Batu Akik Klawing Telor Kodok, Varian Yang Sulit Dicari

12.35

Batu Akik Klawing Telor Kodok Merupakan Jenis Yang Paling Sulit Dicari

Batu Akik Klawing Telur Kodok merupakan salah satu varian baru dari batu pancawarna klawing yang berasal dari kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Batu telur kodok ini merupakan jenis batu Jasper Chalcedony yang memiliki motif yang menyerupai telor kodok dan memiliki warna yang beragam.

Warna dasar yang beragam inilah yang membuat batu Klawing Telur Kodok ini sangat indah untuk dilihat. Bahan batu akik Klawing Telur Kodok termasuk yang saat ini susah dicari dan kalaupun ada penjual batu yang memajang bahan batu Telur Kodok ini akan langsung habis diserbu para pembeli. Dulu, saat saya pergi ke kampung batu Rawa Bening, bahan batu Telor Kodok ini sering habis terjual.

Batu Akik Klawing Telor Kodok
(Batu Telur Kodok, Gambar: pusatbatu.com)

Batu Telur Kodok ini sangatlah spesial karena memiliki 2 karakter, yaitu badar (opaque) dan kristal. Batu ini banyak dihasilkan di Kecamatan Rembang Purbalingga, Jawa Tengah. Batu jenis ini merupakan bebatuan sungai yang biasanya lebih solid strukturnya dan mempunyai tekstur semi Kristal.

Batu Telur Kodok yang dihasilkan di setiap wilayah atau Kecamatan di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah akan memberikan warna yang berbeda dan bervariasi. Inilah yang membuat batu telur kodok ini menjadi sangat istimewa dan banyak diburu oleh Akik Lovers.

Batu Klawing Telor Kodok Diolah Secara Alami Dan Penuh Citarasa Seni

Batu Telur Kodok diolah dengan menggunakan teknik penghalusan kulit batu secara Art Natural dengan membiarkan bentuk alaminya agar tetap terlihat indah dan menawan bagi pecinta batu akik Indonesia.

Agar batu telur kodok ini terlihat lebih mengkilat atau mengkilau dengan sempurna, maka biasanya pengrajin batu akik di Purbalingga Jawa Tengah menggunakan media bambu hitam pada tahap finishing pengolahan batu telur kodok ini. Penggunaan bambu hitam dipercaya juga akan melipatgandakan khasiat batu yang diolah.

Batu Klawing Telor Kodok
(Batu Telur Kodok, Gambar: bukalapak.com)

Ditemukannya Batu Telur Kodok asal Purbalingga ini semakin menambah kekayaan alam batu akik dan batu mulia di Indonesia. Saya berpendapat bahwa keberadaan batu akik atau batu mulia asal Indonesia ini akan tetap diminati para kolektor karena keunikan dan keberagamannya yang sangat menggoda hasrat para pecinta batu akik atau pecinta batu mulia untuk mengkoleksinya. 


Yang penting adalah bahwa pengolahan batu secara tidak langsung merupakan bagian dari aktivitas yang bernilai seni tinggi dan untuk itu dalam pengerjaannya harus sangat hati-hati, lembut, dan menghargai nilai seni yang terkandung di dalamnya.


Dengan demikian setiap batu akik dan batu mulia yang dihasilkan oleh pengrajin batu di seluruh Nusantara akan memiliki nilai jual dan nilai seni yang tinggi. Termasuk juga batu akik klawing telur kodok yang diolah dengan sangat hati-hati dan terlihat sangat menawan setelah selesai diolah.
Previous
Next Post »
0 Komentar