Memahami Fungsi Jantung Untuk Kesehatan Manusia

01.34
Fungsi jantung bagi manusia sangatlah vital. Orang sering mengkaitkan detak jantung seseorang untuk memastikan apakah seseorang itu masih hidup atau sudah wafat. Pasien yang terkena serangan jantung akan langsung ditangani oleh dokter spesialis dan ditempatkan di ruang ICCU yang biayanya bagi orang biasa, bagi wong cilik terbilang sangat mahal. Karena itu kesehatan jantung perlu dijaga dan dilatih dengan olahraga yang rutin, istirahat yang cukup, serta makanan yang begizi tinggi.

Jantung berfungsi sebagai pemompa cairan darah sebagai pelarut zat-zat yang dibutuhkan tubuh manusia. Pekerjaan jantung adalah mensuplai darah, oksigen dan zat-zat makanan ke seluruh tubuh melalui jaringan yang rumit dan dilakukan dengan sangat cepat.

Jantung, Organ Paling Vital Dalam Tubuh Manusia
Jantung, Organ Paling Vital Dalam Tubuh Manusia

Pada saat beristirahat, jantung berdetak sebanyak 100.000 kali dan melaksanakan tugasnya memompa sebanyak 8000 liter darah sehari. Semakin berat aktivitas manusia, semakin banyak darah yang dibutuhkan agar tubuh tetap bekerja dengan optimal. Kita mesti disiplin dalam menggunakan waktu agar kinerja jantung tidak terganggu. Tidur terlalu larut malam adalah salah satu contoh aktifitas yang akan mengurangi kinerja jantung. Pada waktu istirahat di malam hari terutama saat tidur nyenyak, organ jantung diberi kesempatan untuk memperbaiki dirinya.

Olahraga adalah satu-satunya cara efektif untuk menjaga jantung agar tetap menjalankan fungsinya dengan baik. Dengan berolah raga otot-otot jantung menjadi kuat, aliran darah dari dan menuju jantung akan bekerja sangat powerfull. Rutinkanlah diri Anda untuk berolah raga minimal seminggu sekali untuk menjaga kesehatan jantung. Dan dengan diimbangi konsumsi EMPAT SEHAT LIMA SEMPURNA SEKALI mudah-mudahan jantung kita selalu sehat. Aamiin.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya