Ciri-Ciri Air Bersih Untuk Kesehatan Manusia

08.57

Ciri-Ciri Air Bersih Yang Baik Untuk Kesehatan Manusia

Ciri-Ciri air bersih menjadi pengetahuan yang penting bagi keluarga Indonesia. Penyediaan air bersih sebagai alat pembersih tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini disebabkan karena air sangat penting bagi manusia.

Manusia akan cepat meninggal karena kekurangan air daripada kekurangan makanan. Tubuh manusia itu sendiri sebagian besar terdiri dari air. Tubuh orang dewasa, sekitar 55-60% berat badan terdiri dari air, untuk anak-anak 65%, dan untuk bayi sekitar 80%.

Ciri-Ciri Air Bersih Untuk Kesehatan Manusia
Ciri-Ciri Air Bersih Untuk Kesehatan Manusia

Kebutuhan manusia akan air sangat kompleks, menurut WHO di negara-negara maju tiap orang memerlukan air antara 60-120 liter per hari. Dan untuk negara berkembang seperti Indonesia tiap orang memerlukan air antara 30-60 liter per hari.

Menurut beberapa ahli ekonomi, air kelak akan menjadi komoditas yang sangat berharga bagi kehidupan manusia. Bahkan, suatu saat manusia lebih memilih air ketimbang emas atau berlian. Ditambah lagi dengan sering terjadinya bencana kekeringan yang meningkat intensitasnya setiap tahun di berbagai belahan bumi.

3 Ciri Air Bersih Yang Penting Untuk Diketahui

Kegunaan air yang sangat penting adalah kebutuhan untuk minum, dan untuk memenuhi itu maka air harus mempunyai persyaratan khusus agar air tersebut tidak menimbulkan penyakit bagi manusia. Air yang sehat harus mempunyai persyaratan sebagai berikut:

1. Syarat Fisik

Persyaratan fisik untuk air yang sehat adalah bening (tidak berwarna), tidak berasa, suhu dibawah suhu udara diluarnya. Di wilayah perkotaan seperti Jakarta, Bekasi dan sekitarnya masih dijumpai air sumur yang berbau dan warnanya agak keruh. Sehingga menjadi tidak layak untuk dikonsumsi sebagai air minum.

2. Syarat Bakteriologis

Air yang sehat untuk memenuhi keperluan manusia harus bebas dari segala bakteri. Bakteri yang terlalu berlebihan dalam air akan menimbulkan berbagai jenis penyakit yang membahayakan kesehatan manusia.

3. Syarat Kimia

Air yang sehat harus mengandung zat-zat tertentu di dalam jumlah yang tertentu pula. Pencemaran air akibat limbah industri dan rumah tangga menjadi topik yang selalu hangat dibicarakan. Zat-zat berbahaya dari limbah tersebut wajib diolah agar tidak mencemari lingkungan sekitar.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Memenuhi Nutrisi Penunjangnya

Sesuai dengan prinsip teknologi tepat guna di pedesaan maka air yang berasal dari mata air dan sumur dalam adalah dapat diterima sebagai air yang sehat. Dan memenuhi ketiga persyaratan tersebut diatas, asalkan air tidak tercemar oleh kotoran-kotoran terutama kotoran manusia dan binatang.

Oleh karena itu, mata air atau sumur yang ada di pedesaan harus mendapatkan pengawasan dan perlindungan agar tidak dicemari penduduk yang menggunakan air tersebut. Karena desa adalah sumber air bersih yang sangat diperlukan warga perkotaan.

Gambar : sedekahair.org
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Kalo air pdam di kota besar susah memenuhi 3 ciri di atas kayaknya. Biasany bau banget dengan zat kimia penjernih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bang Day, krisis air bersih melanda sebagian besar wilayah Nusantara setiap tahunnya.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya