Tips Sukses Bisnis Perabotan Rumah Tangga

11.43

Menjadikan Bisnis Perabotan Rumah Tangga Sebagai Sumber Penghasilan

Untuk menjadi orang kaya, bisnis memang suatu jalan yang masuk akal untuk ditekuni. Karena jika Anda ingin kaya tetapi masih saja beraktivitas sebagai karyawan untuk orang lain, Anda seperti telah membuang banyak waktu. Anda juga tidak memiliki kesempatan yang baik untuk meningkatkan penghasilan.

Bisnis Perabotan Rumah Tangga
Bisnis Perabotan Rumah Tangga

Dalam berbisnis hendak memperhatikan faktor resiko yang dihadapi sebanding dengan keuntungan yang akan diperoleh dalam berbisnis. Salah satunya adalah keputusan untuk menjual barang yang harus habis hari itu juga seperti makanan atau menjual barang-barang yang tidak akan kadaluarsa dan awet dalam waktu yang lama. Naluri dan logika berpikir matang kita akan diuji dengan pilihan seperti ini.

Menjual peralatan atau perlengkapan rumah tangga adalah salah satu pilihan yang dapat kita ambil untuk menunjang bisnis. Barang-barang seperti sapu, ember, keranjang, tempat sampah, meja alas untuk menyetrika baju, gayung, jengkok, dan lain-lain dapat kita jadikan komoditi yang kita unggulkan.

Berbeda dengan makanan peralatan rumah tangga akan tetap awet sepanjang diletakkan pada tempat yang bersih, tidak lembab, dan bebas dari rayap maupun serangga berbahaya lainnya. Sehingga Anda akan terhindar dari resiko terbuangnya produk secara tidak produktif seperti pada bisnis kuliner.

Berapa modal usaha perabotan rumah tangga?. Untuk menentukan besarnya modal awal usaha perabot rumah tangga adalah tergantung dari skala usaha yang ingin Anda jalankan. Untuk ukuran usaha kecil menurut berbagai sumber dibutuhkan modal awal sebesar 5 sampai 10 juta rupiah.

Modal sebesar itu adalah untuk pembelian barang yang akan dijual saja. Tentu diluar biaya yang harus Anda keluarkan untuk tempat usaha, etalase, dan lain sebagainya. Dengan budget tersebut Anda dapat memajang perabotan seperti gelas, piring, sapu, pel, kuawali, panci, gayung, ember, rak, gantungan, atau jenis lainnya sesuai analisa barang apa yang menurut Anda paling banyak dibutuhkan.

Berbagai Macam Perabotan Rumah Tangga
Berbagai Macam Perabotan Rumah Tangga

Belanja Perabot Murah Di Pasar Jatinegara Jakarta Timur

Dilansir dari halaman peluangusaha.kontan.co.id, ada salah satu sentra perabotan murah yang bisa Anda jadikan sebagai tempat berbelanja. Sentra perabotan rumahtangga merupakan satu dari sekian banyak sentra produk lain di kawasan Pasar Jatinegara, Jakarta Timur.

Kemudian, pusat perabotan rumah tangga ini ternyata sudah di Pasar Jatinegara sejak tahun 1980-an silam. Lokasinya tidak jauh setelah Halte Bus Transjakarta Pasar Jatinegara. Sentra ini berada di pinggir Jalan Pasar Jatinegara.

Ada puluhan pedagang yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Sebagai pusat perabotan rumahtangga, tempat tersebut menjual hampir semua jenis perabotan rumahtangga. Mulai dari perabotan kecil, seperti kemoceng, gantungan baju, dan keset, hingga perabot besar semisal lemari kabinet dan tempat tidur. 


Selain itu, juga banyak dijual produk-produk elektroknik rumahtangga, semacam kipas angin, setrika, dan rice cooker. Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha perabot rumah tangga plastik, sentra perabotan di Pasar Jatinegara ini bisa Anda jadikan tempat kulakan yang murah.


Bukan hanya menjual aneka perabotan murah, di Pasar Jatinegara ini Anda juga dapat membeli kebutuhan sandang lainnya seperti sepatu, sandal, ataupun pakaian. Tak heran jika kawasan Pasar Jatinegara ini menjadi salah satu tempat yang sangat ramai dikunjungi.

Tips Sukses Bisnis Perabotan Rumah Tangga

Ada beberapa tips yang harus kita perhatikan apabila ingin sukses menjalankan Bisnis Perabotan Rumah Tangga ini:

Tips #1: Analisa Usaha

Sebelum memulai usaha ini sebaiknya Anda harus meneliti peluang bisnis Bisnis Perabotan Rumah Tangga ini di lokasi yang akan Anda jadikan lapak berjualan perabotan rumah tangga. Seberapa besar persaingan atau adakah pemain yang sama dalam radius 1-2 km?.

Kemudian Anda juga harus memperhatikan siapa saja konsumen yang akan membeli produk Anda. Apabila lokasi toko terletak di dalam pasar, berarti Anda sudah berada di tempat yang sangat tepat untuk menjalankan bisnis ini. Karena target konsumen terpenuhi, yakni kaum perempuan yang notabene membutuhkan perabotan rumah tangga.

Tips #2: Dengarkan Keluhan Konsumen

Dengarkan Konsumen Anda Ketika banyak pelanggan yang menanyakan suatu produk yang ternyata tidak tersedia di toko Anda, maka Anda wajib mengikuti permintaan produk tersebut. Anda tidak harus menyediakan barang tersebut dalam jumlah yang banyak, yang penting konsumen dapat dilayani dengan baik.

Tips #3: Berikan Bonus Garansi Produk

Jika Anda seorang pebisnis sejati, Anda tak ragu-ragu untuk memberikan garansi produk. Meskipun hanya untuk sebuah sapu, dengan diberikan misalnya garansi kerusakan selama seminggu, niscaya ini menjadi daya tarik tersendiri dihati konsumen.

Tips #4: Pembukuan Usaha Yang Rapi

Pembukuan Yang Rapi Catatan transaksi harus ada meskipun pada hari itu hanya ada satu atau dua orang pelanggan yang berbelanja di toko Anda. Anda dapat mendayagunakan peralatan IT untuk menganalisa produk-produk mana saja yang sangat digemari konsumen. Jangan sampai produk yang laris terbeli tersebut sampai kehabisan stok.

Tips #5: Promosikan Usaha Anda

Promosikan Usaha Anda Meskipun sudah memiliki pelanggan tetap, Anda wajib memperhatikan layanan purna jual yang dilakukan terus-menerus dengan cara menggabungkan kegiatan tersebut sekaligus melakukan promosi.

Anda dapat memanfaatkan blog, media sosial, WA, untuk semakin dekat dengan konsumen. Diharapkan konsumen akan mudah menghubungi toko Anda, saat mereka ingin menanyakan ketersediaan suatu produk.

Sekian dulu artikel Tips Sukses Bisnis Perabotan Rumah Tangga ini, mudah-mudahan memberikan manfaat bagi Anda yang akan menjalankan bisnis ini. Dengan demikian kita berharap bisnis Anda akan memberikan rasa nyaman kepada para pelanggan.


Dan InsyaAllah Anda memperoleh keuntungan yang sangat besar dan berkah saat barang tersebut laku terjual. Meski tak secepat makanan, namun jika variasi barang yang dijual beragam, maka akan menyamai penghasilan dari bisnis makanan alias kuliner.
Previous
Next Post »

13 komentar

  1. harus di promosikan biar laris manis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laris manis bak kacang goreng dan cilok, hehehe.

      Hapus
    2. 10-30 % Sobat :). Sesuaikan dengan minat pelanggan juga.

      Hapus
  2. kalo di kampung saya, saya sering lihat ada yg berkeliling menggunakan mobil bak terbuka Pak yg isinya perabotan rumah tangga. Mungkin yg jualan tsb sdh memperkirakan resiko dan keuntungan yg didapat itu yah pak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di kampung-kampung memang banyak yang begitu, mengingat jarak rumah yang satu dengan yang lain berjauhan. Sehingga para pebisnis ini mengambil inisiatif jemput bola, tetapi rata-rata mereka juga punya toko.

      Hapus
  3. Ada yg bilang, sisi bisnis yg paling sulit adl marketingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam banyak hal memang demikian Bang Aris Armunanto. Namun, kadang para pebisnis lupa akan satu hal. Bahwa selalu memberikan pelayanan terbaik kepada customer adalah promosi paling ampuh.

      Hapus
  4. Saya berencana membuka usaha perabotan, tp masih kesulitan mencari distribuyornya. Apakah punya kontak para distributor yg bisa kirim barang ke daerah indramayu? terima kasih

    BalasHapus
  5. Bisnis perabotan rumah tetangga termasuk bisnis yang cukup menjanjikan. Selain itu juga minim resiko, maksudnya barang-barang yang dijual tahan lama dan nggak bakalan kadaluarsa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, betul Bang Defi. Jadi, ada waktu bagi pebisnis untuk mengembangkan bisnis tanpa rasa khawatir.

      Hapus
  6. Pak mau minta pendapat soalnya rencana mau buka alat dapur kira* modal buat ngisi toko sma mobil pick up buat keliling 75jt cukup nggk pak.. Mohon di bls ya pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah cukup Pak :). Semoga sukses dan berkah...Aamiin.

      Hapus