Presiden Jokowi Mantu - Promosi Budaya

01.32
Presiden Jokowi Mantu - Promosi Budaya
Pernikahan Putri Presiden Jokowi di Kota Solo, Jawa Tengah

Acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution, di Graha Saba Buana Kota Solo, Jawa Tengah, yang telah dilaksanakan pada hari Rabu, 08 November 2017 memberikan hikmah yang luar biasa bagi masyarakat kota Solo. Sebagaimana dilansir dari www.liputan6.com, sebagian besar pedagang makanan di sekitar Graha Saba Buana mengalami kenaikan omzet penjualan rata-rata sebanyak 100-200 persen.

Seperti yang diutarakan oleh Sulistiyani (34), salah satu pedagang makanan khas tahu kupat yang mangkal tidak jauh dari Graha Saba Buana, pernikahan Kahiyang-Bobby membuat omzet dari usahanya meningkat hingga sekitar 100 persen. Harga menu tahu kupat buatannya Rp 10 ribu per porsi, sedangkan omzet setiap hari selama Jokowi mantu rata-rata Rp 4 juta. Ia membuka usahanya itu dengan nama warung makan tahu kupat "Sido Mampir" di Jalan Letjen Suprapto Nomor 49 Solo. Sungguh suatu berkah tersendiri bagi pengusaha kuliner seperti Sulistiyani ini.

Para pedagang cinderamata atau oleh-oleh khas kota Solo juga mendapatkan berkah dari acara mantu Presiden Jokowi. Beberapa warga mengakui bahwa pernikahan putri Jokowi berdampak positif bagi pengusaha makanan dan kerajinan, terutama usaha mikro kecil menengah karena Solo dipadati tamu dari berbagai daerah di Indonesia.

Tentu saja meskipun undangan pernikahan adalah sebanyak 8000 buah, namun setiap orang yang datang ke kota Solo tentu tak sedikit yang membawa rombongan keluarganya sebagai rencana tindak lanjut yang akan dilakukan di kota Solo setelah kondangan. Nah, keadaan inilah yang membuat kota Solo semakin ramai dan para pedagang pun kebanjiran omzet.

Menu makanan tradisional Jawa yang menjadi menu andalan acara pernikahan Kahiyang-Bobby pun menjadi dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Menu-menu tersebut adalah Satai Kere dari PKL Tugiyem di Jalan Arifin, Kelurahan Kepatihan Wetan, Jebres, Solo. Kemudian, ada Markobar menyediakan 1.100 loyang terdiri atas 600 loyang martabak manis delapan rasa antara lain cokelat, selai, green tea, dan parutan cokelat dan 500 loyang martabak telur krispi. Martabak dimasak di lokasi. Berbagai makanan lainnya seperti gudeg, setup makaroni, daging kambing, dan sebagainya. Makanan bernama "Satai Kere" pun menjadi hits di berbagai media sosial dan membuat penasaran bagi orang yang mengetahui kabar berita ini.

Selain bisa menyaksikan secara langsung pasangan pengantin yang diarak menggunakan "Kereta Kencana", tamu undangan juga dapat menikmati alunan musik gamelan yang ditampilkan dalam pernikahan Kahiyang-Bobby, dan ini merupakan salah satu bentuk promosi budaya Nusantara yang mesti dijaga kelestariannya. Acara pernikahan putri Presiden yang bertemakan adat Jawa ini telah menjadi bagian yang strategis dalam memperkenalkan kebudayaan yang ada di Indonesia kepada masyarakat dunia. Para tamu undangan yang sebagian adalah perwakilan dari negara sahabat tentu merasa takjub dan sangat menikmati suara Gending Jawa yang dimainkan untuk menghibur para tamu undangan.

Musik gamelan pada acara mantu Presiden Jokowi, dimainkan 50 seniman dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Ada dua gamelan: Gamelan Agung untuk di dalam ruangan serta Gamelan Carabalen untuk bagian luar gedung. Sedikitnya 40 gending Jawa telah dimainkan antara lain Bondhet, Kaduk Rena, Menthok-Menthok, Cublak-Cublak Suweng, Lir-ilir, beberapa gubahan Ki Narta Sabda, dan garapan ISI Solo. Pertunjukan tari oleh 13 seniman dari ISI Solo meliputi tari Triasmoro, Gondokusumo, Serimpi, serta Langen Asmoro. Pada acara Midodareni, hiburan musik Keroncong.

Selain itu tamu yang datang ke Solo bisa menikmati paket wisata bertemakan "Nostalgia Jokowi" yang disiapkan Solo Raya Consortium 2017. Tamu akan diajak untuk berkeliling ke tempat-tempat bersejarah sewaktu Joko Widodo menjabat sebagai Wali Kota Solo, seperti Loji Gandrung, Taman Banjarsari, Pasar Klithikan Semanggi, Pasar Gede, dan lain-lain. Kegiatan seperti ini patut diacungi jempol karena telah berguna sebagai stimulus bangkitnya kemajuan Indonesia di bidang pariwisata. Mudah-mudahan acara mantu Presiden Jokowi bisa menginspirasi para pejabat negara lainnya untuk mengemas acara serupa yang bertemakan adat dan budaya Nusantara yang unik dan tiada duanya. Sehingga anggaran biaya yang dikeluarkan akan bermanfaat secara tidak langsung serta berfungsi juga sebagai ajang promosi budaya.

Sumber artikel:
  • http://regional.liputan6.com/read/3155180/23-fakta-seputar-pernikahan-kahiyang-bobby.
  • http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/17/11/08/oz39w4-presiden-jokowi-mantu-wanita-ini-raup-omzet-100-persen.
Previous
Next Post »

1 komentar

  1. saya heran
    kenapa ya ngunduh mantu saja harus disiarkan live se Indonesia

    BalasHapus

Artikel Populer Lainnya

Komentar Pengunjung Blog