Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Penunjang Produktifitas Keluarga

07.55

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Yang Dibutuhkan Anggota Keluarga

Makanan 4 sehat 5 sempurna menjadi sebuah panduan penting bagi kita semua. Agar senantiasa memperhatikan makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi anggota keluarga dalam keseharian. Sehingga kebutuhan gizi keluarga akan tercukupi dengan baik dan akan meningkatkan kualitas kesehatan mereka.

Makanan sehat yang biasanya kita kenal dengan slogan 4 sehat 5 sempurna tercetus sudah sejak tahun 1950. Dan sebagai pencetusnya yaitu Prof. Poerwo Soedarmo sebagai bapak gizi Indonesia. Sehingga, slogan tersebut senantiasa menjadi petunjuk bagi kita dalam menyiapkan sumber gizi utama keluarga.

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Keluarga
Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Makanan 4 sehat 5 sempurna terdiri dari:
  • Makanan Pokok, sebagai sumber karbohidrat.
  • Lauk Pauk, sebagai sumber protein.
  • Sayur Mayur, sebagai sumber vitamin dan mineral.
  • Aneka Buah, sebagai sumber vitamin dan mineral.
  • Susu, sebagai sumber vitamin dan mineral yang sangat komplit dan juga berbagai zat penting lainnya yang tidak terdapat pada buah-buahan dan sayur mayur.
Makanan pokok untuk orang Indonesia adalah nasi sebagai sumber karbohidrat. Yang akan diproses oleh tubuh menjadi energi. Lauk pauk misalnya daging, ikan, tahu, tempe, sebagai sumber protein yang juga turut andil dalam pembentukan energi tubuh manusia.

Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Jantung Manusia

Aneka buah dan sayuran menjadi makanan penyeimbang. Mengingat dalam buah-buahan dan sayuran terkandung vitamin dan mineral. Yang sangat diperlukan dalam meregenerasi sel-sel tubuh agar menjadi bugar kembali. Kemudian susu sebagai pelengkap. Karena dalam susu terdapat zat-zat penting yang tidak terdapat dalam buah maupun sayuran.

Makanan Adalah Rezeki Dan Harus Diperhatikan Kualitasnya

Manusia diizinkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa untuk hidup di muka bumi ini dan melangsungkan kehidupannya. Untuk itu, manusia memerlukan bahan-bahan asupan yang bisa dimanfaatkan. Manusia memerlukan makanan.

Dengan makanan yang ia makan, manusia memperoleh energi atau tenaga. Makanan yang sehat sangat berguna sebagai penunjang produktifitas keluarga. Apalagi untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Sumber gizi yang mereka dapatkan tentu harus lengkap dan seimbang.

Yang dimaksud dengan makanan ialah segala sesuatu yang digunakan (dikonsumsi) oleh manusia supaya dapat hidup sehat. Zat makanan yang diperlukan oleh tubuh manusia ada dalam makanan 4 sehat 5 sempurna tersebut diatas. Zat-zat makanan yang baik harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
  • Harus ada perbandingan yang baik antara zat makanan pokok, yakni: karbohidrat, protein, dan lemak.
  • Protein yang masuk harus cukup banyak dan mengandung asam amino.
  • Harus cukup mengandung vitamin.
  • Harus cukup mengandung garam mineral.
  • Harus mudah dicerna oleh organ pencernaan manusia.
  • Tidak mengandung pengawet, pemanis buatan, maupun zat-zat lainnya yang dilarang digunakan dalam makanan.
  • Harus bersifat higienis.
Dengan terpenuhinya syarat-syarat tersebut, maka makanan yang kita konsumsi akan memberikan manfaat maksimal bagi kesehatan tubuh manusia. Dan mendukung pertumbuhan serta perkembangan organ-organ tubuh manusia sehingga dapat berfungsi dengan baik. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu.

Sumber Gambar : herosupermarket.co.id
Previous
Next Post »
0 Komentar

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya