Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Manusia Secara Alami

15.12

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Cara menjaga kesehatan ginjal manusia secara alami memang membutuhkan proses yang lebih intens dan butuh kepedulian dari diri sendiri. Tanpa keduanya maka usaha agar ginjal tetap sehat dan berfungsi dengan baik akan sia-sia belaka.

Butuh kemauan yang keras sekaligus semangat disiplin yang tingggi. Karena kalau bukan kita sendiri yang peduli dengan kesehatan ginjal, maka bantuan dari orang lain maupun keluarga tak berarti banyak.


Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Manusia Secara Alami
Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami

Kesadaran bahwa kesehatan ginjal adalah salah satu prioritas utama menjadi prinsip yang wajib dipegang teguh. Setiap orang yang ingin selalu sehat, mesti memperhatikan dengan cermat setiap kondisi yang berhubungan dengan kesehatan ginjalnya.

Peranan Penting Ginjal Bagi Tubuh Manusia

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang memiliki peranan cukup signifikan dalam menjaga dan mempertahankan stabilitas kesehatan tubuh manusia.

Baca Juga : Air Putih Hangat Untuk Kesehatan Tubuh

Tanpa ginjal yang sehat tentu saja banyak aktivitas dan pekerjaan tidak dapat dilakukan dengan sempurna sesuai dengan apa yang sudah dijadwalkan. Organ tubuh manusia yang satu ini ternyata memiliki dua fungsi, yakni:
  • Menyaring sisa-sisa metabolisme dari cairan darah dan akan dikeluarkan dalam bentuk air kemih.
  • Menjaga keseimbangan air dan ion-ion mineral dalam darah agar tekanan osmotik cairan tubuh tetap seimbang.
  • Menghasilkan hormon erythropoetin yang berperan dalam membantu pembentukan sel darah merah.
  • Mengaktifkan vitamin D untuk memelihara kadar kalsium darah dan kesehatan tulang manusia.
Nah, oleh karena peranan atau fungsi yang sangat krusial tersebut, tentu saja kesehatan ginjal wajib kita jaga agar tubuh kita tetap bugar.

Tips Agar Ginjal Tetap Sehat

Kita dapat mempraktekkan tips-tips berikut untuk menjaga agar ginjal tetap sehat. Sebuah kebiasaan yang kadang kita anggap remeh temeh. Tips-tips tersebut adalah:
  • Minum air putih sesuai kebutuhan. Bisa juga menyesuaikan berat badan atau tingginya aktifitas pada hari yang bersangkutan.
  • Jika Anda sudah kebelet buang air kecil, jangan terlalu lama ditahan. Menahan buang air kecil dalam kurun waktu yang lama tidak baik bagi kesehatan ginjal. Ginjal harus secepatnya melakukan proses metabolisme. Agar berjalan lancar maka sisa-sisa metabolisme harus segera dikeluarkan dari tubuh.
  • Kurangi jumlah rokok yang Anda konsumsi.
  • Minum obat sesuai dengan resep dokter dan jangan minum obat (terutama dari bahan kimia) dalam dosis yang berlebihan. Sejatinya obat adalah "racun". Karena yang sifatnya mematikan termasuk dalam kategori "racun". Lebih baik membiasakan diri mengkonsumsi makanan-makanan bernutrisi tinggi. Seperti buah-buahan dan sayuran.
  • Hindari stres yang berlebihan. Stres pasti akan selalu dialami. Terutama oleh manusia yang tinggal di wilayah perkotaan. Maka ketika stres sedang melanda, segera atasi dengan cara-cara yang terbukti efektif bagi diri Anda sendiri.
  • Istirahat yang cukup dan olah raga secara rutin. Pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan minat Anda. Lakukan dengan senang dan gembira bersama anggota keluarga.
Mudah-mudahan kita tetap mampu menjaga kesehatan tubuh kita walaupun pekerjaan atau aktivitas sehari-hari yang terkadang melenakan kita. Dan semoga artikel berjudul Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Manusia Secara Alami ini bermanfaat untuk kita semua. 
Previous
Next Post »
0 Komentar