Membangun Keterampilan Menulis Artikel Blog

08.14
Menulis artikel pada blog merupakan aktifitas yang wajib hukumnya bagi seorang blogger. Setelah niat dan tekad kita sudah bulat untuk menjalani hari-hari sebagai seorang blogger, hambatan yang sering dirasakan oleh seorang blogger (terutama yang belum banyak menulis artikel) adalah mandegnya aktifitas menulis dan mengupdate artikel blog.

Blogger sering ragu untuk membuat artikel baru dengan berbagai macam alasan yang sifatnya subyektif. Kadang iapun sering dirundung kebingungan berkaitan dengan judul dan tema artikel yang akan dibuat. Keadaan ini adalah wajar terjadi dan pastinya pernah dialami hampir oleh semua blogger, meskipun ia sudah memiliki ratusan artikel dan blog yang ia kelola sudah mendatangkan trafik yang besar.


Hambatan-hambatan seperti itu tentu tidak boleh dibiarkan berlama-lama menemani hari-hari seorang blogger. Usaha untuk merubah diri dari keraguan menjadi kemantapan, dari ketakutan menjadi keberanian, dari rasa malas menjadi semangat yang membara, sesungguhnya bisa dan pasti bisa dilakukan oleh seorang blogger. Blogger sepatutnya menyadari bahwa sesungguhnya bakat dan potensi yang dimiliki manusia adalah sama. Artinya sama-sama bisa memiliki dan mengembangkan bakat dan melejitkan potensi dirinya.

Ilustrasi: klikmania.net

Jika menulis bukanlah bakat yang dimiliki oleh sebagian besar manusia, bisa dibayangkan berapa juta orang yang tidak bisa lulus Sekolah Dasar? Karena biasanya bakat menulis dikenalkan dan diasah pada tahap awal saat kita duduk di bangku SD. Kecuali untuk rekan-rekan kita yang mengalami keterbatasan fisik yang merupakan "kehendak mutlak" Ilahi, orang-orang seperti ini adalah yang kita kecualikan.


Setelah memahami bahwa setiap orang dibekali kemampuan untuk menulis, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara untuk membangun keterampilan menulis agar suatu saat seorang blogger sudah bisa merasa enjoy, senang, dan ketagihan untuk menulis.

MILIKILAH MOTIVASI YANG KUAT
Hal pertama yang harus ada pada diri seorang blogger adalah MOTIVASI untuk menulis. Motivasi bisa didapatkan dengan cara membaca profil blogger-blogger sukses, belajar dari biografi orang-orang sukses, atau bisa juga kita gali dari dalam diri kita sendiri. Visi dan Impian seorang blogger bisa membangkitkan motivasi yang kuat untuk terus berkarya. Impian bisa menimbulkan gairah yang bertubi-tubi, mental baja, fokus pada cita-cita dan tujuan hidupnya.

AKSI NYATA: MENULIS DAN MENULISLAH
Selanjutnya hal kedua yang harus ada pada diri seorang blogger adalah AKSI nyata tanpa menunda-nunda untuk langsung menulis artikel. Tak masalah jika pada awal-awal menulis artikel Anda hanya mampu menulis satu sampai dua paragraf saja, percayalah bahwa hal ini pernah saya alami beberapa tahun yang lalu. Dan agar tulisan Anda minimal bisa dipahami oleh pembaca blog, lihatlah artikel-artikel pada beberapa blog sebagai bahan perbandingan dan juga berfungsi memperkuat ide tulisan.


Lama kelamaan Anda akan terbiasa menulis artikel. Lakukanlah hal tersebut secara rutin, boleh tiap hari, boleh seminggu sekali, yang penting Anda terus mengupdate artikel blog setiap saat sesuai jadwal yang sreg dengan diri Anda masing-masing. Blog yang rutin diupdate ibarat mobil yang menyalakan lampu sein yang menarik perhatian, dalam hal ini Google dan mesin pencarinya. Google akan "jatuh hati" pada blog yang rutin mengupdate konten.

REVIEW DAN REVISI ARTIKEL BLOG
Dan hal ketiga atau sebagai langkah penutup adalah REVIEW dan REVISI lah artikel-artikel pada blog Anda. Apakah jumlah kata dalam artikel sudah sesuai anjuran para "master blogger" sejumlah total tertentu? Apakah artikel tersebut sesuai dengan logika berfikir manusia? Tak masalah misalnya Anda menulis artikel dengan menggunakan bahasa Indonesia versi anak gaul, yang penting tulisan tersebut bisa dipahami maksudnya oleh banyak orang.


Revisi atau perbaikilah artikel Anda jika Anda rasa komposisi, urutan, dan unsur-unsur lainnya belum sesuai dengan kaidah penulisan dasar ( tak perlu sempurna). Kemudian boleh juga ditambahkan beberapa teknik dan sentuhan SEO agar artikel tersebut bisa terindex dengan baik pada mesin pencari. Cukup teknik SEO sederhana saja sudah bisa dirasakan dampaknya di kemudian hari. Syukur-syukur kalau Anda berminat memperdalam lagi pengetahuan tentang SEO, itu lebih Wow lagi tentunya.

KUNCI KESUKSESAN PENULIS TERKENAL
Kunci kesuksesan dalam membangun keterampilan menulis blog adalah lakukan dan lakukan setiap saat. Tulis dan teruslah menulis, mempublish artikel Anda. Para penulis terkenal pun membeberkan rahasia apa yang membuat mereka memiliki segudang ide tulisan. Mereka sepakat menjawab bahwa rahasianya adalah : justru dari seringnya kita menulis, ide-ide tulisan secara ajaib akan muncul di otak.

Jadi kesimpulannya, keterampilan menulis artikel akan meningkat karena kita rutin menulis. Karena itu bangunlah keterampilan menulis Anda dengan Motivasi yang tinggi, dan jadikan Impian sebagai pembakar semangat dan energi untuk terus menulis. Salam sukses dan mulia!
Previous
Next Post »

18 komentar

  1. Kemampuan menulis wajib dimiliki seorang blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap tekun dan terus belajar. Terima kasih sudah berkunjung Bang Hendi.

      Hapus
    2. Kemapuan saya masih rendah sekali. Tapi entah mengapa artikel sudah mencapai ribuan. Malu jadinya :)

      Hapus
    3. Artikel yang pengunjungnya sedikit di daur ulang saja Bang, siapa tahu bisa menaikkan pengunjung.

      Hapus
  2. Salam sukses dan mulia jg mas. makasih tipsnya... sebagai seorang blogger pemula, saya terus belajar mengasah kemampuan menulis saya agar menjadi lebih baik lagi. Agar dilirik para advertiser. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Bang Adi Pradana, semoga sukses selalu.

      Hapus
  3. betul banget, semakin sering, semakin terbiasa dan menjadi lebih mudah dalam membuat artikel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup Sobat, menjadi terampil karena terbiasa.

      Hapus
  4. Setuju, saya juga masih baru belajar ini . Semoga semakin kedepannya semakin berkembang kemampuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung Sobat, semoga artikel tentang "Membangun Keterampilan Menulis Artikel Blog" tersebut bermanfaat.

      Hapus
  5. Saya tidak mengerti tentang SEO, Mas. Tulisan saya juga masih pendek-pendek. Masih belajar dan terus belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama...saya juga, paling SEO sederhana saja, dan ga mau ambil pusing tentang SEO, nanti juga lama-lama paham sendiri mba Sitti Taslimah. Yang penting nikmati aktifitas ngeblog sepanjang hari.

      Hapus
  6. Kuncinya memang konsistensi dan terus berlatih ya Mas Dody.

    Semangat menulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sukses dan mulia! Terima kasih sudah berkunjung Sobat.

      Hapus
  7. mulai menulis dari perasaan yang dirasakan saat ini.

    Bener ga mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Sobat. Perasaan yang kita alami, perasaan kita tentang sesuatu bisa menjadi tulisan yang unik dan asli "made in" diri kita sendiri. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Salam sukses selalu.

      Hapus
  8. Artikelnya bagus banget dan jadi penyemangat buat kita semua 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat Bang Himawan. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya