Alhamdulillah - Blog Berplatform WordPress Tampil Mengesankan

21.19
Salam sukses dan mulia! Sobat sekalian yang selalu bersyukur dan berbahagia. Ngeblog dengan menggunakan platform Blogger telah cukup lama saya lakukan. Mengapa dulu saya memilih Blogger? Jawabannya adalah karena hostingnya gratis, bisa dipasangi iklan adsense, dan kini bertambah lagi keuntungan menggunakan Blogger dengan tersedianya settingan https untuk blog yang kita kelola. Sehingga saya cukup mengeluarkan uang hanya untuk biaya domain saja.

Kemudian suatu hari saya berdiskusi dengan Sahabat saya dari desa yang merekomendasikan kepada saya untuk menjajal membuat blog dengan platform WordPress Self Hosting. Saya pun sempat berpikir dua kali karena untuk memakai WordPress Self Hosting, maka saya akan mengeluarkan biaya lebih. Namun saya teringat kembali, bahwa banyak blogger yang menyatakan bahwa blog berplatform WordPress sangat handal untuk urusan SEO dan tampilan yang lebih bersih dan loading lebih cepat.

TIBALAH WAKTU UNTUK MENGGUNAKAN WORDPRESS SELF-HOSTING
Alasan kenapa saya ingin menjajal kemampuan WordPress adalah karena akhir-akhir ini ada sebuah blog saya yang sudah berisi 300 artikel, tetapi trafik atau kunjungan pada blog tersebut terus menurun drastis. Padahal blog saya yang lain (maksud saya blog ini) dengan platform sama namun menggunakan domain TLD, trafiknya lebih bagus. Padahal jumlah artikel pada blog ini lebih sedikit. Saya benar-benar merasa "sedikit frustasi", bahwa untuk membuat artikel sebanyak itu tentu membutuhkan waktu, pikiran, dan tenaga.

Demi mempertimbangkan saran Sahabat saya, saya coba mencari informasi tentang web hosting di Google. Kemudian, karena saya kurang memahami tentang setting blog dengan menggunakan WordPress, maka saya coba mencari hosting yang sudah menyertakan pelayanan pengaturan WordPress sekaligus mendapatkan domain. Karena ini pertama kalinya saya akan menggunakan WorPress, maka saya pilih untuk membeli jasa hosting selama satu tahun.

Tanggal 30 Mei 2018, saya langsung transaksi via transfer bank untuk layanan hosting paket WordPress beserta domain selama satu tahun. Selama dua hari saya dibuat bingung, "geramakan", karena pada awalnya saya butuh waktu untuk memahami blog berplatform WordPress Self Hosting. Karena sering mentok saat mengutak-atik di bagian dashboard, maka saya langsung contact Sahabat saya. Alhamdulillah, kini blog berplatform WordPress Self Hosting yang beralamat di masdonda.com sudah dapat tampil mengesankan, meski usianya baru menginjak 6 hari.

SEBUAH CATATAN YANG TERBENGKALAI
Blog masdonda.com mengambil tajuk "Sebuah Catatan Yang Terbengkalai" pada bagian bawah identitas blog. Maksudnya adalah bahwa blog ini merupakan tempat "penampungan" artikel-artikel saya yang sudah pernah saya buat pada sebuah blog yang jarang saya urus. Kemudian saya daur ulang dan ditempatkan pada blog saya yang berplatform WordPress Self Hosting itu.

Alhamdulillah - Blog Berplatform WordPress Tampil Mengesankan
Alhamdulillah - Blog Berplatform WordPress Tampil Mengesankan

Yang saya rasakan saat menggunakan platform WordPress adalah adanya peningkatan kualitas blog, baik dari jumlah halaman yang terindeks, maupun dari segi trafik mulai menunjukkan tanda-tanda peningkatan. Saya juga merasa sangat puas dengan tema atau template blog yang bisa dengan mudah "dikustomasi", baik untuk keperluan tampilan yang menawan atau untuk menyesuaikan posisi iklan Adsense yang saya sematkan juga pada blog tersebut.

Kedepan saya ingin melihat seperti apa "kehebatan" platform WordPress ini dalam meningkatkan penghasilan. Jika hasilnya menggembirakan, maka kemungkinan ini akan menjadi sebuah pilihan kedua dalam mengelola blog kesayangan saya. Namun, saya juga sangat care dengan blog www.dodypurwanto.com, karena blog ini adalah "Branding" diri saya sebagai seorang blogger di jagad maya. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!.
Previous
Next Post »

4 komentar

  1. Wow keren ya wordpress ini, apalah aku yg pakai blogspot. Wkwk
    Apapun deh kang, asal bisa jd tempet curhat yg asyik. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...nyobain mbekayu Ella. Biar ga gaptek. Kalau sdh pernah nyobain dua platform puas rasanya.

      Hapus
  2. ooo..Blog Mas Donda itu milik Mas Toh, kirain punya teman yang dishare2, heheh.... ok saya langsung ke TKP. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...betul Kang Nata, itu percobaan pertama saya menggunakan WordPress.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya