Cara Ampuh Meningkatkan Kepercayaan Diri

19.41
Percaya diri adalah suatu sikap yang memungkinkan seseorang mempunyai pandangan yang realistis dan positif tentang diri dan situasi yang melingkupi dirinya. Orang yang memiliki rasa percaya diri maka dia yakin akan kemampuan dirinya, dapat mengendalikan kehidupannya, dan memiliki keyakinan yang kuat bahwa mereka akan mampu mewujudkan apa yang menjadi keinginan / harapan / impian / cita-cita, baik yang melibatkan perencanaan maupun yang berjalan mengalir secara alami. Meskipun di kemudian hari ada beberapa impian yang belum tercapai, mereka tetap bereaksi positif dan menerima keadaan sambil terus berusaha mewujudkan keinginan tersebut.

Cara Ampuh Meningkatkan Kepercayaan Diri
Cara Ampuh Meningkatkan Kepercayaan Diri

Orang yang tidak percaya diri sangat bergantung pada persetujuan orang lain dan mereka cenderung merasa nyaman dengan hal seperti itu. Mereka cenderung untuk menghindari resiko karena ketakutan yang berlebihan, dan merasa bahwa apa yang mereka usahakan pasti akan gagal. Pada umumnya mereka jarang sekali mengharapkan keberhasilan. Mereka seringkali merendahkan dirinya dan cenderung mengurangi atau mengesampingkan penghargaan terhadap dirinya. Sebaliknya orang yang percaya diri lebih memilih mengambil resiko tidak disetujui oleh orang lain karena pada umumnya mereka percaya pada diri mereka. Mereka cenderung menerima dirinya, mereka merasa tidak harus mendapat persetujuan untuk diterima orang lain.

Bagaimana percaya diri dapat terbentuk?
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan rasa percaya diri. Sikap orang tua sangat berpengaruh besar dalam membimbing anak untuk dapat merasakan / menerima hal-hal yang sedang dialami si anak, hal-hal yang sedang dipelajari dan dipahami si anak. Khususnya untuk anak yang usianya dibawah 6 (enam) tahun, memiliki pemikiran bahwa jika orang tua mereka bisa menerima anak tersebut apa adanya, maka anak pun akan menerima dirinya seperti itu.

Dengan sering mengkritik, menuntut, perlakuan terlalu berlebihan dalam melindungi anak, atau larangan-larangan yang disampaikan tanpa memberikan alasan yang bijak, hal ini akan menghambat kemandirian anak untuk melakukan sesuatu dan anak cenderung merasa bahwa dia benar-benar tidak mampu melakukannya. Akibat buruknya adalah anak akan merasa sangat rendah diri. Jika orang tua mau mendorong anak untuk melakukan aktifitas ke arah pembentukan rasa percaya diri dan mau menerima ketika anak melakukan kesalahan, maka anak akan belajar menerima kesalahan itu, kemudian bangkitlah keyakinannya bahwa ia bisa melakukan yang lebih baik lagi di kesempatan yang lain.

Orang yang merasa kurang percaya diri sebenarnya bukanlah orang yang tidak mampu melakukan sesuatu. Sebenarnya ia mampu melakukannya dengan baik, namun karena dia merasa bahwa dirinya tidak mampu, maka kemudian ia menjadi benar-benar takut untuk melakukan sesuatu. Ini bisa disebabkan persepsi yang salah tentang standar yang berlaku pada orang lain, yang dipaksakan standar itu berlaku pula pada dirinya. Padahal setiap orang punya kelebihan dan kekurangan yang tidak dimiliki orang lain. Setiap individu adalah makhluk unik yang mestinya memiliki perasaan positif tentang dirinya.

Kita juga perlu menghargai diri sendiri untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri. Harga diri adalah "yakin terhadap diri sendiri". Harga diri merupakan kombinasi dari rasa percaya diri dan menghargai diri sendiri, merasa mampu untuk mengatasi tantangan kehidupan sehari-hari serta memiliki akses yang kuat untuk menjadi bahagia.

Harga diri yang positif merupakan suatu sistem kekebalan mental, yang akan membantu seseorang untuk menghadapi masalah kehidupan dan mampu memulihkan diri dari kekecewaan. Hal ini merupakan bentuk keberhasilan dari usaha untuk mengatasi berbagai masalah yang pernah dialami seseorang, dengan semangat dan keyakinan untuk terus-menerus memperbaiki diri.

Keberhasilan dalam menghadapi masalah-masalah kecil akan menumbuhkan rasa percaya diri dan kemudian ia akan merasa mampu dan siap untuk menghadapi dan mengatasi masalah kehidupan yang lebih besar atau lebih rumit dari sebelumnya. Dengan demikian individu tersebut telah menjadi pribadi yang menyukai tantangan dan tidak mengganggap bahwa masalah adalah hal negatif, tetapi memiliki pemikiran bahwa masalah merupakan suatu langkah sementara yang harus dijalani dan tak perlu terbebani secara berlebihan.

Membangun Rasa Percaya Diri
Membangun Rasa Percaya Diri

Cara Membangun Kepercayaan Diri:
KENALI DIRI
  • Mimpi.
  • Kekuatan, kelemahan, kebutuhan dan kecenderungan.
  • Pilihan.
  • Putuskan apa yang terpenting untuk diri sendiri.
HARGAI DIRI
  • Terima dan hargai diri.
  • Kagumi kekuatan yang datang dari diri sendiri.
  • Kenali dan hargai hak dan kewajiban.
  • Rawat diri dengan baik, mental, fisik, maupun spiritual.
RENCANAKAN
  • Tetapkan tujuan.
  • Rencanakan tindakan untuk mencapai tujuan.
  • Antisipasi hasil.
  • Kreatif.
  • Bayangkan dengan latihan.
BELAJAR DARI PENGALAMAN
  • Bandingkan hasil dengan harapan.
  • Bandingkan prestasi dengan harapan.
  • Usaha untuk mencapai hasil yang maksimal.
  • Membuat penyesuaian jika ada langkah atau strategi yang kurang tepat sasaran.
TINDAKAN
  • Berani mengambil resiko.
  • Komunikasi yang efektif dan penuh kepedulian.
  • Nilai sumber daya yang dimiliki dan dukungan yang datang dari teman atau keluarga.
  • Negoisasi.
  • Atasi konflik.
  • Persisten (lakukan secara terus-menerus dengan tekad yang kuat).
Agar kepercayaan diri dapat berkembang maksimal dan memberikan energi positif bagi seseorang, maka hal-hal yang semestinya dilakukan adalah:
TEKANKAN PADA KEKUATAN
Berilah diri Anda hadiah / penghargaan untuk setiap usaha yang sudah dilakukan. Dengan memusatkan pikiran dan perasaan pada hal-hal atau usaha yang sukses dilakukan, itu artinya Anda telah menghargai hasil kerja keras Anda dan tidak memperdulikan hasil akhir. Tetapi Anda lebih menghargai proses atau usaha yang telah dilakukan. Sehingga kekurangan atau keterbatasan pada diri sendiri tidak menjadi persoalan yang mengganggu pikiran Anda. Fokus pada kekuatan yang kita miliki akan menumbuh-kembangkan bibit-bibit kepercayaaan diri.

AMBIL RESIKO
Mencoba pengalaman baru merupakan suatu cara untuk belajar memahami makna kalah atau menang. Dengan begitu akan memberikan dampak pada diri untuk semakin ikhlas dan menerima bahwa segala sesuatu hal yang dilakukan akan berujung pada keberhasilan atau keberhasilan yang tertunda (sebagai pengganti dari kata kegagalan). Takut mencoba berarti tidak menggunakan kesempatan untuk mengembangkan diri.

BICARA PADA DIRI SENDIRI
Ini adalah suatu bentuk komunikasi batin antara Anda dan diri Anda sendiri. Sampaikan pesan positif pada diri bahwa kegagalan itu bukan sesuatu hal yang mesti ditakutkan, gagal bukan berarti hancur, artinya masih bisa untuk diperbaiki dan ditingkatkan.
EVALUASI DIRI
Dengan mempercayakan kepada diri sendiri untuk mengevaluasi sejauh mana ia telah melakukan usaha konstruktif, maka dapat terhindar dari gejolak yang berkepanjangan akibat ketergantungan penuh terhadap penilaian orang lain. Anda berhak dan harus untuk melakukan penilaian pada diri sendiri. Ini artinya Anda telah berusaha untuk menepis stigma negatif yang sewaktu-waktu akan kita dengar dari orang lain.

Mudah-mudahan dengan membaca artikel Cara Ampuh Meningkatkan Kepercayaan Diri ini, akan memudahkan langkah kita semua untuk terus yakin dan percaya bahwa setiap manusia punya keunikan dan potensi yang luar biasa untuk sukses dan tentu saja untuk mensukseskan orang lain. Mari kita bersama-sama untuk yakin pada kekuatan dan kemampuan diri sendiri. Niscaya bangsa ini akan memiliki generasi yang hebat seperti yang diamanatkan para pejuang dan pendiri negara.

[Sumber: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia]
Previous
Next Post »

4 komentar

  1. Menerima kekurangan dan kelebihan diri seadanya sangat penting dalam meningkatkan kepercayaan diri sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semakin percaya diri dan semangat menjalani hidup. Terima kasih Red Heart Lady sudah singgah di blog ini.

      Hapus
  2. Maaf Kawan saking sibuknya baru mampir..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sukses selalu Bang Thobing Sunarya, terima kasih sudah mampir di gubug artikel saya.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya