Masuk Angin, Jangan Dianggap Remeh

07.02

Masuk Angin Tak Boleh Dianggap Remeh, Bisa Merupakan Gejala Penyakit Kronis

Masuk angin, Anda pasti sering merasakannya bukan?. Masuk angin merupakan istilah medisnya orang Indonesia untuk menamakan sebuah penyakit. Yang gejala-gejalanya adalah perut kembung, mual, badan meriang, kepala pening, dan keluar keringat dingin.

Dalam dunia kedokteran tidak ada istilah masuk angin. Namun demikian, masuk angin bisa disebabkan oleh telat makan yang akhirnya kadar gula darah dalam tubuh menurun. 

Ini yang menyebabkan tubuh menjadi kurang konsentrasi, keluar keringat dingin, sakit kepala, dan lain-lain. Dan untuk mengatasi hal itu kita bisa mengkonsumsi teh manis hangat sebagai pertolongan pertama.

Memahami Istilah Angin Duduk

Dalam keseharian kita sering mendengar ada orang mengatakan istilah angin duduk. Angin duduk ini ternyata bukanlah masuk angin biasa yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi ramuan herbal, atau secangkir air putih hangat. Jelas berbeda penyebab dan gejalanya.

Angin duduk atau angina adalah nyeri dada yang muncul akibat adanya gangguan pada aliran darah ke jaringan otot jantung. Nyeri dada akibat angin duduk sering kali mirip dengan nyeri dada akibat penyakit lainnya.


Masuk Angin, Jangan Dianggap Remeh
Masuk Angin, Jangan Dianggap Remeh

Gejala angin duduk berupa nyeri dada seperti ditindih atau ditekan. Gejala ini lebih sering muncul ketika penderitanya sedang beraktifitas, yaitu ketika jantung memompa darah lebih cepat.
Angin duduk dapat ditangani dengan pengobatan dari dokter serta dengan menjalani gaya hidup sehat. Jika ditangani dengan baik, penderita angin duduk dapat terhindar dari komplikasi yang serius.

Agar Tak Mudah Terkena Masuk Angin

Berbagai produk penyembuh masuk angin sudah beredar dan sebagian besar termasuk kategori jamu, yakni minuman herbal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Namun, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar penyakit ini bisa kita atasi agar tidak semakin memburuk bahkan bisa menyebabkan kematian karena gejalanya hampir sama dengan serangan pada jantung. Anda dapat melakukan kebiasaan baik berikut ini:
  1. Makan teratur dan bergizi.
  2. Selalu sediakan minyak oles seperti minyak kayu putih untuk menghangatkan badan.
  3. Ketka masuk angin hindarkan metode kerok karena akan memperlebar pori-pori tubuh dan cepat mengeluarkan panas dan Anda lebih mudah kedinginan.
  4. Mengonsumsi makanan yang sehat untuk jantung, terutama makanan yang mengandung serat dan lemak tak jenuh, seperti sayuran, buah-buahan, ikan tuna, dan minyak zaitun.
  5. Makanlah buah apel untuk menyerap gas dan zat berbahaya lainnya dari perut Anda.
  6. Menghindari konsumsi makanan yang tinggi garam dan lemak jenuh, seperti santan, gorengan, keju, dan mentega.
  7. Hindari minuman alkohol dan tidak merokok.
  8. Lakukan gerakan-gerakan kecil seperti pemanasan untuk menghindari angin yang menumpuk pada organ tertentu.
Mudah-mudahan resep singkat diatas bisa membantu kita untuk menghindari atau mengatasi masuk angin. Baik masuk angin ringan atau masuk angin duduk yang sebenarnya merupakan gejala dari sebuah penyakit kronis.

Gambar : www.mallardsgroups.com
Previous
Next Post »
0 Komentar

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya