Manfaat Jintan Hitam, Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit

03.02

Manfaat Jintan Hitam Untuk Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit

Manfaat jintan hitam untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit sudah dikenal orang sejak lama. Jintan hitam merupakan salah satu jenis herbal asal Timur Tengah yang sudah banyak diteliti dan terbukti memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Jintan hitam termasuk dalam keluarga buttercup (Ranunculaceae). Orang-orang di tanah Arab telah mengenal jintan hitam lebih dari 2000 tahun lalu. Di Arab, jintan hitam dikenal sebagai habbatus sauda (biji yang menyenangkan) atau habbatul baraka (biji yang membawa berkah).

Manfaat Jintan Hitam Untuk Kesehatan
Segudang Manfaat Jintan Hitam

Keampuhan tanaman yang konon berasal dari Mediterania (seputar Laut Tengah) dan bernama latin Nigella Sativa Linn ini menyebar hingga Mesir, Yunani, dan India.

Tahun 980 M, Ibnu Sina dalam The Cannon of Medicine menyatakan habbatus sauda atau jintan hitam ini sebagai perangsang tenaga dan membantu memulihkan kesegaran tubuh, menstimulasi energi, serta membantu penyembuhan dari kelelahan atau kurang semangat.

Kandungan Gizi Pada Jintan Hitam

Jintan hitam mengandung 15 macam asam amino, protein, karbohidrat, minyak volatile atau minyak essensial dan crude fiber. Kandungan vitamin dan mineralnya meliputi kalsium, potasium, besi, magnesium, selenium, vitamin A, B1, B2, B6, C, E, dan niacin.

Di dalam jintan hitam atau habbatussauda juga terkandung crystalline nigellone yang dapat mencegah terjadinya kejang otot dan melebarkan saluran pernapasan. Nigellone juga bersifat antihistamin sehingga membantu mengurangi alergi.

Baca Juga : Khasiat Daun Salam, Menyehatkan Jika Dikonsumsi Sesuai Aturan

Menurut Prof. Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Tumbuhan Berkhasiat Obat Indonesia : Rempah, Rimpang, dan Umbi biji jintan hitam itu mampu pula mengobati sakit perut, disentri, keracunan jamur, kembung, batuk, radang lambung, gonorrhoea, lepra, digigit ular, wasir, cacar air, dapat menghambat keganasan sel kanker, dan lain-lain.

Gambar : www.liputan6.com
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Batu jintan hitam emang banyak khasiat dan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Sobat Gustyawan, kandungan gizinya sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya