Manfaat Buah Tomat, Kandungan Lycopene Dapat Mencegah Kanker

20.09

Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat buah tomat menjadi hal penting yang perlu untuk diketahui bersama. Tomat merupakan salah satu buah / sayuran yang paling banyak dikonsumsi. Ada yang mengkonsumsinya dengan cara dibuat minuman juice, sebagai bahan pelengkap sop, dan berbagai macam variasi menu lainnya.

Tomat lazim digunakan di berbagai industri makanan. Misalnya sebagai bahan baku utama pembuatan saos, sambal, dan tomat dijadikan juga sebagai bahan baku produk minuman dalam kemasan.

Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Tekstur buah tomat yang lembut, kemudian memiliki biji yang mudah dikunyah, membuat tomat sangat enak untuk dikonsumsi langsung. Tomat juga sering digunakan sebagai makanan pelengkap, seperti untuk lalapan.

Kandungan utama tomat adalah Lycopene. Lycopene merupakan sejenis carotene yang mempunyai fungsi paling kuat untuk melawan oksidasi, menghambat mutasi sel, menurunkan cidera asam nukleat. Dan juga mengurangi penyakit pembuluh darah jantung, mencegah penyakit kanker dan berbagai fungsi lainnya.

Penelitian Tentang Manfaat Lycopene Yang Terdapat Pada Tomat

Penelitian-penelitian yang dilakukan terhadap Lycopene:
  • Tahun 1959, pakar medis Amerika pertama kali melaporkan bahwa Lycopene mempunyai khasiat mencegah kanker.
  • Tahun 1985-1991, fakultas Kedokteran Universitas Italia menggunakan Lycopene dalam jumlah dosis yang banyak untuk melakukan percobaan pencegahan penyakit kanker, yang membuktikan bahwa Lycopene dapat menurunkan persentase berbagai penyakit kanker, seperti kanker saluran pencernaan, lambung, usus dan prostat.
  • Tahun 2002, majalah "Times" mengumumkan bahwa dalam 10 besar makanan sehat, tomat yang mengandung banyak Lycopene menduduki peringkat pertama.
  • Tahun 1994, Universitas Harvard melalui penelitian terhadap 48.000 orang menunjukkan jika setiap minggu mengkonsumsi dua kali produk tomat, maka persentase timbulnya kanker prostat dapat dikurangi 34%.
Manusia dan hewan tidak dapat menyatukan Lycopene di dalam tubuhnya sendiri, hanya diperoleh dari makanan dan melalui proses pemanasan (dimasak) maka Lycopene lebih mudah diserap tubuh manusia. Dalam tubuh manusia Lycopene tersebar di liver, paru-paru, kulit, usus dan jaringan organ lainnya.

Namun ada hal yang harus kita perhatikan. Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah tomat secara berlebihan. Meskipun buah tomat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun buah tomat juga memiliki kandungan asam yang tinggi yang dapat mengganggu sistem pencernaan.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Manusia Secara Alami

Tomat juga memiliki kandungan kalsium dan senyawa oksalat yang sulit dicerna. Artinya jika dikonsumsi secara berlebihan, akan membuat kalsium dan oksalat menumpuk pada ginjal. Dan berpotensi terbentuknya batu ginjal.

Oleh karena itu, akan lebih baik kalau kita mengkonsumsi buah tomat secara proporsional, dan dilengkapi berbagai jenis buah-buahan lainnya. Maka, selain kebutuhan tubuh akan vitamin tetap terpenuhi, sebagian organ tubuh tetap terjaga kesehatannya. Salam sehat selalu.

Gambar : www.bernas.id
Previous
Next Post »

2 komentar

Artikel Populer Lainnya