Motivasi - Keluarga Adalah Surga Kecil Manusia

01.38
Hidup sukses dan mulia merupakan cita-cita sejati manusia. Kesuksesan berhubungan dengan pencapaian-pencapain tertentu dalam hidup, sedangkan kemuliaan menunjukkan seberapa besar diri kita bermanfaat dan menjadi bagian penting dalam suatu kejayaan peradaban. Kemuliaan juga erat kaitannya dengan kehidupan yang akan dialami ketika jasad sudah berpisah dengan "ruh".

Sukses dan mulia akan menopang kebahagiaan manusia dalam jangka panjang. Ia selalu melakukan dan memberikan hal-hal terbaik agar kehidupan selalu terikat pada prinsip keharmonisan, kedamaian, sinergi, dan selalu mendahulukan kepentingan / kemaslahatan bersama.


Dalam ajaran agama disampaikan bahwa manusia yang beriman dan selalu beramal saleh, kelak di hari kemudian akan mendapatkan tempat yang terindah penuh kenikmatan yang dinamakan dengan istilah surga. Penghuni surga akan hidup sangat bahagia dan merasakan "kenikmatan yang belum pernah ada di dunia" yang tak bisa digambarkan dengan kata, gambar, model atau apapun itu namanya.

Keluarga Adalah "Surga Kecil" Manusia

Menurut para ahli agama, surga sejatinya bisa dirasakan di dunia meski hanya sekecil biji buah. "Secuil Kenikmatan Surga" ini bisa diperoleh melalui sebuah "institusi sosial" bernama keluarga. Yah...banyak orang menggambarkan / mengibaratkan keharmonisan hidup dalam keluarga sebagai surga kecil untuk manusia. Intinya jika di sebuah negeri memiliki angka statistik yang menunjukkan peningkatan kualitas hidup dalam keluarga itu terwujud, maka negeri tersebut akan menjadi negeri yang sakinah, mawaddah, warahmah.


Negara yang ingin meraih kemajuan dalam berbagai bidang wajib membuat program-program strategis sebagai upaya menjaga agar keluarga-keluarga di Indonesia tetap terjalin keharmonisan hidup di dalamnya. Dan jika ini diabaikan akan berpengaruh pada proses pembangunan.

Berpengaruh dalam hal ini karena negara akan memiliki beban berat untuk menyatukan warga negaranya dalam satu visi dan misi yang sama. Perselisihan-perselisihan dalam keluarga, jika diakumulasi akan menjadi sebuah masalah besar nan pelik yang sangat memboroskan energi dan waktu.


Perhatian lebih pada "institusi kecil" bernama keluarga akan memperkecil anggaran yang harus dikeluarkan pemerintah untuk menyelesaikan suatu masalah yang muncul dan bisa berkembang menjadi permasalahan dalam lingkup yang lebih luas lagi. Keluarga-keluarga yang bahagia adalah salah satu indikator kemajuan suatu bangsa.
Previous
Next Post »

4 komentar

  1. besarkan jiwa, maka secara otomatis kesuksesan akan mengikutimu.

    betul sekali bang.. klo negara pengenn cepat berkembang maka negara harus memperhatikan institusi kecil (keluarga).
    jngn yg di atas aja yg jd tolak ukur berkembangya suatu negara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Sobat. Sukses dan semangat terus.

      Hapus
  2. ada kebahagiaan saat bersama keluarga, terasa di surga kecil kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dikatakan keluarga adalah tempat terindah di dunia. Terima kasih Sobat sudah berkunjung ke blog saya. Salam sukses dan mulia!.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya