Tingkat Kekerasan Batu Permata Dalam Tabel

02.22

Tingkat Kekerasan Batu Permata Dalam Tabel

Tingkat kekerasan batu permata atau jenis bebatuan lainnya perlu untuk kita ketahui. Sebuah perhiasan dari batu permata dapat dilihat kualitasnya dengan mengukur tingkat kekerasan batu tersebut.

Batu akik atau batu permata yang kita miliki akan terlihat istimewa setelah kita mengetahui tingkat kekerasan batu akik dan batu permata tersebut. Tingkatkan kekerasan batu akik atau permata ini dikenal dengan Skala Mohs

Skala kekerasan mineral Mohs mengklasifikasikan resistensi goresan terhadap berbagai mineral melalui kemampuan suatu bahan keras menggores bahan yang lebih lunak. Skala ini diciptakan tahun 1812 oleh geolog dan mineralog Jerman Friedrich Mohs dan merupakan satu dari beberapa definisi kekerasan dalam teknik material.

Tingkat Kekerasan Batu Permata Dalam Tabel
Tabel Tingkat/Skala Kekerasan Batu Permata

Metode perbandingan kekerasan dengan melihat mineral mana yang mampu menggores mineral lain sudah lama ada, pertama kali disebutkan oleh Theophrastus dalam tulisannya Tentang Batuan sekitar tahun 200 SM, diikuti Plinius yang Tua dalam Naturalis Historia sekitar tahun 77 M (Wikipedia).

Semakin besar skala yang dihasilkan, maka semakin tinggi kualitas batu akik atau batu permata yang diuji. Kita dapat mengukur tingkat kekerasan batu akik dengan menggunakan alat tester seperti Diamond Selector yang bisa kita beli dari beberapa toko online yang menjual alat tersebut.

Atau apabila kurang yakin dan ingin mendapatkan hasil yang lebih akurat, silahkan mengujinya di Laboratorium Gemologi terdekat. Tentunya pengujian di laboratorium ini wajib kita lakukan jika hasil dari alat tester menunjukkan hasil yang mencengangkan dan untuk menyakinkan bahwa batu akik dan batu permata yang kita miliki adalah asli dan memiliki nilai jual tinggi.

Dari tabel diatas dapat kita lihat bahwa batu permata jenis Ruby memiliki tingkat kekerasan sebesar 9 Mhos dan yang paling tinggi adalah Diamond (intan, berlian) yang memiliki tingkat kekerasan sampai 10 Mhos.

Jadi, kita jangan heran apabila mendengar harga perhiasan dari Diamond ini dijual dengan harga selangit, karena dengan tingkat kekerasan yang tinggi seperti itu dalam proses pembuatannya jelas sangat sulit serta membutuhkan peralatan yang canggih untuk menghasilkan motif dan bentuk yang diinginkan.

[Sumber: zulkarnain.wordpress.com, id.wikipedia.org]
Previous
Next Post »
0 Komentar

Artikel Populer Lainnya