7 Tips Sukses Ngeblog Bersama Mas Timon Adiyoso

09.55

Tips Sukses Ngeblog Dari Mas Timon

Tips sukses ini saya dapatkan setelah blogwalking ke blognya Mas Timon. Kebetulan ada sebuah video yang disematkan dalam blog Mas Timon Adiyoso. Video yang dirilis pada hari Kamis, tanggal 13 September 2018 tersebut sangat bermanfaat bagi blogger pemula. Dalam video yang diposting di Youtube tersebut, Mas Timon memberikan beberapa tips berharga untuk kita semua.

7 Tips Sukses Ngeblog Bersama Mas Timon Adiyoso
Tips Sukses Ngeblog Bersama Mas Timon Adiyoso

Sebelum memutuskan menjadi full-time blogger, Mas Timon dulunya adalah seorang Kepala HRD di sebuah perusahaan. Bahkan ia menceritakan bahwa dulu saat pertama kali bekerja, pernah merasakan pekerjaan sebagai office boy. Sebuah perjalanan karir yang sangat luar biasa dan bisa kita petik hikmahnya.

Nasihat Mas Timon Untuk Sobat Blogger

Berikut ini adalah beberapa poin menarik yang berhasil saya cerna dari video Mas Timon yang berjudul "Motivasi untuk Blogger Pemula". Semoga tips berikut ini bisa menambah semangat dan keyakinan Sobat blogger sekalian di seluruh penjuru maya. Tips sukses ngeblog dari Mas Timon adalah:

1. Fokus Pada Pengadaan / Penyediaan Konten Pada Blog

Bagi Sobat yang baru saja membuat blog jangan terlalu pusing memikirkan penghasilan yang bisa didapatkan dari blog. Lebih baik kita fokus dalam memperbanyak konten. Saat awal-awal ngeblog bukan waktu yang tepat untuk memikirkan uang.

Karena berdasarkan pengalaman Mas Timon sendiri mengatakan demikian. Dan ia baru bisa merasakan betul bahwa blog bisa menghasilkan uang saat tahun ke 6 dan 7. Selama 5 tahun ngeblog, Mas Timon belum merasakan penghasilan yang layak dari blog.

2. Ngeblog Dengan Menggunakan Komputer / Laptop, Meskipun Itu Laptop Jadul

Ngeblog dengan menggunakan PC atau Laptop jelas sangat direkomendasikan oleh Mas Timon. Meskipun Sobat bisa tetap menulis artikel dengan menggunakan Handphone. Namun, untuk optimasi blog yang lebih baik tentu akan lebih mudah dikerjakan menggunakan PC atau Laptop.

Tak masalah apabila Sobat hanya memiliki Laptop jadul. Yang penting perangkat tersebut masih berfungsi baik untuk menjalankan aplikasi browser dan masih enak digunakan saat mengetik artikel. Sedangkan perangkat seperti handphone hanya sebagai tambahan saja. Seperti untuk modem atau yang lainnnya.

3. Sering Searching dan Membaca Artikel Tentang Tutorial Blog

Menekuni aktifitas ngeblog tentu membutuhkan teknik atau tutorial tertentu. Tujuannya agar strategi yang dilakukan berdampak baik terhadap perkembangan blog yang dikelola.

Mas Timon menyarankan agar blogger sering mencari dan membaca artikel-artikel tentang blog. Ketimbang menanyakan atau berkonsultasi langsung melalui email, sms, atau media lainnya.

Baca Juga Artikel : CATATLAH IDE TULISAN, KARENA BLOGGER MUDAH LUPA!

Berdasarkan pengalaman, bertanya langsung pada seseorang yang kita tuju hasilnya kurang memuaskan. Karena biasanya orang yang diajak berkonsultasi tersebut tidak semua mau berbagi informasi seputar blog secara lengkap. Kadang hanya secuil tips saja yang didapatkan.

Kecuali apabila Sobat sudah memiliki hubungan yang apik dengan rekan-rekan blogger lainnya. Maka dengan mudah Sobat bisa memperoleh jawaban yang komplit perihal pokok bahasan yang ingin diketahui.

4. Langsung Menggunakan Domain TLD

Untuk hosting Sobat bebas memilih menggunakan self-hosting atau menggunakan hosting gratisan seperti blogspot. Namun, untuk domain sebaiknya langsung menggunakan TLD (berbayar) agar kelak tidak terjadi penurunan trafik. Yakni kalau Sobat harus migrasi dari domain gratisan ke domain berbayar.

Domain .com menjadi pilihan yang apik untuk kita ambil. Mengingat domain ini sudah cukup familiar dimata pengguna internet dan masih dianggap domain yang profesional.

Baca Juga Artikel : PANDUAN MENULIS ARTIKEL BLOG VERSI MAS DONDA

Itu semua tentu kembali kepada keyakinan Sobat. Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa banyak juga lho blog dengan domain gratisan yang memiliki trafik tinggi. Tapi, sesuai dengan arahan master Timon, sebaiknya kita menggunakan domain TLD (berbayar) tersebut.

5. Template Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Dalam memilih template blog sesuaikan dengan kebutuhan. Baik itu disesuaikan dengan tema blog, perhatikan juga hal-hal lainnya seperti kecepatan loading.

Mas Timon mewanti-wanti agar blogger pemula jangan merubah template (terlalu sering) karena akan mempengaruhi visitor. Akan lebih baik jika satu jenis template untuk seumur hidup.

Baca Juga Artikel : WOW! - TRAFIK BLOG INI BIKIN ANDA NGILER

Mungkin banyak diantara Sobat sekalian yang kurang setuju dengan anjuran Mas Timon tersebut. Namun, saya merasakan sendiri bahwa merubah template memang bisa mempengaruhi trafik blog. Karena bisa jadi kita lupa menambahkan atau melengkapi kode-kode tertentu yang sangat krusial bagi blog.

6. Mulailah Menuliskan Hal-Hal Yang Sobat Pahami

Ide tulisan bisa datang dari mana saja. Topik artikel pun sangat beragam dari mulai topik teknologi, kesehatan, gadget, kecantikan, dan lain sebagainya. Mas Timon pada awal-awal membuat blog lebih sering menuliskan tentang pengalaman pribadi.

Yah, pengalaman pribadi merupakan tulisan yang unik dan terlihat original dimata mesin pencari. Tidak disarankan melakukan re-write karena ujung-ujungnya adalah copy-paste. Dan copy-paste akan memperburuk kualitas blog Sobat di masa yang akan datang.

7. Jangan Begadang / Harus Memiliki Jam Kerja

Seperti layaknya karyawan di sebuah perusahaan seorang blogger wajib memiliki jam kerja yang diatur sesuai dengan profesi offline yang dijalani. Apabila Sobat adalah seorang pelajar atau mahasiswa, maka akan lebih mudah mengatur waktu yang pas untuk mengelola blog.

Pada umumnya pelajar atau mahasiswa akan menikmati masa libur study yang cukup lama dan bisa digunakan secara maksimal untuk memperbanyak konten blog.

Bagi Sobat yang sudah bekerja tentu akan lain ceritanya. Seabrek pekerjaan offline sering menguras waktu dan tenaga. Nah, Sobat bisa atur sesuai dengan kemampuan atau kesempatan yang ada. Tapi akan lebih baik jika ada waktu khusus minimal selama satu jam untuk menulis artikel.

Atau boleh saja Sobat update artikel seminggu sekali saat weekend. Tentu saja jumlah artikel yang dibuat harus lebih banyak.

Nah, bagi Sobat yang kebetulan pekerjaan offlinenya menggunakan komputer atau duduk lama di depan komputer, maka ini adalah kesempatan emas. Kuncinya selesaikan terlebih dahulu job yang menjadi kewajiban Sobat, gunakan sisa waktu jeda untuk menulis artikel.

Hemm...tapi bagi Sobat yang terbiasa begadang tentu sulit merubah jam kerja. Karena bagi sebagian blogger akan merasa nyaman dan fokus menulis artikel saat malam hari. Tidak ada suara bising atau gangguan ultrasonik lainnya...hehehe.

Meskipun begitu, Sobat wajib tetap menjaga kesehatan. Kenapa? Karena sehat itu nikmat, indah, dan lezat. Yah boleh sih begadang. Misalnya saat sedang liburan. Yang penting kita mesti semangat dan selalu care dengan kesehatan.

Kesimpulan

Sebagai seorang blogger harus mau bersabar, komitmen, dan sungguh-sungguh dalam bekerja. Dengan memberikan hal terbaik yang bisa kita lakukan niscaya kelak akan memperoleh hasil yang diimpikan.

Saat blog sudah mulai menghasilkan uang, maka akan semakin memotivasi diri blogger untuk lebih sukses lagi. Namun saat awal ngeblog fokus perhatian kita hendaknya dicurahkan untuk memperbanyak konten blog dan meningkatkan kualitasnya.

Demikianlah artikel 7 Tips Sukses Ngeblog Bersama Mas Timon Adiyoso ini saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Sobat sekalian dan salam sukses selalu.

[ Sumber: www.youtube.com]
Previous
Next Post »

31 komentar

  1. Wah... Suka banget, saya selalu suka baca yang kayak gini. Menginspirasi dan nambah semangat saya.
    Arigatou gozaimasu atas tips-tipsnya mas...😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arigatou juga Sobat Astria Tri Anjani. Semoga bisa menginspirasi dan menambah semangat ngeblog. Salam sukses selalu.

      Hapus
  2. Intinya kesuksesan dibangun melalui serangkaian proses yg dijalani dgn ketekunan dan kerja keras yg nnt nya akan membuahkan hasil yg setimpal. Mas Timon pun membutuhkan waktu selama 5 thn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bang Aris Armunanto. Setiap blogger wajib mencintai proses. Agar tak mudah bosan atau menyerah. Salam sukses selalu.

      Hapus
  3. Nomor 7 yang susah mas. soale siang kerja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting jangan terlalu sering begadang Bang Day. Karena kesehatan blogger perlu dijaga agar bisa terus berkiprah di dunia maya. Salam sukses selalu.

      Hapus
  4. Jam terbang saya masih rendah mas, salut dengan Mas Timon, patut ditiru. Perbanyak konten abaikan monetize, rejeki sudah ada yang mengatur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul Sobat Adi Pradana. Berkarya dan berbuat semampu kita, niscaya rezeki akan mengalir deras...Aamiin.

      Hapus
  5. Menginspirasi saya karena saya pemula

    BalasHapus
  6. No 2 paling nyakitin itu mz... :( no 5 juga belum tau pasnya gimana kikiki jadi ya usahain yang lain dulu, bw trimakasih sudah di rangkum tips sukses nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bertahap Kak Risna. Uang yang ada ditabung sedikit demi sedikit untuk menabung. Alhamdulillah, saya ngeblog juga memakai laptop kantor / tempat kerja...hehehe

      Hapus
    2. ooh gitu.. iya deh mz nanti InsyaAlloh Nyisihin dikit dikit

      Hapus
    3. Aamiin. Semoga sukses selalu Kak Risna.

      Hapus
  7. Yang nomer 7 tuh... berat. Saya kerja kantoran di depan komputer, tapi gak mungkin bisa nyuri waktu untuk ngurus blog. Bisa pulang kantor jam 7 malam saja sudah bagus. Padahal jam 8 pagi sudah kerja lagi. Pulang ke rumah, selalu capek dan langsung tidur. Jadi cuma bisa update blog tiap weekend doang. Menurut saya, yang namanya blogger profesional itu kerja full time, gak bisa cuma part time doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oleh karena itu saya lebih sering memakai kata blogger hebat, ketimbang blogger profesional. Kalau blogger hebat itu bisa tetap kerja offline, tapi blog juga keurus. Ada banyak Sobat blogger yang seperti itu. Contohnya Bang Hindro pemilik termasmedia, yang menurut saya sudah sangat sukses dengan blog yang dikelolanya. Enaknya blog adalah kita nggak ada deadline yang memaksa kita untuk melakukan sesuatu, beda dengan pekerjaan offline. Prinsipnya blog harus dengan senang, serius, dan gembira...Salam sukses selalu.

      Hapus
  8. Saya mengambil pelajaran penting di sini: mesti mempunyai jam kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meski pada awalnya berat Bang Akhmad, jam kerja membuat kita tetap fokus mengerjakan banyak hal dengan efektif dan efisien.

      Hapus
  9. bener banget tipsnya jangan begadang.. kalau begadang kadang jam tdr jadi kacau dan kitanya kurang sehat.. Wah banyak juga tipsnya yaa. mau diikutin ah biar sukses ngeblog hihi makasih kang doddy sharenya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama teh Vika. Sukses ya untuk Ratutips.com biar makin ngejreng...hehehe

      Hapus
  10. Lengkap motivasinya.. sayangnya sampe sekarang belum pernah sempat buat ganti domain TLD karena sibuk kerja.
    Rencana gajian bulan ini mau nyoba ganti. Makasih pembelajarannya

    BalasHapus
  11. Wah kalau soal template, saya sudah puluhan kali otak-atiknya. Mengikuti perkembangan jamanlah.
    Dan jika bicara soal artikel, saya jadi malu. Asal nulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asalkan tidak lupa edit kode penting di dalam template baru Sobat Djangkaru. Biasanya saat ganti template kode untuk deskripsi, keyword, atau lainnya banyak yang hilang. Ini mungkin salah satu hal yang membuat Mas Timon menyarankan agar kita jangan (terlalu sering) gonta-ganti template. Kuncinya kalau pembaca nyaman dengan suatu template, ya tidak ada salahnya untuk dipertahankan. Salam sukses selalu.

      Hapus
  12. Saya masih kurang paham nomor 2.😢
    Hemm...harus banyak baca lagi nih..
    Makasih artikelnya, bermanfaat banget. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hemm...saya yakin sebagian besar blogger setuju kalau ngeblog memakai laptop/PC terasa lebih nyaman, cepat, dan bisa optimasi maksimal.

      Hapus
    2. Sayapun merasakan Sobat UmmuSh, saat membalas komentar lebih cepat dan enak memakai laptop. Karena kelihatan juga semua tulisan tanpa harus scroll terlalu sering.

      Hapus
    3. Hehe. Saya salah ketik ternyata. Maksudnya kurang paham nomor 4😅


      Dan memang saya rasakan juga, ngeblog dg laptop/pc itu jauh lebih nyaman dibanding di hp.

      Hapus
    4. Hehehehe...gpp Sobat UmmuSh.

      Hapus
  13. terima kasih mas jadi semangat ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Bang Mawardi Ardi. Semoga suskes selalu..Aamiin.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya