Tips Mengerjakan Pekerjaan Kantor Di Rumah

20.22
Bekerja pada salah satu instansi atau perusahaan mungkin merupakan satu-satunya pilihan logis bagi beberapa orang untuk mendapatkan penghasilan yang mencukupi kebutuhan anggota keluarga setiap bulannya. Dengan bekerja secara tekun sebagian dari kita dapat mewujudkan keinginan untuk membeli sesuatu, atau menabung agar kelak kehidupan keluarga terhindar dari permasalahan finansial.

Orang yang memilih menjadi pegawai atau karyawan di sebuah instansi bukanlah individu yang tidak memiliki jiwa bisnis. Seringkali mereka ini pernah menjalani profesi sebagai pedagang, pebisnis yang karena alasan-alasan tertentu berpindah halauan dan memilih untuk bekerja pada orang lain. Karena roda terus berputar, dan hidup manusia tak selamanya indah, perjalanan hidup manusia tak selamanya mulus.

Tips Mengerjakan Pekerjaan Kantor Di Rumah
 Tips Mengerjakan Pekerjaan Kantor Di Rumah

Dewasa ini tuntunan pekerjaan semakin berat, selaras dengan dinamika bisnis yang semakin pesat dan meluas melampaui batas-batas teritorial suatu negara. Ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu yang singkat, namun waktu seringkali tidak bersahabat. Meski kita sudah tahu deadline atau batas waktu dimana pekerjaan harus selesai, namun yang terjadi adalah munculnya berbagai hal yang menghambat suatu pekerjaan untuk selesai tepat waktu. Terkadang pekerjaan yang sering tak kunjung terselesaikan ini bisa memicu stres terkait pekerjaan.

Salah satu solusinya adalah dengan membawa pekerjaan di kantor ke rumah agar batas waktu (dead line) pengerjaan bisa tercapai. Karena saat ini pekerja di era globalisasi dituntut bekerja cepat dan teliti. Jika sampai tidak dapat merampungkan pekerjaan, resiko dipecat adalah hal paling menakutkan yang mau tidak mau harus dihindari. Atau kita akan kehilangan kontrak bisnis yang nilainya sangat besar untuk mendongkrak kesuksesan kita.

Ketika pekerjaan harus dibawa ke rumah kita tentu wajib mempersiapkan kesehatan tubuh, mengingat pekerjaan yang dibawa ke rumah pasti akan mengurangi waktu istirahat dan santai. Pilihan ini sementara waktu musti dijalani dengan sabar dan ikhlas. Yakinlah bahwa Tuhan Maha Melihat, yang akan memberikan rezeki berlimpah dan berkah. Jadi, tak masalah jika kita harus membawa pekerjaan ke rumah.

Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan agar kita tetap bisa bekerja nyaman, walaupun dilakukan dirumah:
  1. Pastika bahwa Anda memiliki ruang kerja atau ruangan khusus yang tak terganggu oleh siapapun, termasuk anak-anak yang pada umumnya belum memahami apa yang sedang Anda lakukan.
  2. Komunikasikan kepada semua anggota keluarga bahwa Anda sedang membutuhkan waktu sendiri atau ada hal penting yang harus dikerjakan.
  3. Duduk bersandar selama beberapa menit untuk menenangkan pikiran sehingga Anda akan mendapatkan fokus yang cukup untuk mempercepat tugas yang menumpuk dan harus diselesaikan. Anda dapat menikmati secangkir kopi atau teh hangat agar tubuh Anda menjadi lebih rileks dan mengurangi beban pikiran yang masih menggelayut pada diri Anda.
  4. Prioritaskan untuk melakukan ibadah terlebih dahulu, seperti melakukan ibadah shalat lima waktu. Setelah itu baru Anda boleh mengerjakan pekerjaan kantor di rumah.
  5. Pastikan Anda sudah mengisi perut Anda dengan makanan yang bergizi lengkap agar tidak timbul penyakit yang diakibatkan kondisi tubuh Anda yang akan sangat lelah karena kerja lembur di rumah.
  6. Musik yang mendukung pekerjaan dapat Anda sajikan dengan volume speaker yang sesuai dan jangan sampai mengganggu fokus Anda. Musik instrumental adalah yang paling tepat untuk menemani pekerjaan Anda. Bayangkan jika yang Anda putar itu adalah musik dangdut atau rock, bisa-bisa Anda tidak fokus kerja tetapi malah asyik berjoget atau jingkrak-jingkrak kegirangan.
  7. Perhatikan jam dinding di ruang kerja Anda di rumah. Anda harus menyadari bahwa meski malam ini harus lembur, Anda harus memenuhi jam tidur minimal yang mesti dipenuhi agar tubuh Anda bisa fresh dan sehat kembali esok pagi untuk tetap bekerja seperti biasanya ke kantor. 3 sampai 4 jam adalah waktu minimal yang harus Anda sisihkan untuk tidur, sebab kalau tidak nanti yang terjadi adalah Anda akan jatuh sakit alias ambruk sebelum waktunya.
  8. Ketika bangun di pagi hari, pastikan bahwa air hangat sudah tersedia. Fungsi air hangat yang akan digunakan untuk mandi adalah sebagai terapi untuk memulihkan anggota tubuh Anda yang banyak mengalami kelelahan karena aktifitas lembur.
  9. Anda harus berkomitmen untuk tidak lagi membawa pekerjaan kantor ke rumah dengan cara memperbaiki kinerja Anda. Meningkatkan kedisiplinan, dan tidak menunda-nunda pekerjaan dengan alasan apapun.
Demikianlah artikel berjudul Tips Mengerjakan Pekerjaan Kantor Di Rumah ini saya tulis dan mudah-mudahan dapat membantu Anda yang sedang dikejar deadline pekerjaan. Meskipun yang Anda alami adalah hal yang tidak diharapkan, tetapi sesulit apapun kita pasti bisa mengatasi masalah yang sering timbul terkait pekerjaan yang sedang kita jalani.
Previous
Next Post »

6 komentar

  1. betul sekali Pak, kadang pekerjaan yg tidak selesai di tmpat kerja krna dikejar deadline harus dikerjakan di rumah juga yg seharusnya buat waktu istirahat, tpi karena tuntutan pekerjaan tsb memaksa kita hrs menyelesaikannya di rumah. Nah, tips nmr 6 sya setuju sekali hihihii,,,, klo gak ada musik rasanya kurang bergairah ngetik juga pak hahahaa, dan pastikan ada segelas kopi beserta cemilannya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lembur memang bikin mata kita cepat lelah, terutama zaman sekarang banyak pekerjaan yang memakai komputer.

      Hapus
  2. Sepakat bgt nih kang Dody, tp aku lebih sering mengerjakan di kamar, ya gimana.. Nggak punya ruang kerja. Wkwk

    BalasHapus
  3. Sepakat bgt nih kang Dody, tp aku lebih sering mengerjakan di kamar, ya gimana.. Nggak punya ruang kerja. Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat Mbekayu Ella. Suatu saat nanti pasti bisa memiliki ruang kerja sendiri yang nyaman dan bisa digunakan untuk aktifitas ngeblog. Hehehehe...

      Hapus
  4. Kadang sering gak sempat kalau ngerjain pekerjaan kantor dir umah.

    BalasHapus

Artikel Populer Lainnya