Kandungan Gizi Pada Makanan, Berkurang Karena Proses Pengolahan

17.11

Kandungan Gizi Pada Makanan Bisa Berkurang Karena Proses Pengolahan

Kandungan gizi pada makanan menjadi penting untuk tetap dipertahankan. Sehingga makanan yang dikonsumsi tersebut dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Yakni untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia akan karbohidrat, protein, vitamin, dan zat-zat penting lainnya yang diperoleh dari makanan.

Kandungan Gizi Pada Makanan Perlu Dijaga
Kandungan Gizi Pada Makanan Perlu Dijaga

Agar makanan dapat dikategorikan layak dan sehat untuk dikonsumsi oleh manusia maka makanan tersebut akan diolah atau diproses dengan tahapan atau cara tertentu. Proses ini tentu wajib memperhatikan tata cara dan anjuran para ahli gizi.

Baca Juga : Macam Vitamin Dan Fungsinya, Penting Untuk Diketahui

Namun terkadang proses pengolahan makanan yang salah dapat menyebabkan kandungan gizi dari makanan tersebut berkurang. Hal inilah yang membuat makanan yang dikonsumsi tidak memberikan manfaat maksimal bagi tubuh.

Faktor-Faktor Penyebab Berkurangnya Kandungan Gizi Pada Makanan

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan berkurangnya kandungan gizi pada makanan:
1. Memasak bahan makanan
Mencuci beras secara berlebihan (berkali-kali) akan banyak menghilangkan kandungan vitamin B pada beras. Menanak nasi dengan cara direbus dahulu akan melarutkan sebagian vitamin dan mineral.

Begitu juga dengan sayuran yang dicuci setelah dipotong-potong akan menyebabkan hilangnya sebagian zat makanan. Maka langkah yang benar adalah dengan mencuci buah dan sayuran, kemudian memotong-motong buah dan sayuran tersebut sesuai dengan kebutuhan.

2. Menjemur makanan
Vitamin C dan Vitamin B2 pada makanan akan rusak karena proses oksidasi. Hindari menaruh makanan pada tempat yang terkenan paparan sinar matahari secara langsung.

3. Pengeringan
Pengeringan pada ikan atau daging yang berlemak akan menimbulkan ketengikan karena proses oksidasi.

4. Pengalengan
Proses pengalengan yang tidak higienis akan menimbulkan bakteri dan jamur sehingga akan meracuni makanan dan tidak layak untuk dikonsumsi.
Dengan memperhatikan pengolahan bahan makanan secara baik dan benar, maka manfaat dan kandungan gizi pada makanan akan tetap utuh dan tidak terbuang percuma. Sehingga Anda akan menyajikan masakan yang benar-benar sehat dan bergizi untuk keluarga.

Semoga artikel kandungan gizi pada makanan ini, berkurang karena proses pengolahan ini bermanfaat untuk Anda. Salam sehat dan gembira.

Sumber Gambar : cobektv.blogspot.com
Previous
Next Post »
0 Komentar