Doa Agar Kita Senantiasa Istiqamah Di Jalan Allah

11.25

Doa Agar Kita Senantiasa Istiqamah Di Jalan Allah

Doa agar senantiasa istiqamah di jalan Allah ini semoga bisa menjadi penguat niat baik kita semua. Yang terus mengharapkan agar pikiran, hati, dan perbuatan senantiasa berada dalam ketaatan kepada Allah Yang Maha Pemurah. Istiqamah merupakan salah satu karunia yang indah bagi orang-orang yang beriman kepada-Nya.

Pengertian istiqamah sendiri ada berbagai macam uraian atau penjelasannya dari beberapa Ulama. Secara garis besar istiqamah memiliki arti konsisten dalam melakukan kebaikan. Orang yang konsisten dalam melakukan kebaikan berarti ia senantiasa berada dalam ketaatan kepada Allah swt. dan berusaha untuk menjauhi larangan-larangan-Nya.

Para Ulama mengatakan bahwa istiqamah ini merupakan hal yang sangat istimewa. Kebaikan sekecil apapun, apabila kita istiqamah, akan memberikan manfaat dan keberkahan yang luar biasa. Misalnya, Anda terbiasa membaca Al-Quran lima ayat setiap selepas shalat Isya.

Baca Juga : Dzikir Untuk Menarik Rezeki

Istiqamah Melakukan Kebaikan Meski Terlihat Sepele

Perbuatan baik tersebut dilakukan terus-menerus setiap hari tanpa putus (kecuali dalam keadaan tertentu / darurat). Maka hal tersebut merupakan hal yang sangat mulia. Sehingga pikiran dan hati semakin rindu untuk terus membaca Al-Quran, yang semula hanya beberapa ayat, kemudian bertambah kuantitas dan kualitasnya.

Baca Juga : Dzikir Shalawat Nariyah

Ada juga orang yang melakukan kebaikan yang terlihat sepele. Seperti membuang paku yang kebetulan sering Anda temukan saat di jalanan. Anda terus lakukan hal itu tanpa paksaan, tergugah karena niat membantu orang lain agar tidak kesusahan.

Kemudian, ada juga saudara kita yang rela dan tergerak hatinya untuk memungut sampah yang berserakan di jalan. Hal-hal tersebut juga merupakan kebiasaan-kebiasaan baik yang bisa diterapkan setiap waktu. Maka, istiqamah dalam hal-hal yang terlihat sepele itupun InsyaAllah terkandung berkah yang luar biasa.

Dalam QS. Ali Imran [3]: 8-9, Terdapat Permohonan Agar Selalu Istiqamah

Doa berikut ini bisa kita amalkan sebagai usaha agar kita selalu berada dalam keadaan istiqamah di jalan Allah Yang Maha Memberi Petunjuk. Berikut doanya:

Doa Agar Kita Senantiasa Istiqamah Di Jalan Allah

Rabbanaa laa tuzighquluu banaa ba'da idzhadaitanaa wa hablanaa mil ladunka rahmah, innaka antal wahhaab. Rabbanaa innaka jaami'un-naasi liyaumil laa raibafiihi, innallaaha laa yukhliful mii'aad.

Artinya:

"(Mereka berdoa): 'Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi (karunia). Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya.' Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji."

Semoga kita termasuk orang yang selalu diberikan rezeki, berupa pikiran / hati yang condong kepada ketaatan, kebaikan. Dengan demikian sekecil apapun hal-hal baik yang dilakukan dengan tekun atau disiplin, akan mendatangkan pahala, berkah, dan kemuliaan disisi Allah Yang Maha Mulia. Aamiin.

Previous
Next Post »
0 Komentar