Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya Yang Perlu Diketahui

08.44

Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Perangkat keras komputer menjadi hal yang wajib untuk dipahami sebelum kita bekerja menggunakan komputer. Terutama untuk mulai mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka, agar setiap pekerjaan yang sedang dijalani berlangsung optimal sesuai SOP perusahaan.

Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Perangkat keras komputer atau hardware adalah perangkat pada komputer yang berbentuk fisik. Yakni dapat disentuh, diraba, atau terlihat dengan indera fisik lainnya. Perangkat keras komputer harus berfungsi dengan baik agar aplikasi perkantoran yang akan dijalankan dapat bekerja maksimal.

Beberapa Jenis Perangkat Keras Komputer

Berikut ini merupakan jenis perangkat keras komputer berdasarkan fungsinya:

1. Perangkat Masukan (Input Device)

Merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan perintah atau data ke dalam sistem komputer. Contoh perangkat masukan antara lain:

1. Keyboard

Berfungsi untuk mengetik huruf, angka, dan perintah-perintah tertentu pada komputer. Keyboard atau papan ketik saat sudah banyak yang menggunakan teknologi nirkabel seperti tersambung dengan bluetooth. Sehingga kita dapat bekerja di sudut manapun di sebuah ruangan.

2. Mouse

Berfungsi untuk menjalankan perintah seperti klik kiri, klik kanan, menggerakkan pointer, serta perintah-perintah lainnya sesuai jenis aplikasi yang sedang digunakan.

3. Mikrofon

Berfungsi memasukkan data suara ke dalam sistem komputer. Seperti pada aplikasi pengedit video atau aplikasi-aplikasi khusus lainnya.

2. Perangkat Pemrosesan (Process Device)

Perangkat ini merupakan mesin utama dari sebuah komputer. Pada umumnya terdiri dari beberapa bagian. Yakni CPU, RAM, motherboard, VGA Card, power supply, casing unit.

Video Tentang Perangkat Keras Komputer

Pada komputer desktop, bagian yang ada dalam process device dapat dikustomasi sesuai kebutuhan. Misal dengan menambahkan kapasitas RAM seperti pada komputer khusus gaming.

3. Perangkat Keluaran (Output Device)

Perangkat ini berfungsi untuk menampilkan data yang ingin kita lihat, dengar, atau ubah sesuai kebutuhan. Contoh perangkat keluaran antara lain monitor, speaker, printer, dan lain sebagainya. Perangkat keluaran saat ini dijual dipasaran dengan model dan harga yang bervariasi.

4. Perangkat Penyimpanan (Storage Device)

Berfungsi untuk menyimpan data ke dalam format tertentu. Perangkat penyimpanan ini dibuat dengan tujuan memudahkan pengguna dalam mengamankan data-data. Karena perangkat penyimpanan dapat dengan mudah dibawa kemana saja. Beberapa jenis perangkat penyimpanan antara lain:

1. Penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk)

Penyimpanan magnetik adalah perangkat penyimpanan data yang termasuk penyimpanan penyimpanan (secondary storage) yang paling banyak digunakan pada sistem komputer modern.

  • HARDDISK
  • FLASHDISK
  • KARTU MEMORI
  • ZIP DRIVE

2. Penyimpanan Optik (Optical Disk)

Penyimpanan optik adalah media yang menyimpan data komputer yang bisa ditulis dan dibaca dengan menggunakan laser bertenaga rendah. Berbagai media dari Magnetic Disk:

  • CD
  • CD ROM
  • CD-RW (Compact Disk Rewriteable)
  • DVD (Digital Video Disc)

3. Penyimpanan Awan

Cloud Storage adalah media yang relatif baru, menggunakan media online dan tidak menggunakan kapasitas memori perangkat kita sendiri. Hal ini karena mereka menggunakan penyimpanan yang ada di Internet. Beberapa perusahaan seperti Google menyediakan jasa penyimpanan awan secara gratis dan dapat diandalkan.

Sumber:

  1. mirakhaerunisa.wordpress.com
  2. perangkatkeraskomputerhardware.blogspot.com
  3. www.youtube.com

Previous
Next Post »
0 Komentar

Pengikut Blog Ini