Jarang Update Artikel Bisa Menurunkan Trafik Blog?

08.21

Jarang Update Artikel Bisa Menurunkan Trafik Blog, Benarkah?

Sebagai seorang blogger Sobat tentu pernah mengalami dua hal berikut ini. Pertama, karena semangat lagi sangat menggebu-gebu, sobat bisa rutin menulis 2 sampai 3 artikel per hari. Tapi, saat "mood" lagi nggak konek bisa jadi Sobat hanya mau atau mampu menulis artikel seminggu sekali, sebulan sekali, bahkan ada yang dibiarkan selama berbulan-bulan.

Kalau blog Sobat sudah eksis trafiknya sih tak menjadi masalah. Namun, bagi blog yang trafiknya masih kembang-kempis alias naik-turun, ini tentu akan menjadi masalah besar. Bisa-bisa trafik blog akan menurun tajam, setajam mata memandang kekasih yang dicintainya...hehehe.

Jarang Update Artikel Bisa Menurunkan Trafik Blog
Gambar: www.wartabali.net

Nah, situasi inilah yang ternyata sedang terjadi pada blog kesayangan saya dodypurwanto.com ini. Saya benar-benar merasakan kehilangan semangat untuk menulis artikel. Padahal di bulan-bulan sebelumnya saya pernah bisa menulis 3 artikel per hari. Ini tentu membuat saya mulai merasakan keresahan yang begitu dalam.

Berusaha Untuk Rutin Menulis Artikel Seperti Dulu Lagi

Rasa malas yang berlebihan ini sungguh sangat "menyiksa" dan merugikan diri saya. Saya seperti kehilangan energi yang dulu bisa saya rasakan kedahsyatannya. Sampai tiba-tiba godaan rasa malas telah berhasil membujuk rayu diri ini. Sungguh ini sangat keterlaluan dan tak bisa dibiarkan begitu saja.

Di tengah kegundahan yang saya rasakan, Alhamdulillah saya masih menyempatkan untuk membalas komentar-komentar yang setia menemani blog ini. Terima kasih untuk Sobat sekalian yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel di blog saya. InsyaAllah saya akan segera berkunjung ke blog Sobat sekalian.

Oleh karena itu, pada malam yang mulai terasa dingin karena Jakarta baru saja diguyur hujan ini. Saya memaksakan diri untuk menyalakan laptop dan mulai login ke website Blogger.com untuk kembali merangkai sepatah dua patah kata.

Saya merasakan bahwa malam ini saya begitu menikmati aktifitas ngeblog. Hemm...bisa jadi karena rindu yang sudah tak tertahankan. Rindu yang mudah-mudahan mampu membangkitkan kembali diri saya untuk aktif dan rutin update konten.

Merasa Seperti Bayi Yang Baru Belajar Bicara

Pada awalnya sempat bingung juga mau menulis artikel dengan judul apa. akhirnya saya dapat ide untuk membuat judul Jarang Update Artikel Bisa Menurunkan Trafik Blog?. Yah, judul tersebut saya kira cukup menggambarkan keresahan yang selama ini saya alami.

Ada hal yang cukup menarik yang tengah saya rasakan. Saya merasa seperti seorang bayi yang baru belajar mengucapkan satu dua kata dengan terbata-bata. Meskipun baru bisa mengucapkan huruf A, seorang bayi akan terlihat imut dan lucu. Lha kalau saya? Ampun deh, amit-amit...hahahaha.

Inilah hal unik yang saya rasakan setelah melewati masa kembang-kempis, dimana semangat yang dulu membara bisa tiba-tiba menghilang. Seperti judul lagu Dangdut "Pergi Tanpa Pesan", hal ini membuat saya merasa seperti blogger yang sedang loyo. Seperti tak ada tenaga untuk menulis artikel.

Ya sudahlah. Mudah-mudahan semua yang saya ceritakan tak akan pernah terjadi lagi di kesempatan yang akan datang. Karena blog sudah menjadi bagian dari "keluarga" yang sangat saya sayangi. Disinilah saya pelan namun pasti akan menemukan jati diri dan juga kebaikan lainnya. Salam sukses selalu.
Previous
Next Post »

14 komentar

  1. Setuju bangeet, dulu rajin banget, pas lagi ngga rajin masih bisa di mantain, pas udah bener bener meleng dalam 1 tahun traffic lgsg jatoh banget. Sekarang harus berusaha keras:"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mba Rizki. Nanti juga balik lagi moodnya.

      Hapus
  2. Paling sulit memang menjaga konsistensi, krn sbg manusia kita tak lepas dari kesibukan dan kejenuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah begitulah bang Aris. Saya saya akan ada masa-masa dmn semangat akan pulih kembali.

      Hapus
  3. kirain setajam fileet mz kiki, iya mz akhir-akhir ini susah banget buat nulis 1 aja sehari, padahal dulu 3 sehari udah biasa... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata bukan saya saja. Lagi musim kali ya...ckckck

      Hapus
    2. gitulah mz... gak tau deh kenapa

      Hapus
    3. Dan...sekarang sdh pulih semangatnya. Karena hujan sudah mulai turun dan udara terasa lebih segar untuk suasana ngeblog yang lebih nyaman...hehehe

      Hapus
    4. wew kereeen udah mulai nulis lagi, aku masih kacau mz, kadang nulis kadang enggak, kalaupun update paling asal trus di jadwal

      Hapus
    5. Alhamdulillah Kak Risna. Mood nulisnya sudah mulai pulih kembali. Mudah-mudahan bulan ini bisa mengejar ketertinggalan.

      Hapus
  4. Hehehe yuk rajin update mas Doddy :D

    BalasHapus
  5. Emang sulit sekali membangun rasa rajin bkin tulisan ya kang .. pasti ada aja malesnya entah darimana itu malas.. skg juga sama kang saya jd males apalagi uda ada s kecil sedikit terkuras kang waktu dan tenaganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utamakan dulu si kecil teh Vika. Anak itu anugerah terindah yang harus dirawat. Kalau blog mah bisa kapan ajj, krn ada hal yg lebih penting utk dikerjakan. Smoga si kecil selalu sehat ya teh Vika.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya