Kebiasaan Makan Yang Baik Untuk Mencegah Kerusakan Gigi Anak

16.45

Kebiasaan Makan Yang Baik Dapat Mencegah Kerusakan Gigi Anak

Kebiasaan makan yang baik perlu diajarkan kepada anak sejak dini. Orang tua tidak boleh membiarkan anak-anak mereka mengkonsumsi makanan-makanan jenis tertentu dengan cara yang tidak benar. Terutama berkaitan dengan kesehatan gigi anak.

Gigi dan kuman tak dapat dipisahkan, karena kuman suka sisa makanan di mulut. Namun, jika daya tahan tubuh stabil dan gigi selalu dijaga kebersihannya maka kuman tidak akan mampu merusak gigi. Secara alami, mulut menghasilkan saliva atau air liur yang mampu memberikan proteksi bagi gigi.

Makanan Yang Dapat Merusak Gigi Anak
Makanan Yang Dapat Merusak Gigi Anak

Namun, mengandalkan saliva saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan gigi. Terutama karena makanan yang dikonsumsi anak makin beragam. Karenanya, menjaga kebersihan dan kesehatan gigi anak adalah mutlak.

Kebiasaan Makan Yang Perlu Dihindari Anak-Anak

Berikut ini merupakan hal-hal yang harus dihindari, karena berisiko membuat kerusakan gigi pada anak-anak. Orang tua perlu waspada jika anak memiliki kebiasaan-kebiasaan seperti dibawah ini:

1. Mengkonsumsi Makanan Dan Minuman Panas / Dingin Secara Bergantian

Sering mengonsumsi makanan dan minuman panas lantas dingin secara bergantian dalam satu waktu. Kebiasaan ini akan merangsang saraf pulpa untuk berkontraksi dan juga membuat email (lapisan pelindung gigi) rusak.

Hal yang sama juga terjadi jika anak suka makan penganan atau minum-minuman yang panas. Selain email gigi, jaringan lunak gusi pun akan rusak karena suhu panas. Kerusakan ini akan merembet dengan menimbulkan rasa perih dan warna memerah pada gusi.

2. Kebiasaan Mengemut Makanan

Mengemut makanan terutama yang manis, dapat berakibat kurang baik bagi kesehatan gigi anak. Makanan yang diemut dan tercampur dengan air liur dalam waktu cukup lama (karena tidak kunjung ditelan) akan menempel di gigi dan memerangkap bakteri perusak gigi sehingga gigi rawan berlubang ataupun keropos.

3.Minum Susu Sambil Tidur

Susu mengandung pemanis yang mudah menempel di gigi. Makanan yang menempel di gigi akan menjadi makanan lezat bagi bakteri perusak. Keadaan ini makin parah bila terjadi saat anak tidur, karena produksi liur sedang berhenti dan mikroba perusak pun jadi lebih aktif.

Gambar : kumparan.com
Previous
Next Post »
0 Komentar