Menanti Cuan Dari IPO Saham Bukalapak

23.27

Menanti Cuan Besar Dari IPO Saham Bukalapak

Dunia pasar modal sedang ramai membicarakan tentang IPO Bukalapak. Penawaran Umum Perdana (IPO) saham PT Bukalapak.com Tbk menjadi momen yang sangat menghebohkan. Saham PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) melesat pada perdagangan perdana hingga menyentuh auto reject atas.

Saham unicorn yang pertama kali melantai di bursa pada Jum,at, 06 Agustus 2021 itu bertengger di level Rp 1.060 per saham atau naik 24,71% dari posisi penawaran Rp 850 per saham.

IPO Saham Bukalapak.com
IPO Saham Bukalapak

Minat beli yang sangat tinggi ini disebabkan oleh dua faktor. Pertama, investor memiliki ekspektasi bahwa Bukalapak memiliki pertumbuhan yang tinggi ( fast growing) dalam beberapa tahun ke depan. Kemudian yang kedua, Bukalapak merupakan emiten e-commerce pertama yang melantai di bursa.

Yakni dengan nilai IPO terbesar yang pernah ada. Pembeli saham IPO buka di pasar perdana didominasi oleh investor milenial (70%) dan hype investor di pasar modal saat ini juga sedang menggandrungi saham-saham teknologi.

Bukalapak Diuntungkan Dengan IPO Lebih Awal Dari GOTO

Investor milenial ini memiliki harapan yang besar. Bahwa harga saham Bukalapak akan terus naik dan bisa memberikan cuan alias keuntungan yang tinggi. Dan satu hal yang paling menguntungkan bagi para trader saham adalah sebuah sentimen positif dari saham Bukalapak ini.

Yakni sebuah asumsi yang mengabarkan bahwa harga saham BUKA ini turut dijaga harganya oleh pihak-pihak yang berhubungan dengan akan melantainya GOTO (Gojek - Tokopedia) di bursa efek indonesia.

Susunan Pemegang Saham Bukalapak Diatas 1 Persen

Susunan Pemegang Saham Bukalapak Diatas 1 Persen

Pihak-pihak tersebut tentu ingin membentuk sebuah opini kepada para calon investor bahwa dengan berinvestasi di perusahaan e-commerce (digital) akan memberikan keuntungan yang besar. Jadi, mereka berharap akan terbentuk sebuah keyakinan dari calon investor GOTO untuk semakin menyukai saham-saham yang masuk dalam sektor teknologi seperti BUKA dan GOTO.

Kemudian ada lagi satu kabar baik yang menggembirakan para investor. Seperti dalam prospektus Bukalapak.com, berdasarkan POJK No. 25 Tahun 2017. Bahwa semua pihak yang memperoleh saham perseroan dengan harga pelaksanaan di bawah harga Penawaran Umum Perdana dalam jangka waktu 6 bulan sebelum penyampaian pendaftaran ke OJK.

Maka pihak tersebut dilarang mengalihkan sebagian atau seluruh saham perseroan yang dimilikinya sampai dengan 8 bulan setelah pernyataan pendaftaran sehubungan dengan Penawaran Umum Perdana menjadi efektif.

Bagi investor ritel ini tentu memberikan harapan positif, bahwa minimal dalam jangka waktu 8 bulan ke depan harga saham ini akan terus terjaga minimal diatas harga penawaran terakhirnya.

IPO Bukalapak Membuka Pintu Masuknya 95 Ribu Investor Baru

Menurut Tokoh Pasar Modal Indonesia, Joeliardi Sunendar melalui postingan di IG beliau menuturkan hal positif akibat IPO nya Bukalapak. Bahwa IPO Bukalapak membuka pintu bagi masuknya 95.000 pemegang saham baru (retail) di perusahaan e-commerce di BEI.

Menurutnya jumlah 95 ribu tersebut persentasenya masih terbilang kecil bila dibandingkan dengan pengguna platform Bukalapak yang jumlahnya mencapai 100 jutaan. Ini menunjukkan bahwa mayoritas konsumen perusahaan e-commerce tersebut masih belum berminat untuk menjadi pemegang saham dari perusahaan yang produk atau jasanya telah mereka gunakan selama bertahun-tahun.

Kita berharap bahwa jumlah investor pasar modal di tanah air akan semakin meningkat. Dan saya sendiri pun berharap bahwa pemerintah melalui Kementrian Pendidikan mau memasukkan informasi tentang dunia pasar modal ke dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Saya yakin bahwa jumlah investor yang terbilang kecil yakni 5 juta-an dari 270 juta-an penduduk disebabkan terbatasnya akses informasi tentang dunia saham.

Apakah Harga Saham BUKA Akan Terus Naik?

Sebagai seorang investor tentu saja mengharapkan hal-hal yang baik terjadi pada suatu portofolio yang dimilikinya. Saya pun sangat gembira, sebagai investor pemula yang baru 2 bulan terjun di pasar modal bisa berpartisipasi dengan memiliki sedikit lot saham Bukalapak ini yang berhasil saya pesan melalui Ajaib Sekuritas.

Masalah apakah harga saham Bukalapak ini akan terus naik atau tidak sebenarnya tidak menjadi persoalan bagi saya pribadi. Namun, melihat bahwa saham BUKA ini memiliki prospek yang menurut saya sangat bagus.

Maka planning saya adalah akan tetap menahan sebagian saham ini dalam waktu yang lama. Ini sesuai dengan sinyal yang disampaikan oleh pakar investasi saham Ellen May. Yang menuturkan bahwa saham Bukalapak ini memiliki market cap yang besar yang bisa mempengaruhi bobot IHSG.

Pengalaman adalah guru terbaik. Sehingga pengalaman bisa memiliki saham ini melalui mekanisme IPO menjadi hal istimewa bagi saya yang masih terus belajar tentang investasi saham. Mudah-mudahan pada perdagangan hari Senin besok, 09 Agustus 2021 harga saham Bukalapak akan kembali ARA.

Sumber:

  • https://www.liputan6.com/saham/read/4603363/alasan-bukalapak-genjot-jaringan-mitra-bukalapak-di-luar-kota-besar
  • https://swa.co.id/swa/capital-market/meneropong-prospek-saham-bukalapak
  • https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-5674456/saham-bukalapak-terbang-tinggi-hingga-mentok-gara-gara-aksi-pompom
  • https://market.bisnis.com/read/20210806/189/1426906/harga-saham-bukalapak-buka-bakal-tinggi-selama-8-bulan-ke-depan-kok-bisa

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar