Doa Qunut Dan Keutamaan Sholat Subuh

21.46

Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah 

Sholat Subuh adalah salah satu sholat wajib dari sholat lima waktu yang dilakukan pada saat fajar sampai menjelang matahari terbit dan dilaksanakan sejumlah dua rakaat.

Meskipun rakaat sholat Subuh adalah yang paling sedikit diantara sholat wajib lainnya, namun dalam kenyataannya sering kali terasa berat. Gangguan yang paling sering dialami adalah rasa malas. Yang disebabkan oleh kondisi mengantuk yang membuat orang enggan untuk segera beranjak dari tempat tidur.

Doa Qunut Dan Keutamaan Sholat Subuh
Doa Qunut Dan Keutamaan Sholat Subuh

Padahal, banyak keutamaan-keutamaan dari melaksanakan Sholat Subuh tepat waktu, apalagi yang dilakukan dengan berjamaah. Diantaranya adalah:

  • Memperoleh berkah kehidupan dari Allah Ta’ala
  • Memperoleh cahaya yang sempurna pada hari kiamat
  • Memperoleh pahala shalat malam sepenuh waktunya
  • Senantiasa berada dalam jaminan Allah Ta’ala
  • Dibebaskan dari sifat-sifat orang munafik
  • Shalat Subuh berjamaah disaksikan langsung oleh para malaikat
  • Memperoleh keselamatan dan kemenangan di akhirat, terutama dengan memperbanyak dzikir sebelum dan sesudah sholat Subuh.

Sholat Subuh dilaksanakan saat udara masih bersih, jernih, dan terasa segar dibadan. Dua raka'at sholat Subuh mendorong pengaktifan susunan syaraf serta peningkatan kekuatan otot dalam tubuh manusia. Namun sebaliknya, jika manusia memilih melanjutkan tidur, maka akan memicu timbulnya penyakit jantung karena asupan oksigen bersih kurang.

Simak Juga : Dzikir Ayat Kursi Untuk Mendatangkan Berbagai Hajat

Semoga dengan memahami bahwa begitu banyak hal yang akan kita dapatkan dengan menjalankan sholat Subuh berjamaah, kita akan tergerak untuk lebih giat lagi dalam menjalankannya. Sesuatu yang pada awalnya terasa sangat berat, akan terasa ringan setelah menjadi kebiasaan.

Doa Qunut Saat Sholat Subuh

Doa qunut ada 3 jenis, yakni Qunut Nazilah, Qunut Subuh dan Qunut Witir. Selama ini, doa qunut dikenal luas oleh publik di Indonesia sebagai ciri khas Nahdlatul U'lama (NU). Menurut madzhab Maliki dan Syafi'i berpendapat bahwa Qunut Shubuh itu hukumnya sunnah.

Doa qunut berikut dibaca saat mengerjakan sholat Subuh. Yakni pada raka'at yang kedua, pada waktu i'tidal berdiri tegak dari ruku' setelah membaca : "RABBANAA LAKAL HAMDU ....". Berikut ini bacaan doa qunut:

Doa Qunut Dan Keutamaan Sholat Subuh

Allaahummah dinii fiiman hadait, wa 'aafinii fiiman 'aafait, wa tawallanii fiiman tawallait, wa baarik lii fiiman a'thait, wa qinii birahmatika syarramaa qadhait, fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa 'alaik, wa innahu laa yadzillu man walait, wa laa ya'izzu man 'aadait, tabaarakta rabbanaa wa ta'alait, falakal hamdu 'alaa maa qadhait, astaghfiruka wa atuubu ilaik, wa shallallaahu 'alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyi wa 'alaa aaliihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya:

Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telahEngkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau tetapkan. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala Puji bagi-Mu atas yang telah Engkau tetapkan. Aku mohon ampun dan kembali (bertaubat) kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat, berkah dan salam atas Nabi Muhammad beserta keluarganya.

Sumber:

  • https://bandungkita.id/2019/12/15/yuk-mulai-ini-dia-10-rahasia-dan-keutamaan-shalat-subuh-berjamaah-di-masjid/
  • https://kalam.sindonews.com/berita/1459970/69/dalil-membaca-qunut-subuh-menurut-mazhab-syafii-1/10
  • https://sumsel.kemenag.go.id/files/sumsel/file/file/1PANDUAN16/panduan_sholat.pdf

Previous
Next Post »
0 Komentar