Macam Vitamin Dan Fungsinya, Penting Untuk Diketahui

08.14

Macam Vitamin Dan Fungsinya Bagi Tubuh Manusia

Macam-macam vitamin sangat penting untuk diketahui. Dengan memahami macam vitamin dan fungsinya, beberapa jenis penyakit bisa dicegah maupun diatasi. Kadang penyakit tertentu disebabkan oleh kurangnya asupan makan bergizi yang mengandung vitamin.

Vitamin banyak terdapat pada buah-buahan, sayur-sayuran, susu, dan berbagai makanan kesehatan lainnya. Hal ini sesuai dengan anjuran untuk mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Vitamin menjadi salah satu unsur penting dalam meningkatkan kesehatan.

Macam Vitamin Dan Fungsinya, Penting Untuk Diketahui
Buah Dan Sayur, Mengandung Banyak Vitamin

Yang berbanding lurus dengan produktifitas seseorang. Semakin sehat tubuhnya, semakin banyak aktifitas keseharian yang mampu dilakukan secara maksimal. Berbeda jauh dari kondisi saat sakit, untuk menggerakkan anggota tubuh tertentu pun mengalami kesulitan.

Memahami Pengertian Vitamin Dan Macamnya

Vitamin merupakan zat-zat yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kelancaran proses-proses metabolisme di dalam tubuh manusia. Walaupun vitamin hanya diperlukan dalam jumlah yang sedikit namun tanpa vitamin proses metabolisme dalam tubuh manusia akan terganggu.

Secara garis besar vitamin dikelompokkan menjadi vitamin yang larut dalam lemak (A,D,E, dan K) dan vitamin yang larut dalam air (B dan C).

Buah-buahan dan sayuran dianjurkan untuk sering dikonsumsi. Karena dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dalam jumlah yang cukup maka kebutuhan akan vitamin dapat terpenuhi.

Fungsi Vitamin A, B, Dan C

Nah sekarang mari kita perhatikan beberapa vitamin, fungsi, dan akibat jika kekurangan vitamin tersebut. Vitamin A berfungsi untuk pembentukan pigmen penglihatan dan memelihara jaringan epitel. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan penyakit seperti rabun senja, kulit kasar, dan lain-lain.

Vitamin B1 berfungsi untuk pembentukan enzim. Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan penyakit beri-beri dan beberapa gangguan pada saraf manusia. Vitamin B2 berfungsi sebagai metabolisme karbohidrat.
Kekurangan vitamin B2 dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan gangguan pada kulit. Vitamin B6 berfungsi sebagai pembentuk enzim untuk metabolisme lemak, kemudian kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan penyakit dermatitis dan gangguan pada saraf.
Vitamin B12 berfungsi sebagai pembentuk inti sel. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan penyakit anemia. Vitamin C berfungsi sebagai zat yang dibutuhkan untuk kebutuhan nutrisi pada kolagen dan jaringan kulit. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sariawan, gangguan jaringan ikat, dan skorbut.

Fungsi Vitamin D, E, Dan K

Vitamin D berfungsi sebagai penyerap kalsium. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan pada bagian tulang manusia. Vitamin E berfungsi dalam pertumbuhan dan menjaga sel darah merah.

Akibat kekurangan vitamin E dapat menyebabkan sel darah merah manusia menjadi rusak dan ini tentu akan merusak berbagai macam jaringan tubuh manusia. Vitamin K berfungsi untuk pembekuan darah. Kekurangan vitamin K akan menyebabkan sulitnya darah membeku pada saat bagian tubuh manusia ada yang terluka.
Sekarang kita sudah memahami berbagai jenis vitamin yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin dalam jumlah dan porsi sesuai berat badan dapat mempertahankan daya tahan tubuh sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

Semoga Anda selalu dalam kondisi sehat wal afiat. Dan kebutuhan anggota keluarga akan makanan serta minuman yang mengandung vitamin dapat terpenuhi. Sehingga terciptalah keluarga Indonesia yang ceria, sehat, dan sejahtera. Salam sehat dan gembira.

Gambar : hellosehat.com
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. halo mas doddy.. sdah lama nih aku ga menghampiri blogmu.. kesibukan yang bikin kadang lupa bw.. semoga sehat2 yach dan sukses selalu blognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga sehat dan gembira selalu teh Vika :)

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya