Tentang Para Master Blogger Yang Pada Menghilang

21.56
Menekuni dunia "blogging" memang unik, menantang, dan sekaligus juga mengharukan. Unik karena memang masing-masing blogger telah memberikan banyak hal-hal bermanfaat dan disajikan secara berbeda, terasa berbeda, karena masing-masing blogger adalah individu yang unik. Menantang, ini jelas dirasakan oleh para blogger, terutama bagi blogger yang berjuang mati-matian untuk selalu mengupdate artikel meskipun penghasilan belum memuaskan.

Sebuah perjuangan dalam menyeimbangkan antara memberi manfaat dan mencari uang. Dan yang selanjutnya adalah mengharukan. Pengalaman yang membuat blogger merasa bahagia setelah mendapatkan hasil sesuai dengan kerja kerasnya telah menjadi trending topic di internet. Tak jarang, perjalanan hidup mereka sebagai blogger menjadi panutan untuk yang lainnya. Kita tentu pernah merasa kagum atau "kesengsem" dengan figur beberapa blogger Nusantara ternama.

Dalam dunia "blogging" ada beberapa nama yang pernah dan sering menjadi trending topic di beberapa artikel. Artikel-artikel tersebut biasanya akan berisi juga dengan "suka duka" figur seorang blogger sehingga bisa menelurkan kesuksesan. Pada kesempatan kali ini saya menjadikan figur 4 orang "blogger" yang selalu menjadi panutan pada masanya masing-masing. Tentu saja masih ada lagi beberapa blogger lainnya yang juga hebat-hebat, namun karena keterbatasan data dan informasi yang saya miliki, saya belum dapat menampilkannya dalam artikel. Keempat "blogger" tersebut adalah:

1. Cosa Aranda
Cosa Aranda mengenal dunia internet sejak tahun 1996, namun baru berkiprah aktif secara online setelah pada tahun 2000 ia mendirikan sebuah situs belanja online. Blogger dan internet marketer ini sangat terkenal di tahun 2008-2009 saat Google Adsense sudah mengijinkan blog berbahasa Indonesia untuk dipasangi iklan Adsense.

Blog Milik Cosa Aranda
Blog Milik Cosa Aranda

Namun, beberapa tahun setelah keaktifannya didunia internet, Cosa Aranda jarang muncul lagi di dunia "blogging". Ini terlihat dari situs-situs miliknya yang sudah bertahun-tahun tidak pernah diupdate. Cosa Aranda telah "menghilang" tanpa diketahui pasti alasan atau penyebabnya. Kira-kira hilang kemana ya Bang Cosa Aranda?

2. Agus Ramadhani
Pemiliki blog Inspirasi Digital o-om.com ini banyak dijadikan referensi alias petunjuk bagi para blogger di tahun 2008 dan sesudahnya. Saya masih ingat betul waktu saya pertama kali mengenal dunia blog di tahun 2009, saya sering mencari "wangsit" dalam mengelola blog melalui o-om.com ini.

Blog Milik Agus Ramadhani
Blog Milik Agus Ramadhani

Karena selain berisi tutorial blog, Bang Agus Ramadhani selalu memberikan saran bagi blogger yang ingin merubah tampilan atau template pada blognya. Meskipun terlihat sesekali memposting artikel blog, namun interaksi Bang Agus Ramadhani dengan pengunjung blog belum terjalin romantis seperti dulu lagi. Maka bisa dikategorikan ia sebagai master blogger yang hilang....hehehehe.

3. Indri Lidiawati
Kehadiran blogger perempuan yang satu ini cukup menggemparkan dunia maya tanah air. Sosok Indri Lidiawati mirip sekali dengan ketenaran pendiri Alibaba Jack Ma (hehehe). Melalui blog berbasis wordpress yang diberi nama Juragan Cipir, Mba Indri menjadi sosok blogger perempuan yang selalu dinanti-nanti.

Blog Juragan Cipir
Blog Juragan Cipir

Bahkan para pengunjung blog Juragan Cipir agak "kurang nyaman" dengan banyaknya postingan "guest post" yang ada di blog tersebut. Tulisan asli Mba Indri terasa lebih "menggigit" dan membekas dalam sanubari. Maka tak heran, jika kini banyak blogger-blogger yang merasa kehilangan dengan "menghilangnya" Juragan Cipir untuk sementara waktu.

4. Linda Ikeji
WOW!!!. Itulah kata yang bisa mengungkapkan kekaguman saya dengan blogger perempuan asal Nigeria ini. Saat ini Linda Ikeji sudah bisa "duduk-duduk cantik" karena blog yang ia bangun selama bertahun-tahun sudah menghasilkan pendapatan milyaran rupiah. Linda Ikeji bahkan sudah membuat wesite sosial media sendiri dan yang sangat menarik adalah kehadiran Linda Ikeji TV yang bisa memberikan motivasi kepada para blogger bahwa blog kelak bisa memberikan "hal-hal menakjubkan" dalam kehidupan.

Blog Linda Ikeji
Blog Linda Ikeji, Artikel Yang Diposting Bulan Mei 2007

Baca Juga : APA YANG MEMBUAT ANDA MENJADI ANDA NANTI?

Kenapa Linda Ikeji saya masukkan dalam artikel "Tentang Para Master Blogger Yang Pada Menghilang" ini? Jawabannya adalah karena Linda Ikeji ini termasuk blogger lama, namun tidak ikut-ikutan hilang seperti 3 blogger yang saya sebutkan diatas. Saya berharap para master blogger yang "menghilang" tersebut bisa seperti Linda Ikeji yang selalu eksis di dunia maya. Semoga Sobat blogger sekalian tidak ikut menghilang juga ya?
Previous
Next Post »

25 komentar

  1. apa tren seorang bloger tidak seperti dulu lagi y bang.
    2010 kebawah saya denger2 adalah masa keemasan seorang bloger..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Sobat. Waktu itu blog saya juga pernah mendapatkan pagerank 4, pencapaian yang luar biasa untuk domain blogspot yang belum tenar waktu itu. Dan waktu itu juga momennya sangat pas, karena Adsense untuk pertama kalinya mensupport blog berbahasa Indonesia. Sayangnya saya sempat "mati suri", alias males-malesan, padahal waktu itu trafiknya bisa diatas 5000 per hari meski masih memakai blogspot.

      Hapus
  2. Waduh baru juga mau muncul masa mau menghilang sih. Semoga saja saya bisa konsisten dalam mengelola blog...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga sukses selalu mba Elin.

      Hapus
  3. apakah saya bisa mengelola blog secara berkelanjutan... saya berharap selalu diberikan rejeki di tempat lain agar selalu dapat berbagi...amiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga sukses dan gembira selalu Bang Ridwan Ahmad.

      Hapus
  4. Blogger diatas adalah seangkatan dengan saya. Masih banyak yang menghilang.
    Dunia internet ya seperti itu Mata sudah tidak kuat dilayar komputer. Mau-tidak mau harus undur diri. Sayapun nantinya juga seperti itu.
    Percayalah.. ada masanya lelah dan harus pergi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga hilangnya kita nanti bisa meninggalkan jejak kebaikan dan manfaat untuk sesama Sobat.

      Hapus
  5. Mungkin blogger seperti saya malah justru diharapkan untuk hilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe...ntar dicariin emak lho Sobat?

      Hapus
  6. saya sempat merasakan masa keemasan itu bang saya sempat po tiap bulan di tahun 2011 bahkan tahun 2013 diundang ke malaysia jadi pembicara di acara blogger disana, tapi blogger setelah tahun 2013 susah bang untuk dapat pendapatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tahun ini bisa kembali seperti masa-masa emas dulu lagi ya Bang Abd Kadir Rusdi.

      Hapus
    2. AAmiinn bang saya harus beli domain dulu sepertinya, nggak, bisa seperti dulu lagi , make blogspot saja

      Hapus
    3. Boleh begitu Bang Abd Kadir Rusdi, karena memang memakai domain sendiri memiliki banyak keuntungan. Tetapi kalau yg tetep pilih blogspot juga ndak masalah. Tergantung selera saja...dan juga tema blog yang dibuat. Kalau blog lebih pas memakai domain sendiri ya silahkan, kalau menggunakan blogspot pun tak masalah. Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  7. Wah, sejujurnya, dua tahun sebelumnya saya asing dengan master blogger di atas. Hanya baru-baru ini saya mendengar nama Juragan Cipir, sedang yang lainnya masih tetap asing.

    Saya mulai ngeblog sekitar akhir tahun 2012. Itupun tidak sengaja ketika membantu teman kantor membuat web perusahaan menggunakan CMS Joomla 1.6 waktu itu. Dari situ saya mulai mencoba ngeblog dengan CMS Joomla, bukan Blogger atau Wordpress yg umumnya digunakan para blogger Indonesia.

    Meskipun saya menguasai Blogger dan Wordpress sekarang ini, saya tetap menggunakan CMS Joomla sebagai platform blog saya. Baru akhir tahun 2016 saya mulai memberi perhatian pada SEO dan optimasi blog, sebelumnya hanya sekedar menulis dan mengunggah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...saya malah belum pernah menggunakan CMS Joomla, masih nyaman dengan blogger. Jadi saya ngikut "alirannya" Linda Ikeji, siapa tahu nanti bakal punya Stasiun Televisi sendiri seperti mpok Linda...hehehe

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beliau terkesan tidak konsiten,facebooknya juga gonta ganti

      https://m.facebook.com/CosaAranda3

      Hapus
    2. Saya jarang menggunakan Facebook Sobat Ivlay Fus, aksesnya terlalu lambat. Mungkin ada maksud tertentu dia gonta-ganti akun...hehehehe

      Hapus
  9. cosa aranda memiliki blog lain:
    http://cosaaranda.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...betul Sobat, tapi yang ada sejarah dan perjalanan Bang Cosa ya yang panduan dasar itu.

      Hapus
    2. Klo juragan cipir masih aktif anaknya sudah gede ya

      Hapus
    3. Jangan-jangan anaknya seorang blogger juga...hehehe

      Hapus
  10. Kalau Eka Leksmana gimana om, apakah blogger terkenal juga? Kabarnya dapat uang banyak pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang terkenal. Tapi karena fokus Bang Eka Lesmana adalah blog berbahasa Inggris, sehingga membuat rekan blogger kesulitan untuk merekam sepak terjangnya dan sejarahnya. Kalau yang saya sebutkan mereka rata-rata memiliki blog bahasa Indonesia atau sering diulas di blog bahasa Indonesia. Sehingga ada cerita yang sambung-menyambung.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya