanya pun terbilang relatif mudah.

Berbagai Resep Buah Pepaya Untuk Berbagai Jenis Penyakit

Berikut ini beberapa resep dari buah pepaya yang dapat dipergunakan sebagai penyembuh penyakit:

Untuk penyakit kuning, ambil bunga buah pepaya gandul ditambah dengan daun kuda-kudaan kemudian direbus. Air dari hasil rebusan tersebut kemudian diminum. Dapat juga dari biji buah pepaya, ambil satu sendok makan kemudian dicampur dengan madu kemudian diminum (wanita hamil dilarang minum karena dapat mengakibatkan keguguran).

Untuk penyakit malaria, ambil beberapa helai daun pepaya kemudian dicuci, setelah itu direbus dengan dua gelas air hingga airnya tinggal setengah gelas. Lalu diminum sedikit demi sedikit sepanjang hari hingga habis.

Baca Juga : Air Putih Hangat Untuk Kesehatan Tubuh

Untuk penyakit ginjal dan kandungan kencing, ambil akar pepaya kemudian direndam, lalu larutannya diminum. Selain itu air hasil rebusan akar pepaya juga dapat menyembuhkan cacing kremi, kejang perut, sakit panas, dan dapat menambah nafsu makan.

Baca Juga : Kesehatan - Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Terong

Untuk menambah nafsu makan, dapat juga diambil sehelai daun pepaya dan dilumatkan dengan sedikit garam dan air sekitar seperempat gelas. Peras dan minumlah air perasan tersebut. Semoga bermanfaat dan semoga Anda selalu sehat sepanjang hari.

Gambar : www.bukalapak.com
Previous
Next Post »
0 Komentar

Artikel Populer Lainnya

Komentar Pengunjung Blog