Kopi Hitam - Adalah Lagu Wajib Nasional Menyambut Pagi

16.42

Kopi Hitam Adalah "Lagu Wajib Nasional" Menyambut Pagi

Kopi hitam adalah minuman favorit sebagian besar pecinta atau penikmat kopi di seluruh penjuru tanah air. Terutama bagi penduduk desa, kopi hitam akan senantiasa menghiasi acara "medang", baik di pagi hari maupun sore hari.

Ibaratnya, kopi hitam mirip seperti Lagu Wajib yang dinyanyikan setiap kali upacara bendera/pembukaan acara formal dilaksanakan. Sebagai sesuatu yang sifatnya wajib, maka kopi hitam selalu tersedia sebagai minuman hangat menyambut pagi, ataupun sore hari.

Kopi Hitam Lebih Nikmat dan Nendang

Kopi hitam terasa lebih nikmat karena kandungan kafeinnya mampu menghilangkan rasa lelah, atau mencegah masuk angin. Dan kadang dijadikan sebagai terapi bagi menghilangkan sakit kepala (mumet) yang sering dialami oleh sebagian orang Indonesia.

Saya salah satu penikmat kopi hitam. Tapi kadang-kadang saya juga meminum kopi jenis lainnya. Dan kopi hitam tetap menjadi andalan karena rasanya yang sudah akrab di lidah saya sejak lama.

Saya ingat betul. Di zaman ketika Simbah Putri masih hidup, kopi hitam menjadi salah satu minuman yang menghiasi hari-hari kami. Tentu sesekali diselingi dengan secangkir teh tubruk legit yang disajikan dengan gula merah sebagai pemanisnya.

Tips Minum Kopi Bagi Penderita Penyakit Maag

Larangan kopi berlaku keras bagi beberapa penderita penyakit tertentu. Penderita penyakit jantung misalnya, maka Anda jelas tidak disarankan untuk minum kopi, apalagi itu adalah kopi hitam.
Nah, bagi penderita penyakit maag, minum kopi pun sebenarnya tidak dianjurkan oleh dokter.

Namun, jika maag yang diderita masih dalam taraf yang ringan, Anda boleh sesekali minum kopi.
Agar acara minum kopi tidak menimbulkan efek buruk bagi penderita maag ringan, berikut tips yang dapat Anda lakukan:

1. Anda tidak boleh minum kopi langsung dalam keadaan perut kosong

Minumlah terlebih dahulu segelas air putih (bening), setidaknya 15 menit sebelum minum kopi. Tujuannya agar lambung siap untuk menerima asupan minuman kopi.

Air putih sifatnya netral. Selain netral, air putih juga mengandung banyak mineral penting. Yang bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Apalagi dengan diiringi rasa syukur dan membaca doa. Maka air putih akan menghasilkan manfaat luar biasa terhadap kesehatan Anda.

Bersyukurlah karena Yang Maha Pemberi Rezeki telah memberikan nikmat air putih yang luar biasa.
Ada penelitian yang membuktikan bahwa kristal air yang dibacakan doa akan terbentuk sempurna mirip kristal pada air zam-zam di Mekkah.

2. Wajib minum kopi sambil memakan camilan sehat.

Sediakan roti atau pisang rebus (ubi, singkong, dan lain-lain) agar efek sebah bisa dikurangi. Ini terjadi karena kopi bisa memicu produksi asam lambung yang berlebihan.

Dengan memakan camilan, maka asam lambung akan larut dalam proses pencernaan makanan. Ada salah seorang teman yang menderita penyakit maag yang bercerita.

Bahwa salah satu cara ampuh agar penyakit maag tidak bertambah parah, adalah dengan makan sesering mungkin. Tentu makan dalam porsi yang wajar agar Anda tidak terserang penyakit obesitas akut.

3. Cukupi kebutuhan air putih (bening) minimal 8 gelas per hari.

Terutama saat siang hari dimana aktifitas berat sedang dilakukan, ditambah udara panas yang membuat Anda merasa tidak nyaman.

Karena sekitar 70 persen tubuh manusia adalah terdiri dari unsur air. Maka, dengan minum air putih secukupnya akan memberikan kesempatan bagi organ-organ tubuh untuk membersihkan racun dengan lebih baik.

Kopi Hitam - Adalah Lagu Wajib Nasional Menyambut Pagi

Penutup : Kopi Hitam Memberikan Semangat Untuk Menyambut Hari

Kopi hitam adalah salah satu penyemangat saya dalam menyambut hari. Kopi hitam juga menjadi teman setia saat saya mengucapkan Salam Senja kepada seluruh ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Saya bersyukur, bahwa sampai detik ini Yang Maha Pemurah masih mengijinkan saya menghirup "oksigen gratis" yang menyegarkan tubuh. Dan saya juga bersyukur masih bisa menikmati segelas kopi hitam legit.

Selamat ngopi dan jangan lupa berdoa sebelumnya agar rezeki berupa minuman kopi bisa menyehatkan dan membawa keberkahan. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!.

Baca Juga Artikel:

Previous
Next Post »

12 komentar

  1. Ngopi ngapa ngopi... xixixi kalau pagi ngopi biasanya awet kenyang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixi...aja diem-diem bae napa?

      Hapus
  2. Kopi merupakan bahan bakar untuk memulai pagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat bersama secangkir kopi di pagi hari.

      Hapus
  3. Saya ga biasa ngopi, tapi kalau diajakin ngopi ga nolak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...memang enak jika sudah ada yang menyediakan kopi. Apalagi yang mbikinin wanita cantik. Makin sedap dan wangilah itu kopi.

      Hapus
  4. Aku penyuka kopi.
    Meski dokter pernah menasehati agar maagku ngga kambuh, hindari ngopi.. tetep aja aku ngopi.
    Berdasarkan pengalaman, aku ngopi dibarengi ngemil, ngga perut dalam keadaan kosong.
    Seperti yang mas Donda jelaskan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul Bang Himawan. Tujuannya biar organ pencernaan bisa bekerja normal. Kalau hanya kopi nanti akhirnya perut jadi tak nyaman.

      Hapus
  5. Saya sih minum kopi kalau nggak ada pilihan ... atau kalau ditraktir. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hemm...kapan-kapan ngopi yuk? Hehehe...

      Hapus
  6. Jadi ingat waktu pulang kampung lebaran kemarin, sangat sering Ibu menanyakan "dibikinkan kopi" di setiap waktu pagi dan sore dan saya menjawab "Ya" di pagi hari tetapi "Tidak" di sore hari. Di JKT, hampir tidak pernah terlewatkan minum kopi hitam di pagi hari, sesudah sarapan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kopi bikin suasana pagi makin terasa semangatnya. Sepertinya sepi kalau tak ada kopi. Saya kalau di kampung bisa tiga sampai empat kali ngopi....hehehe banyak temennya soalnya yg doyan kopi hitam.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya