Tubuh Punya Jam Kerja, Jangan Tidur Terlalu Malam

02.45

Tubuh Punya Jam Kerja Khusus

Tubuh punya jam kerja khusus, tujuannya agar kita memahami manfaatnya untuk kesehatan. Sobat pembaca sekalian, tidur merupakan salah satu aktifitas pokok manusia yang wajib dilakukan dan harus mengikuti pola hidup sehat yang benar.

Tidur ternyata bukan sekedar menghabiskan waktu malam saja, tetapi merupakan saat yang berharga bagi tubuh untuk melaksanakan proses pembersihan, penyerapan dan pembuangan racun dalam tubuh, dan menormalkan kembali fungsi organ-organ "vital" manusia.
Saat inilah "jam kerja" tubuh sedang berlangsung. Oleh karena itu kita dilarang keras untuk berangkat tidur terlalu malam, karena akan berdampak tidak baik bagi kesehatan. Apalagi kalau sampai sering melakukan begadang setiap hari, ini tentu bukan suatu kebiasaan yang dianjurkan.

Tubuh yang seharusnya memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pembuangan zat-zat tidak berguna / beracun (de-toxin), menjadi terganggu dan membahayakan manusia itu sendiri.

Tubuh Punya Jam Kerja, Jangan Tidur Terlalu Malam,
Gambarwww.well-beingsecrets.com

Jam Kerja Tubuh Manusia Yang Wajib Diketahui

Agar kita dapat memahami betapa pentingnya tidur sesuai jadwal yang dianjurkan, ada baiknya kita cermati "jam kerja" tubuh manusia seperti di bawah ini:

1. Jam 21.00 sampai 23.00

Merupakan waktu pembuangan zat-zat tidak berguna / beracun di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama masa tersebut, manusia seharusnya dalam kondisi yang tenang dan tidak melakukan aktifitas-aktifitas yang membutuhkan energi lebih, seperti mengerjakan PR, berjoget, atau yang melibatkan gerakan fisik. Minimal pada jam-jam tersebut kita sudah mulai berbaring manja di atas tempat tidur.

2. Jam 23.00 sampai 01.00

Merupakan waktu pembuangan zat-zat beracun di bagian hati manusia. Agar proses de-toxin di bagian hati bisa berjalan sukses, maka manusia wajib berada dalam kondisi tidur nyenyak.

3. Jam 01.00 sampai 03.00

Merupakan waktu pembuangan zat-zat beracun di bagian empedu yang dapat bekerja optimal dalam kondisi tidur nyenyak.

4. Jam 03.00 sampai 05.00

Merupakan waktu pembuangan zat-zat beracun di bagian paru-paru manusia. Bagi penderita batuk, jam-jam tersebut bisa sering mengalami batuk yang "keras" karena proses pembersihan sudah memasuki organ pernapasan (paru-paru).

Tidak dianjurkan untuk minum obat batuk agar proses pembersihan tidak terganggu. Karena kandungan zat berbahaya pada obat batuk akan memperlambat proses penting ini.

5. Jam 05.00 sampai 07.00

Merupakan waktu pembuangan zat-zat beracun di bagian usus besar. Saat inilah manusia dianjurkan untuk buang air besar maupun buang air kecil.

Bersyukurlah bagi Sobat yang rutin BAB pada jam-jam tersebut, yang menandakan bahwa organ-organ tubuh tersebut masih normal atau sehat.

6. Jam 07.00 sampai 09.00

Dari jam 07.00 sampai jam 09.00 merupakan waktu bagi tubuh untuk melakukan penyerapan gizi makanan oleh organ usus kecil.

Inilah waktu yang tepat untuk sarapan pagi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung unsur gizi seimbang dan lengkap. Bagi Sobat yang beragama Islam, saat memasuki bulan Ramadhan tentu ada perubahan waktu makan.

Hal ini tidak menjadi masalah, karena tubuh akan secara otomatis menyesuaikan diri. Yang penting Sobat selalu menyempatkan diri untuk makan sahur agar kebutuhan gizi bisa terpenuhi.
Perlu juga untuk Sobat sekalian ketahui, bahwa pada waktu dini hari sampai sekitar jam 04.00, merupakan waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah.

Sehingga Sobat disarankan sedang dalam posisi tidur nyenyak agar proses produksi darah tidak terganggu. Dan dengan berusaha untuk tidur sesuai waktu yang dianjurkan berarti Sobat sangat peduli dengan kesehatan tubuh.

Begadang jangan begadang....kalau tak ada artinya. Boleh begadang kalau untuk melakukan shalat malam. Semoga bermanfaat dan salam olahraga!
Previous
Next Post »

19 komentar

  1. Kalo kadang atau sesekali sering sulit tidur merem pules kenapa ya,mas ?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa karena siangnya sdh kebanyakan tidur dan bisa juga karena pikiran yg "tdk tenang". Atau bisa juga karena banyak nyamuk...hehehe

      Hapus
    2. Pikiran nggak tenang atau banyak pikiran juga bisa menjadi salah satu faktor sulit tidur ya, Mas?

      Hapus
    3. Yup...Betul Sobat Andi Nugraha.

      Hapus
  2. Info yg sangat bermanfaat banget...ijin share di fb ya mas..biar org2 pada tau ruginya begadang tiap hari..hehe

    BalasHapus
  3. saya manggut manggut dengan penjelasan diatas, sebaiknya kita menggunkan waktu istirahat seefesien mungkin ya ..

    ok saya setuju tentang jam jam istirahat tubuh manusia,

    tetapi bagimana mereka para sopir bus malem Mas? dia ini kurang tidur lho...monggo di klarifiksi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perusahaan bus malam yg benar akan menerapkan SOP khusus utk karyawan yg bekerja malam hari. Standarnya yg benar mereka harus digaji lebih tinggi, karena bagaimanapun kerja di mlm hari beresiko menurunkan kualitas kesehatan. Perusahaan juga wajib memberikan waktu istirahat yg cukup dan rutin melakukan check up kesehatan sopir tersebut. Adek saya kebetulan seorang satpam yg sering jaga malam. Jelas terlihat dari wajah adek saya yg kini tampak lebih pucat dibanding dulu saat bekerja rutin pagi sampai sore. Biar lebih klop coba Sobat rasakan sendiri dengan sering tidur larut malam. Lakukan sebulan. Kalau berdasarkan pengalaman saya tidur dan bekerja sesuai "hukum alam" dan "hukum agama" lebih baik dan menyehatkan. Dalam agama Islam tidak ada kewajiban shalat 5 waktu pada malam hari. Tinggal manusia mau memilih jalan hidup yg seperti apa? Resikonya ya ditanggung sendiri. Sopir bus pun bisa resign dan melamar kerja mjd sopir di perusahaan lainnya yg beroperasi pagi dan siang.

      Hapus
    2. Saya tambahkan ya Sobat. Maksud tdk ada kewajiban 5 waktu pada malam hari yakni pada jam tidur yang disarankan tadi. Shalat Subuh pun dilakukan pagi sekitar jam 04.30-05.30. Yang artinya proses de-toxin organ paru sdh selesai. Panduan diatas sifatnya umum. Hasil analisis rata-rata yg dilakukan para ahli kesehatan.

      Hapus
  4. jam 9 tidur
    biar bisa bangun pagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip Sobat. Saya kalau tidur larut malam pasti bangun dlm keadaan ga enak. Badan terasa lesu dan wajah kelihatan ga segar.

      Hapus
  5. Saya tidur cepat bangun juga cepat maklum pagi pagi harus prepare buat jualan kuliner. Bergadang untuk ngeblog? No Way..walaupun kadang sesekali bangun malam nyari sinyal internet yang bagus jika pas paginya lelet dan ada job yang harus dikerjakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesekali ndak masalah Bang Dwi. Tapi kalau tiap mlm pasti terasa dampaknya. Segarnya orang yg bangun pagi beda dgn lesunya orang yg bangun siang.

      Hapus
  6. Ya ampuunn, aku sedih bacanya :(
    Hampir tiap hari begadang. Kebiasaan nggak bisa tidur lebih awal.. Duh, jd pengin ubah pola tidur nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...kalo mba Ella sih tampaknya harus nyari "teman bobo" yg legal dan halal deh biar ga begadang. Siapa tahu jadi sering bobo lebih awal...eng ing eng!

      Hapus
  7. Ternyata tidur itu tidak hanya merebahkan atau mengistirahatkan badan. Ada kasiat dan manfaat juga.
    Nah kalau saya jam 3 pagi sudah bangun tu. tidur lagi jam 9 pagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangun lagi...tidur lagi...bangun lagi...tidur lagi...hehehe
      (Kayak lagu yg pernah saya denger deh...)

      Hapus
  8. jam 11 tubuh juga memproduksi HB mas jadi kalau sering begadang hb jadi rendah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...betul Bang. Waktu-waktu tersebut tubuh sedang "mereparasi" dirinya sendiri.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya