Luar Biasa! - Bojonegoro Makin Sejahtera Dengan Pemerintahan Terbuka

00.44
Salam sukses dan mulia!. Sobat netizen sekalian yang selalu bersyukur dan berbahagia, kesejahteraan merupakan hal yang sangat diidamkan masyarakat Indonesia saat mereka diberi kesempatan untuk memilih para pemimpin baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat. Apabila pemimpin yang terpilih tersebut dapat menjalankan tanggung jawab yang sudah dipercayakan kepadanya itu dengan, maka program pengentasan kemiskinan atau program-program lainnya di suatu daerah akan lebih cepat teratasi.

Pada tayangan video di Youtube yang dipublish oleh jaringan media CNN Indonesia, kita akan mendapatkan gambaran yang luar biasa tentang sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur yang telah berhasil mensejahterakan rakyatnya dengan menerapkan sistem pemerintahan terbuka (Open Government). Kabupaten yang saya maksud adalah kabupaten Bojonegoro. Bojonegoro terletak lebih kurang 110 km sebelah barat kota Surabaya, Jawa Timur.

Bojonegoro Makin Sejahtera Dengan Pemerintahan Terbuka
Bojonegoro Makin Sejahtera Dengan Pemerintahan Terbuka

Kabupaten Bojonegoro sekitar tahun 2008 pernah mendapat predikat kabupaten termiskin di provinsi Jawa Timur ini kini boleh tersenyum lantaran pertumbuhan ekonominya yang semakin meningkat pesat. Berdasarkan informasi yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bojonegoro selama tahun 2015, menduduki peringkat tertinggi di Jawa Timur dengan angka 12 persen. Bahkan pertumbuhan ekonomi Bojonegoro ini melebihi pertumbuhan ekonomi Jatim, bahkan nasional sekalipun.

Bojonegoro kini menjadi kabupaten di Indonesia yang berhasil mensuplai 15% kebutuhan pangan nasional dan 20% kebutuhan energi nasional (minyak dan gas). Menurut Bupati Bojonegoro Suyoto, Bojonegoro memiliki karakteristik / potensi daerah sebagai berikut:
  • Luas wilayahnya 4 kali lipat dari DKI Jakarta
  • Populasi penduduknya 1/5 (seperlima) penduduk DKI Jakarta
  • Anggaran yang dimiliki adalah 1/27 (seperdua puluh tujuh) anggaran DKI Jakarta

Dengan keadaan yang luar biasa itu Bojonegoro mulai menerapkan prinsip membangun from minus to zero, from zero to plus yang membawa perubahan luar biasa bagi kabupaten Bojonegoro saat ini. Kabupaten Bojonegoro dikenal dan sukses menjalankan peran sebagai daerah dengan sistem birokrasi pemerintahan yang terbuka atau "Open Government".

Video Tentang Kabupaten Bojonegoro (Youtube)

Keterbukaan ini mengantarkan Bojonegoro masuk dalam daftar daerah percontohan open government dalam ajang Open Government Partnership 2016 yang diikuti oleh 45 kota-kota yang ada di dunia, termasuk Paris dan Seoul. Dimana ada 3 kriteria yang harus dipenuhi untuk bisa masuk dalam ajang bergengsi tersebut, yakni kota / kabupaten yang memiliki tingkat keterbukaan, inovatif, dan partisipatif warganya yang cukup baik.
Bojonegoro yang memiliki motto "Sehat, Cerdas, Produktif, dan Bahagia" ini menjadi salah satu kabupaten di Indonesia yang berhasil membawa warganya kepada tingkat kesejahteraan yang lebih baik, yakni dengan berhasilnya Pemerintah Kabupaten Bojonegoro memperbaiki 80% infrastruktur daerah yang dulu rusak, infrastruktur pertanian yang pernah rusak, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, menurunkan angka pengangguran, dan berbagai pencapaian luar biasa lainnya.

Semoga para kepala daerah menjadikan informasi tentang kabupaten Bojonegoro ini sebagai ide berharga untuk memajukan daerahnya masing-masing. Sehingga Indonesia kelak bisa mewujudkan mimpinya untuk menjadi negara yang makmur dan sentosa. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.

Sumber:
  • http://bi.or.id/pemerintahan-terbuka-kunci-melawan-korupsi/
  • http://opengovindonesia.org/download/69/konsep-dan-strategi-pemerintahan-terbuka-bojonegoro
  • https://www.bangsaonline.com/berita/30654/bojonegoro-dulu-kabupaten-termiskin-kini-pertumbuhan-ekonominya-tertinggi
  • https://www.youtube.com/watch?v=14eXCfWTDmk
Previous
Next Post »

17 komentar

  1. Keren Mz, moga bisa nular ke kabupaten lain, kalau boJonegoro ingetnya sama K.H Anwar Zahid 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sih belum pernah main kesana kak Risna. Tapi lihat beberapa video tentang Bojonegoro memang luar biasa. Semoga menular ke kabupaten lainnya.

      Hapus
    2. Ooh kirain dari sana 😊

      Hapus
  2. Wah, keren juga ya Bojonegoro.. Semoga semakin berjaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga kabupaten lainnya juga begitu Bang Idris.

      Hapus
  3. Wah, kalau Bojonegoro itu masih sekitar 5 s/d 6 jam perjalanan darat dari kota saya dilahirkan. Baru tahu kalau perkembangannya begitu pesat.

    Sempat berfikir sesaat, apa tidak lebih baik merantau ke Bojonegoro yang notabene masih dekat dengan kampung halaman daripada merantau ke kota-kota lain di pulau Jawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalau blognya sdh bagus dan hasilnya gede, bisa pulang kampung mbangun deso Bang Hindro.

      Hapus
  4. Ikut senang, Bojonegoro semakin makmur dan semakin sukses. Warganya semakin sejahtera. semoga kota-kita lain bisa menirunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya berharap juga begitu. Mudah-mudahan saya juga bisa membangun desa saya kelak.

      Hapus
  5. Kebetulan aku punya temen asli bojonegoro.. Dia selalu bangga dg kotanya, memang keren yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti Bupati selanjutnya saya itu mba Ella...wkwkwk

      Hapus
  6. wah tidak lama semua sahabat saya dari bojonegoro pulang ini kekampungnya kalau di bojonegoro sudah makmur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan-kapan saya juga pengen ke Bojonegoro Bang. Buat jalan-jalan sama nyari bahan buat nulis artikel.

      Hapus
  7. wah hebat ini mas
    semoga Bojonegoro makin bisa bersaing dengan kota lainnya di Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kota lainnya juga bisa maju seperti Bojonegoro Sobat.

      Hapus
  8. keren ini..hebat loh..bisa buat contoh pemerintahan-pemerintahan yang lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip...sukses juga untuk kota lainnya dan untuk kita semua...Aamiin.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya