Khasiat Daun Salam, Menyehatkan Jika Dikonsumsi Sesuai Aturan

20.23

Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat daun salam memang luar biasa. Daun salam merupakan salah satu rempah yang sangat terkenal di masyarakat Indonesia. Daun salam biasanya digunakan oleh kaum ibu untuk memasak agar makanan yang dihasilkan memiliki rasa yang lebih gurih dan nikmat.

Daun salam ini akan menghasilkan aroma makanan yang wangi dan menarik. Berbagai menu makanan masakan Bunda jadi terasa lebih sedap dan menggugah selera dengan menambahkan daun salam.

Khasiat Daun Salam
Khasiat Daun Salam

Daun salam dalam bahasa latin dikenal dengan istilah Syzygium Polyanthum yang pohonnya hidup di daerah tropis seperti Indonesia. Dan memang negara kita terkenal dengan rempah-rempahnya yang khasiatnya sudah terkenal di seluruh penjuru dunia. Bahkan dulu negara Eropa banyak yang tertarik dengan sumber daya alam dari negara kita.

Beberapa Khasiat Daun Salam Yang Perlu Diketahui

Ternyata daun salam memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan tubuh manusia jika dikonsumsi sesuai aturan. Khasiat daun salam ini antara lain:

#1: Obat Sakit Diare

Cara penggunaannya adalah dengan menyiapkan 20 lembar daun salam yang sudah dicuci, kemudian air sebanyak 2 liter, serta 2 sendok makan garam. Rebuslah ketiga bahan tersebut hingga mendidih dan minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari sampai diare anda sembuh.

#2: Obat Sakit Maag

Cara penggunaannya adalah dengan merebus 15 lembar daun salam dengan 2 liter air dan tambahkan gula aren secukupnya. Kemudian minumlah ramuan rebusan daun salam tersebut untuk mengobati sakit maag Anda secara teratur.

#3: Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cara penggunaannya adalah dengan merebus 15 lembar daun salam dengan 3 gelas air sampai mendidih. Rebus terus sampai tersisa hingga 1 gelas air rebusan daun salam. Minumlah secara teratur sampai tekanan darah Anda menurun.

#4: Dapat Mengobati Gangguan Pernapasan

Ekstrak minyak esensial dari daun salam dapat Anda campurkan ke dalam salep dan balurkan ke wilayah seputar dada. Dengan tujuan untuk membantu meringankan berbagai gangguan kondisi pernapasan.

Daun salam yang sudah ditumbuk bisa dijadikan sebagai obat dengan mengoleskannya di dada. Kemudian Anda biarkan selama semalam. Selain itu, dengan menghirup uap daun salam memiliki efek yang mirip dengan aromaterapi.

Dan dapat juga mencairkan dahak, menghilangkan bakteri berbahaya yang terperangkap di saluran pernapasan. Perlu Anda ketahui, bahwa daun salam ini memiliki kualitas antibakteri yang alami.

Perhatikan Cara Mengkonsumsi Daun Salam

Daun salam dan minyak daun salam kemungkinan aman untuk dikonsumai bagi kebanyakan orang dalam jumlah yang tepat. Namun, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daun salam dalam keadaan utuh.

Baca Juga : Agar Daging Cepat Empuk Saat Sedang Direbus

Daun salam utuh tidak bisa dicerna, jadi tetap utuh saat melewati sistem pencernaan. Cara yang paling aman adalah dengan meminum air rebusan daun salam. Atau bisa juga ditumbuk dan dijadikan sebagai teh.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Manusia Secara Alami

Itulah beberapa khasiat daun salam bagi kesehatan tubuh manusia. Sampai saat ini daun salam masih diteliti untuk berbagai macam pengobatan penyakit lainnya. Semoga Anda beserta keluarga selalu dalam keadaan sehat dan gembira. Salam sukses selalu.

Sumber :

Previous
Next Post »

4 komentar

  1. menarik banget infonya mas.. bisa nih saya praktikkan untuk dapat khasiatnya.. salam sehat

    www.ipung.net

    BalasHapus
  2. Saya baru tahu manfaatnya sebanyak itu, biasanya ibu pakai buat bumbu dapur dan di masak dwngan kuah.
    Rasanya enak banget....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...sama Mba Astria. Saya juga baru tahu.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Komentar Pengunjung Blog