Catatlah Ide Tulisan, Karena Blogger Mudah Lupa!

09.15
Salam sukses dan mulia!. Sobat blogger dan pembaca yang budiman, pada blog saya www.dodypurwanto.com kali ini saya tertarik untuk menuliskan artikel tentang betapa pentingnya mencatat ide-ide tulisan yang bisa muncul kapan saja. Hal ini perlu untuk saya sampaikan berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri yang gampang ingat tapi gampang juga lupa akan sesuatu.

Menulis artikel di malam hari sebelum beranjak tidur menjadi pilihan apik yang sering saya lakukan. Karena saat malam hari pikiran akan lebih rileks dan hati lebih tenang. Berbeda dengan saat-saat kita bekerja di kantor atau tempat lainnya yang kadang membuat kita tidak bisa fokus memikirkan artikel apa yang akan diposting hari ini.

Di malam hari pula saya sering mendapatkan banyak sekali ide untuk menulis artikel. Kalau boleh saya katakan, saya biasanya bisa memperoleh 5 - 10 ide tulisan, namun hanya 2 - 3 artikel saja yang baru mampu saya tuliskan. Sebabnya adalah karena kecepatan tangan manusia tak bisa menandingi kecepatan pikirannya. Pikiran bergerak secepat kilat, sedangkan tangan ketak-ketuk bergerak lebih lambat.

Gambar: palembang.tribunnews.com

Ide yang berharga buat blogger sebenarnya berkaitan dengan judul atau tema artikel. Jika ide judul artikel sudah muncul, maka saya akan lebih mudah menjabarkan dan merangkai isi artikel tersebut. Prinsip saya mengatakan bahwa ide tentang judul artikel adalah aset berharga bak intan berlian bagi seorang blogger.

Namun saya sering mudah lupa. Ketika judul sudah saya temukan, beberapa menit kemudian ide tentang judul artikel tersebut akan langsung hilang. Saya pun sering menyesal karena mengapa ide-ide itu tidak langsung saya catat dalam sebuah kertas atau buku saku kecil.

Tips mencatat ide tulisan ini sekarang sudah mulai saya lakukan. Meskipun belum saya buat artikelnya, dengan sudah tersedianya judul artikel saya akan lebih mudah untuk terus update artikel pada blog. Catatan tentang judul atau tema artikel akan banyak membantu blogger saat sedang bingung alias blank mau menulis tentang apa.

Saya teringat tentang sebuah informasi tentang 2 macam otak yang terdapat pada manusia. Menurut para ahli psikologi mengatakan bahwa otak manusia dibagi menjadi dua bagian, yakni otak sadar dan otak bawah sadar. Otak sadar memiliki ciri khas mudah lupa akan sesuatu hal, sedangkan otak bawah sadar menyimpan banyak sekali informasi dan kekuatan potensial manusia.

Ide tulisan yang tiba-tiba muncul merupakan hasil kerja dari otak atau pikiran bawah sadar manusia. Sedangkan otak sadar menterjemahkan semua hal tersebut menjadi gambaran baik dalam bentuk teks, visual, dan yang lainnya. Namun sekali lagi saya garis bawahi, bahwa kemampuan otak sadar untuk segera mengingat ide-ide tulisan sangat terbatas. Inilah mengapa alat bantu seperti pulpen dan kertas sangat diperlukan untuk menuliskan / menahan ide agar tidak hilang dari pikiran.

Blogger wajib membawa kemanapun ia pergi secarik kertas dan pulpen untuk merekam ide-ide yang bisa muncul secara tak terduga. Percayalah, saya yakin Sobat akan segera lupa jika tidak mencatatnya pada selembar kertas. Orang Eropa biasanya memasukkan jadwal meeting kerja pada buku agenda kecil yang mudah dibawa kemana-mana. Oleh karena itu segera catatlah ide tulisan, karena blogger mudah lupa. Semoga bermanfaat dan salam olahraga!.
Previous
Next Post »

8 komentar

  1. Kalau saya ide menulis itu muncul dari hasil photo-photo atau video yang saya rekam. Jadi saya menulisnya dengan berangan-angan dan membayangkan photo tersebut. Kalau pas lagi nafsu, sehari bisa lima artikel lebih. Jika loyo sebulan kadang tidak mau menulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu juga sering saya alami Sobat. Yang penting tetap jaga kesehatan dan jaga penghasilan. Dan karena hari ini mati lampu saya juga belum bisa update artikel lagi nih.

      Hapus
  2. Manusiawi sih om, mudah lupa adalah permasalahan semua orang. Berkaitan dengan karya tulis atau ide tulisan agar tidak terbuang begitu saja, nggak perlu repot2 bawa buku atau pena kemana mana om.

    Banyak aplikasi android bahkan apps bawaan HP yg bisa digunakan untuk menyimpan tulisan. Oh ya saran terbaik menggunakan aplikasi Google Keep, karena aplikasi ini dapat sinkron ke akun Google, jadi pas buka Gmail, tinggal masuk ke Keep Google, sudah ada tulisan nya di sana, gak perlu lagi kirim lewat email dan semacamnya. Kesimpulan, bawalah HP kemana pun kita pergi om. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...nah itu dia, HP saya terbatas memorynya. Kalau buat banyak nyimpen macem-macem bisa nge-hang. Sebenarnya yang penting dicatat dan boleh memakai media apa saja. Kalau saya biasanya ada pulpen dan selembar kertas yang nyantol di saku baju. Ya...dibikin fleksibel saja gitu.

      Hapus
  3. beuh,, sama aja mas dody, kadnag kita hari ini mau nulis A contohnyaa.. Ehhhh dengan berbagai alasan lupa nulis tuh di draftt.. keesokan harinya atau lusanya udah lupa deh mau nulis apa.. Jadi sebisa mungkin dicatat gtu yaaa.. nanti tinggal dikembangkan aja pas ada waktu luang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba Vika, blogger juga manusia. Kadang kunci kendaraan di kantongin saja suka masih dicariin. Saking lupanya :)

      Hapus
  4. Kasus yg sama dgn sy..gampang ingat gampang lupa..wkwk.
    Ditambah sy ini org nya ga mau ribet, walaupun sdh emak2 tapi kemana2 ga mau bawa tas gede, cukup tas yg bisa muat hp, uang, ktp, sim, atm..jika punya ide bikin artikel langsung buyar seketika..haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha...yang penting jangan sampai lupa sama anak-anak ya Sobat Desi.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya