Perilaku Hidup Bersih Sehat Yang Perlu Diketahui

22.11

Perilaku Hidup Bersih Sehat, Bekal Hidup Bahagia

Perilaku hidup bersih sehat pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai pola hidup sehat. Baik melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur-jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi.

Pengalaman-pengalaman yang baik ini sangat membantu program pemerintah yang menargetkan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat setiap tahunnya.

Manfaat perilaku hidup bersih sehat yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan. Dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.


Perilaku Hidup Bersih Sehat Yang Perlu Diketahui
Perilaku Hidup Bersih Sehat Pada Anak

Perilaku hidup seperti ini wajib diterapkan dimana pun manusia beraktifitas. Misalnya di sekolah yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat guna meningkatkan kegiatan belajar mengajar. Sehingga para peserta didik, pendidik (guru), hingga masyarakat lingkungan sekolah menjadi sehat.

Contoh Perilaku Hidup Bersih Sehat

Ada beberapa contoh perilaku hidup bersih sehat yang bisa Anda lakukan agar menjadi manusia yang sehat dan bahagia. Diantaranya adalah sebagai berikut:

#1: MENGKONSUMSI MAKANAN SEHAT DAN LATIHAN FISIK

Hal ini akan membantu Anda untuk tetap sehat karena selain tubuh Anda tetap ideal, nutrisi yang Anda butuhkan tetap terpenuhi. Tubuh yang beratnya berlebihan beresiko besar untuk terserang berbagai macam penyakit. Langkah ini menjadi awal yang baik agar tubuh Anda tetap sehat.

Makanan yang sehat dan latihan fisik akan membuat tulang-tulang kita kuat. Semakin bertambah usia Anda maka kekuatan tulang semakin berkurang dan jika tidak diberikan latihan dan nutrisi yang sehat maka tulang kita semakin rapuh dan kondisi ini dikenal dengan Osteoporosis.

#2: LAKUKAN KEGIATAN YANG MEMBUAT ANDA SENANG

Setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda. Namun demikian hobi yang dilakukan sesering mungkin membuat suasana hati kita gembira. Tubuh secara otomatis akan mengeluarkan enzim yang bermanfaat untuk kesehatan Anda. Lakukanlah hobi Anda bersama teman-teman atau keluarga Anda dengan rileks dan santai.

#3: BIASAKAN MENGGOSOK GIGI SECARA TERATUR

Kebanyakan dari kita manusia modern sering melupakan hal yang kelihatannya remeh ini. Padahal dengan gigi yang sehat anggota tubuh yang lain juga akan ikut sehat.

Menggosok gigi dengan sikat yang nyaman apalagi jika Anda bisa menyediakan sikat gigi elektrik akan memberikan kebersihan dan kesehatan gigi yang maksimal. Dan jangan lupa untuk mengunjungi dokter gigi langganan Anda minimal setahun sekali.

#4: CUCI TANGAN DENGAN SABUN DAN AIR BERSIH

Praktek ini merupakan langkah yang berkaitan dengan kebersihan diri sekaligus langkah pencegahan penularan berbagai jenis penyakit berkat tangan yang bersih dan bebas dari kuman.

Bagi anak-anak, kebiasaan seperti ini akan dapat mengurangi dampak buruk kuman dan bakteri yang menempel pada makanan atau pakaian sang anak. Sehingga anak terhindar dari penyakit seputar organ pencernaan.

#5: MEMBERANTAS JENTIK NYAMUK

Nyamuk merupakan vektor berbagai jenis penyakit dan memutus siklus hidup makhluk tersebut menjadi bagian penting dalam pencegahan berbagai penyakit.

Biasakanlah untuk menguras tempat-tempat penampungan air. Jangan biarkan air yang ditampung pada beberapa tempat itu tidak digunakan, yang berakibat menjadi sarang perkembangbiakan nyamuk.

#6: LAKUKAN CEK DARAH

Dengan melakukan cek darah Anda akan mendapatkan banyak informasi mengenai kondisi tubuh Anda. Dalam dunia kedokteran berlaku sebuah hukum yang menyatakan bahwa kesehatan darah menentukan kesehatan manusia secara keseluruhan.

Orang yang kondisi darahnya bagus bisa dipastikan kesehatannya juga bagus, karena darah merupakan unsur vital metabolisme tubuh manusia.

#7: KURANGI MEROKOK DAN MENGKONSUMSI MINUMAN BERALKOHOL

Kebiasaan merokok merupakan salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit seperti jantung, paru-paru, kanker, dan lain sebagainya. Ironisnya, perokok pasif justru pihak yang sangat dirugikan.

Karena itu bagi Anda yang sulit menghilangkan kebiasaan merokok, Anda dapat melakukan dua hal yakni kurangi jumlah rokok yang Anda hisap (jangan sampai Anda dijuluki Si Ahli Hisab) dan janganlah merokok di tempat umum apalagi di ruangan tertutup tanpa ventilasi yang memadai.

Baca Juga : Cara Agar Cepat Tidur Agar Tubuh Tetap Bugar

Minuman beralkohol juga harus Anda kurangi atau hilangkan sama sekali. Dalam jangka waktu yang lama minuman beralkohol akan menimbulkan ketidakseimbangan kondisi tubuh Anda. Kesehatan otak Anda juga terganggu karena minuman beralkohol sangat merusak sel-sel utama pada otak manusia.

Gambar : hellosehat.com
Previous
Next Post »
0 Komentar

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya