Kraca - Sajian Khas Ramadhan Di Purwokerto

05.24
Salam sukses dan mulia! Sobat sekalian yang selalu bersyukur dan berbahagia. Kebutuhan masyarakat akan makanan yang unik dan lezat di bulan Ramadhan sangatlah tinggi. Tak jarang, berbagai macam jenis makanan memang hanya dapat dijumpai dan ramai diperjualbelikan saat Ramadhan. Sehingga kita akan kesulitan mencari dan membeli jenis kuliner tersebut diluar bulan puasa.

Salah satu kajian khas puasa yang saat ini mulai banyak tersedia di beberapa sudut Kota Purwokerto adalah KRACA. Jenis makanan berprotein tinggi yang disukai warga Purwokerto dan sekitarnya. Kraca merupakan jenis keong kecil yang hidup di area persawahan. Keong jenis ini berbeda dengan keong yang hidup di kolam atau sungai.

Sekitar 7 tahun yang lalu, hanya segelintir pedagang yang menjual Kraca. Namun, saat ini Kraca sudah mulai dijajakan di beberapa sudut Kota Purwokerto. Sobat dapat membeli makanan ini antara lain di daerah Kauman, Bobosan, Cikebrok, dan sudut lainnya di Kota Purwokerto.

Karena bumbu Kraca ini tergolong sangat pedas, maka disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan ini dalam keadaan perut kosong. Sebagai pelengkap kita dapat menikmati makanan lezat ini bersama segelas teh manis hangat atau secangkir teh tubruk yang pahit dan legit. Maka rasa gurih, asin, manis, pedas, dan rempah lainnya akan sangat memanjakan hari-hari Sobat sekalian. Salam sukses dan mulia!

Kraca, Gambar: Instagram @infopurwokerto.
Previous
Next Post »

6 komentar

  1. Tadinya aku baca judulnya rada bingung apa itu Kraca ..
    Waah ternyata keong atau tutut yaaa 😁

    Itu juga kesukaanku,mas.
    Diseruput dari cangkangnya ... salah satu cara makan asik tutut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...lain daerah lain nama. Yang penting maknyuss.

      Hapus
  2. Bro, diantara orang masih ada kontroversi makanan siput, kalau aku sih suka gonggong, mana gonggong??? mana? he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang benar ada siput/keong yang tidak dianjurkan utk dimakan, terutama yg berasal dari kolam. Kalau Kraca ini berasal dari sawah dan harus dimasak dengan suhu yang cukup dan persiapan lainnya sebelum dimasak.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Komentar Pengunjung Blog