Tips Berkemah Menyenangkan Bersama Keluarga

20.01
Suasana indah yang tercipta dari keharmonisan ciptaan Tuhan yang ada di alam memberikan sejuta kebahagiaan bagi manusia. Saat pagi hari matahari mulai menyapa penduduk bumi diiringi suara khas dan merdu burung-burung yang merasa girang karena pada pagi hari itu mereka bisa mencari makan dan menjalankan aktivitas seperti biasa. Kemudian pada malam hari, iringan suara jangkrik dan serangga lainnya terdengar seperti alunan musik semesta yang menentramkan jiwa. Malam hari merupakan saat yang paling romantis untuk menikmati dan mensyukuri anugerah Ilahi.

Menikmati keindahan alam bisa menjadi agenda wisata keluarga dengan cara berkemah selama beberapa malam di tempat-tempat wisata yang menyediakan sarana dan prasarana berkemah lengkap. Mengisi liburan dengan berkemah akan memberikan pengalaman yang berkesan bagi semua anggota keluarga yang ikut berkemah. Selain dapat menghirup udara pegunungan yang segar, menikmati alunan musik alam yang disuguhkan oleh serangga-serangga malam, berkemah juga dapat melatih kekompakan anggota keluarga dan dapat memicu adrenalin pada anak-anak.

Sehingga dengan mengisi liburan dan berkemah anak akan terlatih keterampilan dan sikap kemandiriannya. Orang tua dapat mengajarkan anak untuk memasak, membersihkan lingkungan sekitar tempat berkemah, dan memberikan pemahaman kepada si anak bahwa dalam keadaan seperti apapun manusia harus dapat bertahan hidup karena alam menyediakan berbagai hal yang dibutuhkan manusia.

Tips Berkemah Menyenangkan
Berkemah Bersama Keluarga

Agar aktivitas berkemah dapat berjalan lancar dan memberikan pengalaman yang seru kepada anggota keluarga, Anda dapat mengikuti tips berikut ini:

MEMILIH TEMPAT BERKEMAH YANG TEPAT
Indonesia memiliki berbagai macam obyek wisata alam terbuka yang sangat menakjubkan. Anda dapat memilih untuk berkemah di daerah pegunungan, perkebunan, pantai, atau tempat yang memiliki kombinasi wisata pegunungan dan pantai. Sebaiknya memilih tempat berkemah yang tidak terlalu jauh dengan pusat kota, kemudian pilihlah tempat berkemah yang memiliki fasilitas outbond yang lengkap agar anak dapat memperoleh pengalaman yang lebih selama berkemah.

Jarak tempat berkemah dengan tempat keberangkatan (rumah tempat tinggal) adalah hal penting lainnya yang juga harus diperhatikan. Untuk keluarga yang baru pertama kali akan pergi berkemah dan kebetulan anak-anak belum dewasa, pilihlah tempat berkemah yang tidak jauh dari tempat tinggal atau pusat keramaian kota. Sehingga ketika terjadi hal-hal yang sifatnya darurat dapat diatasi secepatnya.

Untuk keluarga yang sudah pernah berkemah dan kebetulan anak-anak juga sudah dewasa, maka boleh memilih tempat berkemah dengan kondisi alam yang lebih akstrim (natural). Dengan harapan anak-anak mereka yang sudah dewasa dapat melatih mental dan kemampuan bertahan hidup di saat-saat yang sulit.

Berkemah di tempat yang cukup ekstrim memberikan pengalaman belajar yang sangat baik terhadap anak, dan juga menambah wawasan hidup anak, bahwa ada banyak hal yang luar biasa dalam kehidupan. Anak akan lebih menghargai dirinya, kehidupannya, dan terlatih menjadi pribadi-pribadi yang tangguh.

HUBUNGI PENYELENGGARA TEMPAT BERKEMAH
Karena merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu obyek wisata, tempat berkemah biasanya dikelola oleh bagian administrasi atau bagian office yang menangani pendaftaran dan pembayaran. Dari bagian pendaftaran inilah Anda dapat menggali dan bertanya sedetil mungkin mengenai paket berkemah yang ditawarkan. Apakah mereka menyediakan fasilitas untuk anak kecil, bolehkah anak-anak berkemah di tempat tersebut.

Sebaiknya ada satu anggota keluarga yang sudah mensurvey lokasi yang akan dijadikan tempat berkemah. Mempercayai informasi hanya berdasar website saja kurang cukup mengingat Anda akan berkemah di tempat yang berbeda suhu, keamanan, dan kenyamanannya dengan rumah. Apabila Anda dan keluarga memutuskan untuk berkemah di luar kota, pastikan bahwa ada sanak saudara yang mengetahui bahwa tempat yang Anda tuju adalah tempat berkemah yang benar-benar berkualitas.

KOMUNIKASIKAN KEPADA SEMUA ANGGOTA KELUARGA
Ibarat rapat di sebuah organisasi, Anda wajib menjelaskan secara detail rencana untuk pergi berkemah dan pastikan semua anggota keluarga memahami agenda berkemah yang akan dilakukan. Dalam briefing secara informal ini, Anda dapat membagikan tugas-tugas atau aktivitas yang harus dilakukan masing-masing personil keluarga, agar acara berkemah dapat berjalan menyenangkan. Anda juga dapat menerima saran dan masukan dari anggota keluarga mengenai kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan saat berkemah. Pastikan semua anggota keluarga yang diajak mufakat dan tidak ada beban pikiran yang mengganjal yang akan mengurangi kebahagiaan saat berkemah.

ANGGARAN YANG TERKALKULASI DENGAN BAIK
Seperti acara liburan pada umumnya, berkemah tentu akan menghabiskan biaya yang tak sedikit. Kalkulasikan dengan baik anggaran untuk berkemah, jangan sampai di tengah jalan Anda kebingungan karena anggaran yang tidak sesuai. Peralatan berkemah dapat Anda beli sendiri, atau jika harganya sangat mahal maka Anda dapat menyewanya di tempat berkemah kepada penyelenggara. Jika ada penyelenggara yang memberikan harga paket untuk beberapa fasilitas, maka pilihlah jenis ini karena akan menghemat anggaran. Termasuk menganggarkan pengeluaran untuk makanan, atau oleh-oleh khas dari daerah setempat.

KEAMANAN DAN KENYAMANAN SAAT BERKEMAH
Salah satu hal penting yang juga wajib diperhatikan adalah keamanan dan kenyamanan anggota keluarga saat berkemah. Anda harus memastikan bahwa tidak akan ada ancaman binatang buas, pencurian, atau penculikan anak yang dapat tejadi di tempat berkemah. Tanyakan kepada penyelenggara mengenai standar pengamanan yang dilakukan di tempat berkemah. Jika Anda ragu mengenai keamanannya, lebih baik Anda cari tempat lain yang sudah terjamin keamanan dan kenyamanannya.

PACKING (Kemas Barang Bawaan Dengan Baik)
Packing merupakan persiapan terakhir yang dilakukan untuk melaksanakan acara berkemah. Keterampilan dalam mengemas barang, peralatan untuk berkemah sangat penting agar tidak mengganggu kenyamanan saat pergi berkemah. Anda dapat menggunakan tas besar seperti pendaki gunung dan dapat dibeli di toko-toko peralatan camping dengan harga yang bervariasi.

Syukur-syukur Anda dapat membawa kendaraan pribadi ke lokasi camping, maka ini akan memudahkan Anda. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan kesehatan berupa P3K, obat-obatan, antinyamuk, dan lain sebagainya. Mudah-mudahan acara berkemah Anda dan keluarga dapat berjalan lancar dan menyenangkan.
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Pingin suatu hari ngajak keluarga dan anak lengkap kemah di luar merasakan alam asli, tapi sayang saya belum berani takut ini itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari tempat berkemah yang dekat dengan rumah atau dekat dengan rumah sanak famili. Biar lebih aman berkemah, kita bisa mengajak beberapa keluarga agar mau ikut berkemah. Asyik lho bangun pagi liat pemandangan alam bebas.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Komentar Pengunjung Blog