Bisnis Makanan Kekinian, Citarasa Harus Tetap Terjaga

00.19

Bisnis Makanan Kekinian, Sebuah Persaingan Citarasa dan Selera

Bisnis makanan kekinian semakin menunjukkan trend khasnya tersendiri. Yakni dari bentuk makanan yang cenderung cepat saji, citarasa yang berbeda, dan tempat yang unik. Siapa sih yang tak ingin memperoleh keuntungan besar dari bisnis makanan?.

Siapakah juga yang tak mau mendapatkan uang halal dengan menjual komoditas yang menjadi kebutuhan hidup sehari-hari ini?. Bisa kita bayangkan bagaimana perasaan Anda sebagai pedagang, ketika menyaksikan dagangan makanan yang kita jual, selalu laris manis dan selalu ramai dikunjungi pelanggan.

Bisnis Makanan Kekinian
Bisnis Makanan Kekinian, Gambar : sederetartikel.xyz

Makanan merupakan kebutuhan hidup manusia yang harus dipenuhi, karena makanan menjadi sumber pasokan energi bagi manusia agar bisa menjalankan aktivitas dengan penuh semangat alias tidak mudah lemas atau loyo. Ini berarti, bisnis makanan memiliki potensi yang sangat besar untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya.
Namun, tidak semua orang yang menjadi pelaku bisnis makanan memperoleh kesuksesan. Ada juga yang gulung tikar, ada yang bertahan meskipun keuntungan yang didapatkan sangat kecil, dan ada juga yang berpaling ke bisnis lainnya yang menurut perhitungan mereka menguntungkan.

Kiat Agar Tetap Eksis Di Bisnis Makanan Kekinian

Banyak faktor menjadi penyebab gagalnya seseorang menjalankan bisnis makanan kekinian. Oleh karena itu seseorang yang akan terjun ke dalam bisnis makanan ini hendaknya selalu belajar dari pelaku bisnis yang sama dan memperhatikan beberapa hal. Apabila ini dilakukan niscaya akan menjauhkan pelaku bisnis dari kegagalan.

Kiat #1 : Citarasa Yang Stabil Setiap Saat.

Anda harus mampu memastikan bahwa citarasa yang ada pada makanan yang kita jual harus sama dan stabil dari hari ke hari. Dengan citarasa yang sesuai standar seperti ini konsumen akan ketagihan dan tak merasa rugi membeli makanan kita.
Perubahan sekecil apapun dari rasa makanan, akan dianggap buruk oleh konsumen. Triknya adalah kita harus menyimpan beberapa catatan tentang resep makanan yang pas dilidah dan sudah diuji coba sampelnya kepada konsumen. Sampel ini biasanya diberikan dalam bentuk bonus atau potongan harga pada awal-awal lauching bisnis yang kita jalankan.

Kiat #2 : Bahan Baku Yang Berkualitas

Anda wajib memastikan tersedianya bahan baku berkualitas agar ketika terjadi lonjakan pembeli kita tidak kerepotan dan kewalahan. Semakin dekat lokasi pembelian bahan baku dengan tempat usaha kita, semakin efisienlah kita dalam menjalankan bisnis ini. Dan kita juga tidak akan mengalami kerugian yang diakibatkan oleh biaya transportasi pembelian bahan baku makanan.

Kiat #3 : Memahami Bisnis Makanan Kekinian Dengan Baik

Agar bisnis tetap eksis, maka kita sendirilah yang mesti menjaga hal-hal penting bagi bisnis ini. Diantaranya mengenai rahasia bumbu dapur dari makanan yang kita jual. Dalam hal ini pemilik bisnis makanan ini wajib memiliki keahlian memasak atau mengolah makanan.
Dengan cara ini kita tidak akan khawatir ditinggal kabur sang koki atau juru masak, yang seringkali terjadi saat bisnis makanan milik kita sedang tumbuh pesat. Karena Anda lah yang memegang kunci citarasa makanan yang lezat, bisnis Anda tetap langgeng meskipun sering gonta-ganti karyawan.

Kiat #4 : Pilih Lokasi Yang Strategis dan Mudah Dijangkau

Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen. Waktu untuk mulai berjualan juga mesti dipertimbangkan. Apabila dagangan kita akan dijual pada siang hari, maka lokasi yang dekat dengan pabrik atau pusat perkantoran adalah lokasi yang paling strategis.

Sebaliknya, apabila dagangan yang akan dijual pada waktu malam hari, maka lokasi yang strategis adalah yang paling dekat dengan perumahan padat penduduk. Ini karena pada waktu malam hari konsumen kita sudah berada di rumah atau sedang dalam perjalanan menuju ke rumah. Istilah yang tepat untuk tips ini adalah menjemput bola dari aspek waktu.

Kiat #5 : Beri Pelayanan Maksimal Kepada Pelanggan

Pelanggan bisnis makanan adalah raja, demikian bunyi salah satu pepatah lama. Berilah pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan atau konsumen bisnis makanan kita. Kalau dalam hati dan pikiran kita menganut prinsip konsumen adalah sesuatu yang sangat penting dan merupakan aset berharga dalam bisnis ini, maka itu akan berakibat baik bagi bisnis ini.

Dan kita pun dapat tersenyum sumringah saat menghitung laba atau keuntungan yang diperoleh. Kita usahakan juga agar bisa melayani konsumen dengan cekatan, ramah, dan sopan. Senyuman manis kita yang tulus merupakan magnet terbesar dalam meraih kesuksesan.

Penutup - Selalu Menyesuaikan Dengan Selera Kekinian

Selain kiat-kiat tersebut, ada satu hal yang juga harus dipikirkan oleh seorang pebisnis makanan kekinian. Yakni selalu peka dan peduli dengan selera konsumen dari waktu ke waktu. Perhatikan hal-hal yang paling disukai konsumen dari produk makanan yang Anda jual.
Lakukanlah beberapa eksperimen terhadap kemasan, bentuk makanan, cara penyajian yang paling banyak diminati konsumen. Jika ada saran yang membangun dari pelanggan setia Anda, jangan abaikan hal penting ini.

Nah, bagi Anda yang ingin menjalankan atau membuka bisnis makanan, mudah-mudahan saran-saran tersebut dapat membantu mendongkrak keberhasilan yang langgeng dan bermanfaat dalam mensejahterakan keluarga.
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. pelanggan nomor satu. kalau tidak mampu kasi pelayanan yang bagus kepada pelanggan, pasti tidak akan bertahan lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup tepat sekali Bang Rafi. Pelayanan terhadap pelanggan harus baik dan ramah.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Komentar Pengunjung Blog