Pengertian SOP dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

14.02

Pengertian SOP Menjadi Penting Untuk Dipahami

Pengertian SOP menjadi penting untuk dipahami. Terutama bagi karyawan di suatu perusahaan, instansi pemerintah, atau berbagai bentuk organisasi bisnis lainnya. Sebelum kita menjalankan suatu tugas di bidang apapun.

Termasuk yang berkaitan dengan pemakaian suatu perangkat (komputer, printer, mesin fotokopi, telepon, dan lain-lain), diperlukan pemahaman yang baik agar Anda tidak salah dalam mengoperasikannya.

Pengertian SOP
Pengertian SOP dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Oleh karena itu SOP diperlukan agar pekerjaan sehari-hari di instansi manapun dapat berjalan aman dan lancar. Terhindar dari kesalahan-kesalahan yang dapat merugikan kinerja perusahaan. Sehingga tercipta budaya kerja yang efektif dan efisien.

Pengertian SOP Menurut Beberapa Ahli

SOP (Standard Operating Procedure) pada dasarnya adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada di dalam suatu organisasi. Yang digunakan untuk memastikan bahwa semua keputusan dan tindakan, serta penggunaan fasilitas-fasilitas proses yang dilakukan oleh orang-orang di dalam organisasi. Yang merupakan anggota organisasi agar berjalan efektif dan efisien,
konsisten, standar dan sistematis (Tambunan, 2013: 86).

SOP atau yang diterjemahkan menjadi PSO (Prosedur Standar Operasi) adalah sistem yang disusun untuk memudahkan, merapikan, dan menertibkan pekerjaan. Sistem ini merupakan suatu proses yang berurutan untuk melakukan pekerjaan dari awal sampai akhir (Ekotama, 2011: 19).

SOP dibuat dengan tujuan untuk menyederhanakan suatu pekerjaan supaya berfokus pada intinya, tetapi cepat dan tepat. Dengan cara seperti ini, keuntungan akan  mudah diraih, pemborosan diminimalisir dan kebocoran keuangan dapat dicegah.

Hal ini biasa diterapkan pada perusahaan yang kompetitif yakni perusahaan yang semua pekerjaan bisa diselesaikan secara tepat waktu (Ekotama, 2011: 20). Jadi, dapat kita pahami bahwa SOP dibuat untuk menyederhanakan proses kerja supaya hasilnya optimal tetapi tetap efisien.

Paradigma governance membawa pergeseran dalam pola hubungan antara pemerintah dengan masyarakat sebagai konsekuensi dari penerapan prinsip-prinsip corporate governance. Penerapan prinsip corporate governance juga berimplikasi pada perubahan manajemen.

Contohnya di lembaga pemerintahan yang kini menjadi lebih terstandarisasi. Artinya ada sejumlah kriteria standar yang harus dipatuhi instansi pemerintah dalam melaksanakan aktivitas-aktivitasnya. Standar kinerja ini sekaligus dapat untuk menilai kinerja instansi pemerintah secara internal maupun eksternal. Standar internal yang bersifat prosedural inilah yang disebut dengan Standar
Operasional Prosedur (SOP).

Manfaat SOP Bagi Sebuah Organisasi

Manfaat SOP adalah dapat memberikan acuan terkait dengan kegiatan-kegiatan yang dijalankan dalam organisasi. Agar berjalan efektif, sehingga membantu organisasi untuk mencapai tujuannya, baik yang bersifat jangka pendek maupun jangka panjang.

Manfaat SOP sebagai pedoman didalam suatu organisasi adalah:
1. Menjadi Pedoman Kebijakan
2. Menjadi Pedoman Kegiatan
3. Menjadi Pedoman Birokrasi
4. Menjadi Pedoman Administrasi
5. Menjadi Pedoman Evaluasi Kinerja
6. Menjaga Keterpaduan Antar Berbagai Lini Organisasi

Tujuan SOP Bagi Sebuah Organisasi

Tujuan SOP sangat bergantung pada visi dan misi yang ditentukan oleh masing-masing organisasi. Pada organisasi bisnis, SOP tentu saja memiliki tujuan yang secara garis besar sama. Yakni memaksimalkan penggunaan berbagai sumber daya perusahaan agar tercapai keuntungan.

Tujuan SOP diantaranya adalah:

  • Untuk menjadi pedoman dalam penyelenggaraan pelayanan.
  • Untuk menjadi acuan bagi para pejabat/staf pada masing-masing seksi/bagian dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi dan kewenangannya.
  • Untuk menjadi pedoman dan mensinergikan berbagai tugas pokok dan fungsi di suatu organisasi.
  • Merupakan paramater atau tolak ukur untuk menilai mutu pelayanan.
  • Sebagai standarisasi cara / metode yang dilakukan anggota (pegawai) dalam menyelesaikan pekerjaan khusus, sehingga dapat mengurangi kesalahan dan tidak terjadi kelalaian dalam bekerja.
  • Membantu anggota (pegawai) menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen sehingga mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses kerja sehari-hari.
  • Meningkatkan akuntabilitas dengan melaporkan dan mendokumentasikan hasil dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.
  • Menciptakan ukuran standar kinerja sehingga memudahkan anggota organisasi dalam memperbaiki, mengevaluasi dan meningkatkan kinerjanya.

Demikian artikel tentang Pengertian SOP dan Manfaatnya Bagi Perusahaan. Semoga bermanfaat. Salam sehat selalu.

Sumber:
  • http://eprints.walisongo.ac.id/1928/3/091311032_Bab2.pdf
  • https://lamongankab.go.id/wp-content/uploads/sites/68/2014/04/STANDAR-OPERASIONAL-PROSEDUR.pdf
  • https://sahabatnesia.com/contoh-sop-perusahaan/
  • https://promise.co.id/apa-itu-sop-memahami-standard-operating-procedure-sop-itu-adalah/
Previous
Next Post »
0 Komentar