Cara Menjadi Youtuber Sukses - Pemula Wajib Tahu

09.41

Cara Menjadi Youtuber Sukses Untuk Pemula

Youtube menjadi website penyedia konten video yang sangat populer akhir-akhir ini. Keberadaan Youtube menjadi angin segar bagi pengguna internet di Indonesia dan dunia. Yakni, untuk mendapatkan penghasilan, ataupun menjadi terkenal di seluruh penjuru dunia.

Kita semua menyaksikan melalui tayangan dari Youtube itu sendiri. Banyak sekali artis-artis di Indonesia yang menjadikan youtube sebagai sumber penghasilan. Sekaligus menjadi media yang semakin mempopulerkan ketenaran mereka.

Namun, tak sedikit pula orang-orang dari kalangan umum (orang biasa maksud saya), yang menjadi tenar dan kaya dengan memanfaatkan Youtube. Ada yang sukses, tapi banyak juga yang gagal. Tentu disebabkan oleh berbagai faktor.

Cerita Pengalaman Saya Menjadi Youtuber Pemula

Bagi seorang artis maupun publik figur, bukan hal yang sulit untuk bisa sukses menjadi youtuber. Kita tak perlu berdiskusi perihal tersebut. Namun, lain ceritanya apabila kita mendengar orang biasa bisa sukses dan tenar sebagai seorang Youtuber.

Nah, tips yang saya berikan ini bukanlah cerita tentang diri saya sebagai seorang youtuber pemula. Yang dalam bahasa medisnya gagal menyehatkan channel youtube saya. Tetapi lebih kepada berbagi tips atau trik yang mudah-mudahan dapat membantu Anda, terutama youtuber pemula yang ingin sukses.

5 Cara Menjadi Youtuber Sukses

Ada perkembangan menarik yang sedang saya analisis secara mendalam. Meskipun jumlah subscriber di channel saya masih berada di angka 600 (semoga saat Anda membaca artikel ini sudah 1000 lebih), namun ada hal-hal kecil yang saya anggap sebagai celah untuk bisa sukses.

Fakta menarik lainnya adalah bahwa di channel youtube Mas Donda yang saya kelola, ada beberapa video yang jumlah tayangnya mencapai angka puluhan ribu. Dimana saat mengupload video tersebut saya tidak pernah membayangkan bahwa jumlahnya akan sebanyak itu. Banyak menurut saya lho...hehehehe.

5 Cara Agar Anda Menjadi Youtuber Sukses

Berikut ini setetes ilmu yang ingin saya bagikan kepada teman-teman semua. Agar tidak bingung lagi bagaimana menjadi sukses dan menikmati aktivitas posting video di Youtube. 5 cara menjadi youtuber sukses tersebut adalah:

1. Luruskan Niat Anda, Jangan Berpikir Dulu Tentang Uang

Jika Anda berpikir bahwa dengan memposting video bisa langsung sukses. Bisa langsung mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam waktu yang singkat. Apalagi membayangkan segepok uang jutaan dari Youtube. Saya yakin Anda akan menjadi frustasi dan sangat tidak semangat lagi nantinya.

Singkirkan pemikiran tentang uang. Ini akan membuat Anda semakin enjoy dalam membuat konten video. Niatkan saja untuk bersenang-senang. Dapet duit ya syukur, enggak ya nikmain saja dulu prosesnya. Nanti seiring berjalan waktu Anda akan banyak belajar dan terus mengembangkan channel video Anda agar semakin bagus.

2. Upload Saja Video Yang Menurut Anda Layak

Kebanyakan youtuber pemula terlalu memikirkan kira-kira video apa yang harus diupload. Sebaiknya Anda fokus membuat video sebanyak mungkin. Toh pada akhirnya nanti Anda dapat melihat video mana saja yang banyak dilihat dan disukai pengunjung.

Sepanjang video tesebut adalah hasil kreasi Anda sendiri, upload saja dengan memperhatikan aturan penanyangan video yang disyaratkan Youtube. Jika Anda belum bisa menambahkan efek canggih pada video Anda, itu tak masalah. Beberapa video saya dibuat polos apa adanya, tapi nyatanya banyak pengunjung yang melihatnya (menurut saya lho...hikhik).

3. Berikan Deskripsi Beserta Tagar

Selain judul yang menarik, deskripsi dan tagar sangat membantu video Anda untuk muncul di hasil pencarian. Deskripsi yang tersemat dibawah video akan berguna membantu pencarian di kotak pencarian Youtube.

Jangan biarkan kolom ini hanya terisi sedikit kata. Lengkapi dengan tagar yang kalau dalam bahasa blog dikenal dengan label atau kata kunci. Mesin pencari akan menelusuri deskripsi yang Anda tulis sehingga ada kemungkinan besar video Anda akan tampil di hasil pencarian.

4. Jika Memakai Background Sound, Taati Aturan Tentang Hak Cipta

Musik yang disematkan dalam video bisa menjadi masalah besar. Biasanya Youtube akan memberikan peringatan jika Anda memasukkan musik yang memiliki hak cipta. Tanpa musik memang terdengar kurang menarik. Carilah background musik yang berlabel bebas hak cipta. Artinya Anda boleh menggunakan musik tersebut dan tidak melanggar hak cipta.

5. Komentar Dengan Cara Yang Baik Untuk Menghindari Spam

Dengan berkunjung ke channel orang lain, menyaksikan video dalam waktu yang cukup. Maka hal itu menjadi sarana promosi yang baik. Anda bisa mensubscribe channel tesebut. Semoga cara tersebut bisa menambah jumlah subscriber di channel Youtube Anda.

Berikan komentar yang sesuai tema video. Agar aktivitas Anda tidak dikategorikan sebagai spam. Karena percuma saja jika Anda melanggar hal ini, pekerjaan Anda akan sia-sia. Bagi seorang blogger cara ini dikenal dengan istilah blogwalking.

Semoga tips yang saya berikan bisa membantu Anda. Terutama bagi Anda Youtuber pemula seperti saya, yang baru belajar bagaimana cara yang tepat memonetasi video. Jangan menyerah dan terus berkreasi. Salam sukses selalu.

Previous
Next Post »
0 Komentar

Pengikut Blog Ini