Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya - Materi PJJ SMK

22.14

Pengertian Perangkat Lunak Komputer

Perangkat lunak adalah suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah.

Menurut Wiwit Siswoutomo, software adalah nyawa dari sebuah hardware atau komputer karena tanpa adanya perangkat lunak maka komputer hanyalah sebuah hardware yang mati dan tidak dapat digunakan.

Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya

Sedangkan menurut Imam Prayogo Pujiono, pengertian perangkat lunak adalah suatu program dalam komputer yang dirancang sedemikian rupa. Yang jika dijalankan akan memberikan perintah ke komputer / hardware / software lain dalam rangka menyelesaikan sebuah tugas, pekerjaan, dan juga tuntutan tertentu seperti yang diharapkan user.

Fungsi Perangkat Lunak Komputer

Sebelum kalian semua belajar menggunakan perangkat lunak aplikasi seperti aplikasi Spreadsheet. Alangkah baiknya kita pahami dulu tentang fungsi perangkat lunak secara umum. Fungsi perangkat lunak secara umum diantaranya:

  • Memproses data, perintah, atau instruksi khusus agar pengguna dapat mengoperasikan komputernya sesuai dengan hasil informasi yang diinginkan.
  • Sarana interaksi yang menghubungkan pengguna dengan perangkat kerasnya.
  • Mengidentifikasi suatu program yang ada di sebuah komputer.
  • Menyediakan fungsi dasar dari sebuah perangkat keras agar dapat dioperasikan. Seperti ketersediaan sistem operasi pada komputer.
  • Penerjemah suatu perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin, agar dapat dimengerti oleh komputer.

Berbagai Jenis Perangkat Lunak

Meskipun fungsi utama perangkat lunak adalah sebagai penghubung antara hardware dengan user, sesuai dengan penggunaannya perangkat lunak ternyata terbagi dalam beberapa jenis. Jenis-jenis perangkat lunak:

Sistem Operasi

Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain.

Atau berfungsi untuk mengelola dan mengkoordinasikan setiap komponen dan fungsi komputer. Beberapa contoh sistem operasi adalah; Windows, Linux, UNIX, DOS.

Kalian tentu sering mendengar istilah Android. Nah, Android ini merupakan salah satu sistem operasi yang cukup terkenal di zaman sekarang. Android familiar digunakan pada smartphone.

Bahasa Pemrograman

Merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai pemberi instruksi standar yang melibatkan sintak dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan suatu program aplikasi komputer.

Bahasa Pemrograman  bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia ke dalam format yang dijalankan komputer Contoh: BASIC, COBOL, Pascal, C++, FOTRAN.

Misalnya jika kalian misalnya ingin membuat sebuah Aplikasi Game, maka kalian dapat menggunakan salah satu dari beberapa contoh bahasa pemrograman tersebut.

Program Aplikasi

Merupakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program  pengolah kata, pengolah angka, program presentasi, design grafis, multimedia, dan lain-lain.

Aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, dan Microsoft Office PowerPoint sudah sangat familiar digunakan di negara kita. Terutama untuk keperluan kerja karyawan di bagian tata usaha dan bagian-bagian lainnya yang membutuhkan pengolahan dokumen penting perusahaan. 

Yang saat ini sedang populer adalah penggunaan program aplikasi untuk multimedia. Terutama aplikasi seperti pengolah video. Aplikasi ini menjadi andalan para Youtuber untuk tetap dapat mengupdate konten video yang menarik untuk ditonton para pengunjung internet.

Program Bantu

Merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.

Program bantu ini sangat dibutuhkan terutama saat sebuah perangkat komputer mengalami kerusakan, atau masalah-masalah teknis lainnya. Perangkat lunak jenis ini juga dapat membantu agar komputer dapat tetap awet. Mencegah kerusakan yang terlalu dini. Sehingga usia komputer bisa lebih lama untuk bisa tetap digunakan.

Perangkat Lunak Berdasarkan Distribusinya

Selain dari pengkategorian perangkat lunak seperti diatas. Dikenal juga beberapa istilah yang berkaitan dengan perangkat lunak:

Freeware

Adalah perangkat lunak yang dapat dimiliki dan digunakan secara gratis tanpa batas waktu tertentu. Biasanya perangkat lunak jenis ini memiliki fitur yang kurang lengkap dan tidak maksimal.

OpenSource

Merupakan perangkat lunak yang kode sumbernya dapat dibuka, diubah-ubah, ditingkatkan, dan disebarluaskan. Biasanya software jesni ini dapat diperoleh secara gratis dan dapat dikembangkan oleh orang lain dengan lisensi GPL (General Public License).

Shareware

Merupakan perangkat lunak untuk keperluan tertentu yang dibagikan secara gratis, biasanya sebagai demonstrasi dengan fitur terbatas dan penggunaannya untuk waktu terbatas (misalnya 30 hari). Dan setelah 30 hari maka user dapat tetap menggunakan perangkat lunak tersebut dengan syarat membayar sejumlah biaya setiap bulannya.

Masih ada beberapa macam lagi istilah-istilah perangkat lunak berdasarkan distribusi yang tidak disebutkan satu per satu. Kalian dapat memperdalam pemahaman materi dengan membaca informasi pada link sumber dibawah artikel.

Semoga bermanfaat dan selamat belajar. Dan jangan lupa untuk menyelesaikan latihan soal yang sudah dishare. Salam sukses selalu.

Sumber:

https://www.gurupendidikan.co.id/perangkat-lunak-komputer/#ftoc-heading-19

https://kamus.tokopedia.com/p/perangkat-lunak/

https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/pengertian-software.html

https://www.materi.carageo.com/contoh-hardware-dan-software/

Previous
Next Post »
0 Komentar