Manfaat Tidur Siang Bagi Tumbuh Kembang Anak

18.23

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Anak

Manfaat tidur siang bagi kesehatan anak sangatlah berpengaruh besar. Usia anak-anak merupakan tahapan yang paling krusial pada perkembangan tubuh manusia. Jika salah langkah atau salah penanganan sedikit saja bisa berakibat fatal.

Salah satu contohnya ketika anak mengalami panas atau demam yang cukup tinggi apabila tidak segera diatasi akan menggangu pertumbuhan organ tubuhnya. Karena pada masa anak-anak organ-organ tubuh manusia sedang berproses dengan intensitas yang sangat tinggi.

Karena pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya sedang berjalan pesat, maka anak membutuhkan tidur siang agar proses tersebut berjalan lancar dan maksimal.

Lamanya Waktu Tidur Bagi Anak

Pada usia bayi kebutuhan tidurnya sekitar 20 jam dan 8 jam ketika sudah beranjak dewasa. Memang pada anak-anak di atas usia 1 tahun kebutuhan tidurnya mulai menurun dibanding ketika usia bayi. 

Namun anak-anak tetap membutuhkan waktu tidur yang cukup. Dan pada saat tidur inilah organ tubuh vital terutama otak yang sedang meningkat-meningkatnya.

Menurut para pakar bidang kesehatan anak usia prasekolah harus tidur selama 10-12 jam, baik itu pada malam hari saja, atau gabungan dari tidur malam dan siang hari.

Manfaat Tidur Siang Bagi Tumbuh Kembang Anak
Manfaat Tidur Siang Bagi Tumbuh Kembang Anak
Gambar: www.orami.co.id

Sehingga orang tua tinggal mengkalkulasi berapa lama anak tidur siang dan berapa lama ia menghabiskan waktu untuk tidur saat malam hari.

Biasakanlah anak untuk tidur siang 1 sampai dengan 2 jam sehari agar pertumbuhan anak bisa lebih pesat dan bagus. Terutama bagi kecerdasan otaknya yang ditandai dengan meningkatkan pemahaman anak saat belajar.

Riset membuktikan bahwa tidur siang pada manusia dewasa pun akan meningkatkan produktivitas kerja seseorang. Untuk itu orang tua harus cerdik membujuk dan membiasakan tidur siang pada anak agar tubuh si anak lebih bugar dan tumbuh lebih maksimal.

Tips Agar Anak Mau Tidur Siang

Beberapa tips berikut ini mudah-mudahan akan membantu Anda mengatasi anak-anak yang sering susah untuk diajak tidur siang:

1. Bantu Dengan Mendengarkan Alunan Musik Yang Lembut

Putarlah dengan volume yang tak terlalu keras musik-musik bernada "slow" untuk menghadirkan suasana yang nyaman bagi anak. Sambil mendengarkan musik, ajaklah anak untuk melihat buku-buku bergambar yang berwarna yang bermanfaat juga bagi terciptanya kebiasaan baik pada anak.

Mungkin anak belum terbiasa saat Anda pertama kali melakukan hal ini. Tetapi niscaya makin lama anak akan bisa menyesuaikan kebiasaan baik ini. Melihat-lihat buku sambil mendengarkan musik lembut (bisa musik klasik atau lainnya), sangat baik bagi keseimbangan otak anak.

2. Simpan Terlebih Dahulu Gadget Anda

Jika musik yang Anda putar itu berasal dari perangkat Android kesayangan, maka usahakan agar gadget tersebut tidak terlihat oleh anak. Anda dapat menghubungkan gadget dengan speaker yang diletakkan jauh dari tempat tidur.

Selama menemani proses anak menuju tidur siang yang nyenyak, Anda jangan pernah membuka handphone atau gadget lainnya. Silent-kan handphone Anda untuk sementara waktu. Karena jika anak diberi handphone saat akan tidur, maka itu sangat tidak baik.

3. Buat Suasana Ruang Tidur Sunyi dan Senyap

Anak dapat tidur dengan nyaman apabila ruang tidur tak terganggu oleh suara-suara bising. Buatlah suasana tidur yang nyaman untuk anak. Apabila diperlukan, Anda dapat mengatur pencahayaan agar sinar matahari atau lampu yang menerangi ruangan menjadi sedikit redup.

Ruangan yang terlalu silau tentu akan membuat anak kesulitan untuk memejamkan mata. Apalagi ditambah dengan sirkulasi udara yang buruk, makin tak nyamanlah anak untuk tidur siang.

4. Berikan Sentuhan Lembut Penuh Kasih Sayang

Kasih sayang orang tua pada si anak dapat diwujudkan melalui sentuhan lembut saat menemani anak untuk tidur siang.

Usaplah bagian punggung anak, atau bagian lainnya yang membuat anak cepat tertidur. Anda dapat sesekali bercerita dengan nada suara yang lirih seperti mengajak anak untuk selalu berbuat baik. Memberikan pujian bahwa ia adalah anak yang hebat.

Saat inilah Anda dapat mengiringi tidur anak dengan doa-doa yang akan membuat anak rileks dan tenang. Jangan beranjak dari tempat tidur sampai anak benar-benar tertidur pulas. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

4 komentar

  1. jarang tidur siang mz, paling malem aja.. hhihi

    BalasHapus
  2. Duh kan jd kangen tidur siang macem anak2.. Hehe

    BalasHapus

Artikel Populer Lainnya