Cara Agar Cepat Tidur Agar Tubuh Tetap Bugar

16.10

Cara Agar Cepat Tidur Dan Manfaatnya Bagi Kebugaran Tubuh

Cara agar cepat tidur menjadi topik yang ramai dibicarakan dewasa ini. Banyak orang yang akhir-akhir ini mengalami susah tidur meskipun badan sebenarnya sudah terasa letih. Ini merupakan kondisi yang sangat menyiksa sebagian orang yang mengalaminya.

Tidur merupakan aktifitas rutin manusia yang tentu sangat bermanfaat baik bagi kesehatan tubuhnya. Pernahkah Anda mengalami kejadian dimana Anda merasa sudah tidur dengan waktu yang menurut Anda cukup?.

Cara Agar Cepat Tidur Pulas
Cara Agar Cepat Tidur Agar Tubuh Tetap Bugar

Akan tetapi ketika bangun tubuh Anda bukannya menjadi segar dan bugar tapi malah semakin terasa lelah?. Nah...jika hal itu sering terjadi hampir setiap hari maka Anda tengah mengalami gangguan tidur.

Hal ini karena menurut ahli kesehatan mengatakan bahwa kualitas tidur pada manusia tidak ditentukan oleh seberapa lama dia tidur. Akan tetapi seberapa lama dia bisa tidur dalam konsisi yang sangat lelap.

Tahapan Tidur Pada Manusia

Pada manusia dikenal beberapa tahapan tidur. Selama tidur, kita akan memasuki 5 tahapan sebelum akhirnya kita bisa tertidur pulas. Dalam tahap pertama, mata sudah terpejam, tapi jika terbangun Anda merasa belum tidur.

Pada tahap kedua, detak jantung melambat, suhu badan menurun. Tubuh bersiap-siap untuk tidur pulas. Sedangkan tahap ketiga dan keempat adalah tahap tidur pulas.

Baca Juga : Agar Daging Cepat Empuk Saat Direbus

Pada tahap keempat sel darah merah diperbarui dan hormon-hormon yang penting untuk pertumbuhan dan penyembuhan diproduksi. Tahap kelima atau Rapid Eye Movement (REM) sangat penting untuk kesehatan mental.

Pada tahap ini, fungsi-fungsi kognitif, pembelajaran, dan daya ingat diasah. Mimpi paling sering terjadi pada tahap REM. Sebelum mencapai REM, tahap 1—4 berlangsung sekitar 90 sampai 120 menit dengan pengulangan tahap dua dan tiga. Jadi tahapan tidur yang normal adalah: tahap 1, 2, 3, 4, 3, 2, REM.

Cara Agar Cepat Tidur Pulas

Jadi agar tidur Anda berkualitas maka sebaiknya Anda berusaha atau berlatih agar bisa masuk ke tahap tidur pulas. Nah, untuk Anda yang sukar untuk bisa tidur pulas, Anda bisa memperbaiki hal ini dengan berbagai cara.

Cara #1: Tentukan Jam Tidur Anda

Anda harus mempunyai jadwal tidur yang konsisten dan Anda tentu harus mematuhi jam tidur yang sudah dibuat. Saat sudah memasuki waktu tidur, Anda segera beranjak menuju ke tempat tidur. Buatlah suasana kamar tidur Anda benar-benar seperti suasana yang nyaman untuk tidur.

Anda dapat menyetting pencahayaan agar sedikit redup untuk menggiring atau mengkondisikan mata agar mau terpejam. Suhu ruangan dapat Anda atur. Jika kebetulan di kamar tidur tersedia pendingin ruangan, itu semakin memudahkan Anda untuk cepat tidur.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Manusia Secara Alami

Awalnya Anda akan merasa terbebani dan kesulitan untuk tidur dengan jadwal yang telah Anda tetapkan. Tapi tenang, dengan cara ini, tubuh akan memberi sinyal pada hormon serotonin dan melatonin untuk membuat Anda merasa rileks dan otomatis bersiap untuk tidur.

Baca Juga : Olahraga Ibu Hamil - Tetap Sehat Meski Sedang Mengandung

Hal ini akan berpengaruh juga ke psikologis Anda, Anda akan merasa perlu untuk tidur cukup dan mengesampingkan ego-ego termasuk kebiasaan tidur semau sendiri. Jika Anda dapat tekun dan sabar melakukan hal ini, maka Anda akan memiliki kebiasaan baru yang positif.

Cara #2: Melakukan Meditasi Untuk Menenangkan Pikiran

Meditasi merupakan salah satu cara yang ampuh dan dianjurkan untuk menetralkan gelombang otak manusia yang karena aktivitas sehari-hari yang berat, sering frustasi, sering merasa kesal dan kecewa. Iringan musik yang lembut bisa membantu meditasi Anda.

Terkadang otak Anda membutuhkan sedikit bantuan dan bimbingan untuk tertidur, dan meditasi adalah tren tidur yang diakui banyak orang sangat membantu. Meditasi dewasa menjadi sebuah aktifitas yang mulai dilirik banyak orang untuk dilakukakan.

Sebuah riset tahun 2015 di JAMA menemukan bahwa meditasi penuh membantu memperbaiki kualitas tidur pada orang dewasa dengan mengurangi "kekhawatiran, kebimbangan, dan gangguan suasana hati." Semoga tidur Anda menjadi nyenyak dan menyegarkan.

Cara #3: Minum Susu Hangat Beberapa Menit Sebelum Tidur

Susu hangat sebelum tidur merupakan resep yang dipercaya turun temurun untuk membuat tidur lebih nyenyak. Susu mengandung protein a-laktalbumin. Protein ini mengandung triptofan asam amino dalam jumlah tinggi, yang menghasilkan melatonin, hormon yang menginduksi tidur.

Makanan yang mengandung triptofan- termasuk putih telur dan biji labu sebaiknya sering kita konsumsi jika memiliki masalah insomnia. Kalsium dalam susu juga memberi manfaat penyerapan triptofan ke otak. Nutrisi yang sehat ini adalah sebuah cara agar cepat tidur.

Sumber Gambar dan Artikel : kaltim.tribunnews.com, www.hipwee.com, lifestyle.kompas.com.
Previous
Next Post »
0 Komentar